Manfaat Membagikan Al-Quran: Membangun Masyarakat yang Beriman dan Mandiri
Ilustrasi Al Quran (Unsplash)
14:14
10 Oktober 2024

Manfaat Membagikan Al-Quran: Membangun Masyarakat yang Beriman dan Mandiri

Memiliki pemahaman dasar agama yang baik bisa dilakukan dengan mulai rajin membaca kitab suci. Bagi umat Islam, membaca kitab suci Al Quran memiliki manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang di sekitar.

Bagi yang sering membaca Al Quran, Rasullah melalui hadits menyebut keutamannya bisa mendatangkan pahala hingga mendapat syafaat di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)  

Sementara itu bagi yang mendengarkan, Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, “Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204).

Agar lebih banyak warga yang membac Al Quran, kegiatan pembagian Al Quran gratis pun perlu diperbanyak, seperti yang dilakukan oleh Badan Wakaf Alquran (BWA) lewat program WAP Bengkulu. Distribusi Al-Quran memiliki dampak signifikan bagi masyarakat. Berikut beberapa manfaat utama dari program ini:

Baca Juga: Apa Agama Ivar Jenner? Pemain Keturunan Kota Santri Mendadak Senang Pakai Gamis

Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Membagikan Al-Quran membantu masyarakat lebih memahami ajaran Islam. Akses terhadap Al-Quran memungkinkan mereka untuk membaca dan mempelajari nilai-nilai Islam secara langsung, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Pengetahuan tentang agama yang kuat juga membantu masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh makna.

Mempererat Ukhuwah Islamiyah

Program ini tak hanya menyebarkan Al-Quran, tapi juga memperkuat tali silaturahmi antar sesama umat Muslim. Semakin banyak orang yang terlibat dalam pembelajaran dan pengamalan Al-Quran, semakin kuat pula hubungan persaudaraan mereka dalam satu iman.

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Baca Juga: Fenomena Gunung Es Pelecehan Seksual Anak, MUI Desak Penguatan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Dengan Al-Quran, generasi muda memiliki kesempatan untuk belajar nilai-nilai luhur yang akan membentuk karakter mereka. Pengetahuan agama yang kuat tidak hanya membekali mereka secara spiritual, tapi juga mendorong terbentuknya generasi yang cerdas, berintegritas, dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat.

Mendorong Kemandirian Desa

Pelatihan pembuatan pupuk organik cair yang diselenggarakan BWA bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat desa. Program ini menunjukkan bahwa distribusi Al-Quran juga dapat diiringi dengan pemberdayaan ekonomi, membantu masyarakat untuk mandiri dan meningkatkan kesejahteraan.

Menjadi Amal Jariyah

Membagikan Al-Quran adalah salah satu bentuk sedekah jariyah. Selama Al-Quran itu dibaca dan dipelajari, para pewakaf akan terus mendapatkan pahala. Ini adalah kesempatan untuk berinvestasi di akhirat dengan cara yang sangat bermanfaat bagi orang lain.

Agar kegiatan membaca Al Quran lebih mudah dilakukan di masyarakat, Badan Wakaf Al-Quran (BWA) berhasil mendistribusikan 20.000 Al-Quran wakaf dalam proyek WAP Bengkulu tahap kedua. Penyaluran ini mencakup empat kabupaten di Provinsi Bengkulu, yaitu Seluma, Bengkulu Tengah, Kaur, dan Mukomuko. Tidak hanya Al-Quran, BWA juga menyalurkan 800 eksemplar Iqro dan 55 kain sarung kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah terpencil.

Sekda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, mengapresiasi program ini dan berharap agar distribusi Al-Quran dapat membantu membangun mental spiritual masyarakat Bengkulu. Hazairin Hasan, CNO BWA, juga berharap program ini menjadi amal jariyah yang bermanfaat bagi para pewakaf dan masyarakat.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #manfaat #membagikan #quran #membangun #masyarakat #yang #beriman #mandiri

KOMENTAR