Hempas Jerawat Dengan Lidah Buaya, Ketahui Ragam Cara Penggunaan Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat
ilustrasi gel lidah buaya./(Freepik)
16:10
8 Oktober 2024

Hempas Jerawat Dengan Lidah Buaya, Ketahui Ragam Cara Penggunaan Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

Lidah buaya adalah tumbuhan yang termasuk dalam keluarga sukulen. Tumbuhan ini tumbuh liar dan memiliki daun tebal dengan tepi bergerigi.

Gel bening yang terdapat di dalam daun lidah buaya sering digunakan secara topikal untuk meredakan kulit yang terbakar atau iritasi, dan beberapa orang menggunakan gel ini untuk mengobati jerawat.

Sifat antibakteri yang dimiliki lidah buaya kemungkinan yang membuatnya efektif digunakan secara topikal untuk meredakan jerawat.

Dilansir dari laman healthline.com, Selasa (8/10), berikut adalah beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat.

1. Menggunakan Lidah Buaya Murni secara Topikal

Anda mungkin mendapatkan hasil yang diinginkan hanya dengan menggunakan lidah buaya secara langsung. Lidah buaya diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan.

Gel ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membersihkan luka, meredakan rasa sakit, dan menyembuhkan luka bakar.

Sangat sedikit orang yang alergi terhadap lidah buaya, dan mengaplikasikannya secara topikal memiliki risiko yang sangat rendah selama Anda tidak alergi terhadapnya.

Cara menggunakannya ialah gunakan lidah buaya murni dan oleskan secara melimpah pada wajah Anda sebagai pengganti pembersih wajah.

Ini akan meningkatkan aliran darah di kulit Anda dan membunuh bakteri berbahaya. Anda juga bisa mengoleskannya langsung pada area jerawat, biarkan semalaman, dan bilas keesokan paginya untuk mengurangi kemerahan dan iritasi.

2. Masker Lidah Buaya, Madu, dan Kayu Manis

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengontrol dan mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Dua bahan lain yang juga memiliki sifat antibakteri adalah madu dan kayu manis. Dengan menggabungkan ketiganya, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan kulit yang halus bebas jerawat.

Cara menggunaknnya ialah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan lidah buaya murni.

Tambahkan 1/4 sendok makan kayu manis bubuk, lalu aplikasikan masker ini ke wajah Anda. Biarkan masker selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

3. Masker Lidah Buaya dan Jus Lemon

Masker wajah yang terbuat dari lidah buaya dan jus lemon dapat memberikan efek menyegarkan pada wajah sambil membersihkan pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa asam buah seperti yang terdapat dalam jus lemon efektif sebagai pembersih untuk mengatasi jerawat.

Gunakan lidah buaya murni sebagai bahan dasar, tambahkan sekitar 1/4 sendok teh jus lemon ke 2 sendok makan lidah buaya.

Jika Anda perlu lebih banyak untuk diaplikasikan secara merata, pastikan rasio jus lemon dan lidah buaya sekitar 8:1 agar kulit tidak teriritasi. Biarkan campuran ini di kulit selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas bersih.

4. Semprotan Antibakteri Lidah Buaya

Karena lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit yang sehat, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli atau membuat semprotan pembersih lidah buaya sendiri.

Semprotan ini akan melembapkan wajah tanpa menyebabkan kilap berlebihan atau produksi minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Gunakan botol semprot berukuran 2 ons, campurkan 1 1/4 ons air murni, 1/2 ons lidah buaya, dan satu atau dua tetes minyak esensial yang tidak beracun. Hindari area mata saat menyemprotkan cairan ini ke wajah, dan kocok botol sebelum digunakan.

5. Scrub Lidah Buaya, Gula, dan Minyak Kelapa

Jika Anda menyukai perawatan alami untuk jerawat, Anda dapat menggabungkan lidah buaya dengan minyak kelapa dan gula untuk membuat scrub eksfoliasi sendiri.

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Gula mentah atau putih dapat dengan lembut mengangkat sel kulit mati ini, sehingga lidah buaya dapat lebih mudah meresap dan merangsang pertumbuhan kulit yang sehat.

Gunakan minyak kelapa sebagai bahan dasar, campurkan sekitar 1/2 cangkir minyak kelapa dengan 1/2 cangkir gula putih atau mentah.

Tambahkan 1/4 cangkir gel lidah buaya murni untuk membuat scrub eksfoliasi yang bisa disimpan di kulkas.

Gosokkan campuran ini dengan lembut di wajah dan hindari area mata. Bilas hingga bersih setelah digunakan.

6. Pembersih Lidah Buaya dan Minyak Tea Tree

Karena minyak tea tree merupakan bahan antibakteri dan penghilang jerawat yang terbukti efektif, mencampurkannya dengan lidah buaya memiliki potensi memberikan manfaat yang nyata.

Namun, campuran ini sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama di wajah karena minyak tea tree sangat kuat dan bersifat asam.

Gunakan lidah buaya sebagai bahan dasar, tambahkan air murni dan 2 hingga 3 tetes minyak tea tree sebelum diaplikasikan dengan hati-hati ke wajah. Bilas setelah sekitar satu menit dan keringkan wajah dengan lembut.

7. Krim Lidah Buaya

Banyak krim anti jerawat dan produk perawatan jerawat yang dijual bebas mengandung lidah buaya.

Jika Anda belum menggunakan produk yang mengandung lidah buaya, pertimbangkan untuk mencarinya dan menambahkannya ke rutinitas perawatan kulit Anda.

Lidah buaya memiliki kemampuan anti-inflamasi yang menjadikannya bahan yang populer dalam pengobatan jerawat komersial.

Periksalah daftar bahan pada produk perawatan jerawat di apotek untuk melihat apakah Anda dapat menambahkan lebih banyak lidah buaya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #hempas #jerawat #dengan #lidah #buaya #ketahui #ragam #cara #penggunaan #lidah #buaya #untuk #mengobati #jerawat

KOMENTAR