Perawatan Wajah Alami di Rumah: Tomat Bantu Hilangkan Jerawat dan Buat Kulit Cerah Berseri
Ilustrasi, seseorang yang menggunakan tomat sebagai perawatan wajah alami, salah satunya menghilangkan jerawat. Freepik/ freepik.
14:22
8 Oktober 2024

Perawatan Wajah Alami di Rumah: Tomat Bantu Hilangkan Jerawat dan Buat Kulit Cerah Berseri

- Selain mudah dijumpai, buah satu ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda. Tidak hanya membantu menghilangkan jerawat saja, namun membuat kulit wajah Anda cerah berseri.

Buah yang dimaksud ialah tomat. Dilansir JawaPos.com dari St Botanica pada Selasa (8/10), berbagai manfaat tersebut dimiliki tomat karena kandungannya berupa antioksidan, vitamin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Secara lengkap, berikut cara menggunakan tomat sebagai perawatan wajah alami di rumah untuk mendapatkan masing-masing manfaatnya, seperti mengecilkan pori-pori, menghilangkan jerawat, hingga membuat kulit wajah cerah berseri.

1. Anti Aging

Tanpa Anda sadari, polusi membuat kulit wajah kusam dan tampak lebih tua. Tetapi, jangan khawatir, Vitamin B kompleks yang terkandung dalam tomat dapat mengatasi semua itu.

Dilansir dari Clinikally, antioksidan yang kuat seperti Vitamin C dan Likopen pada tomat mampu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

Likopen telah terbukti berkhasiat sebagai anti-aging bagi kulit, melindungi kulit dari sinar UV, mengurangi kerutan dan garis-garis halus, serta merangsang produksi kolagen sehingga kulit tampak awet muda dan sehat.

Cara Menggunakan: Potong-potong tomat, lalu gosokkan pada wajah Anda yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan sekitar 15 - 20 menit. Setelah itu, bilaslah sampai bersih.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang besar membuat kulit wajah Anda tampak tidak rata dan menyebabkan penumpukan kotoran serta debu. Tidak heran bila nantinya wajah Anda cepat berjerawat dan tumbuh komedo.

Memilih tomat sebagai perawatan wajah alami di rumah adalah pilihan yang tepat untuk kondisi ini, karena kandungan astringent alami pada tomat membantu mengecilkan pori-pori, sehingga kulit lebih halus dan bebas jerawat.

Cara Menggunakan: Buatlah jus atau bubur tomat yang dicampur dengan air lemon. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah Anda secara merata dan diamkan sekitar 5 - 10 menit. Kemudian bilaslah wajah Anda hingga bersih.

3. Menenangkan Kulit

Seringkali ketika Anda menggunakan skincare atau produk tertentu, kulit wajah menjadi iritasi, kemerahan, hingga meradang. Tomat memiliki kemampuan mengatasi hal tersebut karena kandungan anti-inflamasi yang dimilikinya, sehingga kulit wajah kembali tenang.

Cara Menggunakan: Buatlah bubur tomat yang ditambahkan sedikit jus mentimun. Campurkan hingga merata, lalu oleskan pada wajah dan pijat dengan lembut pada area yang meradang. Kemudian diamkan sekitar 10 - 15 menit dan bilas wajah Anda sampai bersih setelahnya.

Campuran antara tomat dan mentimun pun bermanfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata atau dikenal sebagai 'mata panda'.

4. Membuat Kulit Cerah Berseri

Kandungan Vitamin C, E, serta beta karoten pada tomat adalah jawaban untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah berseri. Vitamin C mampu menghambat produksi melanin, sehingga keluhan akan bintik hitam dan hiperpigmentasi dapat tertangani dengan sempurna.

Kemudian kandungan air yang tinggi pada tomat membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik, membuat kulit menjadi kencang, garis-garis halus dan kerutan tidak lagi tampak.

Cara Menggunakan: Campurkan bubuk cendana atau kunyit pada bubur tomat hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata, lalu diamkan hingga kering. Setelah kering, bilaslah wajah Anda menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Eksfoliator Alami

Akibat penumpukan debu, kotoran, dan sel-sel kulit mati membuat wajah tampak kusam dan warna tidak merata. Oleh karena itu eksfoliasi secara teratur menjadi penting dilakukan guna mendapatkan kulit wajah yang bersih, halus, dan sehat.

Tomat salah satu eksfoliator alami karena kandungan enzim dan asamnya yang mampu mengelupaskan kulit secara lembut dan membuka pori-pori, sehingga kotoran dan sel-sel kulit mati terangkat dengan sempurna.

Cara Menggunakan: Campurkanlah gula dengan bubur tomat. Oleskan pada wajah dan pijat secara lembut. Diamkan kurang lebih 5 - 10 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dari campuran gula dan bubur tomat sampai bersih.

6. Mencegah Jerawat

Selain membersihkan pori-pori wajah secara mendalam, tomat juga berkhasiat menjaga keseimbangan pH kulit yang mencegah timbulnya jerawat hingga bintik hitam pada wajah.

Kemudian kandungan antibakteri serta astringent dikenal ampuh mengendalikan dan menghentikan timbulnya jerawat dengan mengatur produksi sebum dan mengurangi peradangan sehingga kulit wajah tetap bersih dan halus.

Cara Menggunakan:

- Campurkan beberapa tetes minyak essential tea tree oil pada bubur atau jus tomat. Oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

- Campurkan bubur atau jus pepaya dan tomat dengan perbandingan yang sama. Aduk secara merata hingga terbentuk pasta kental. Oleskan pada kulit dan biarkan mengering sekitar 15 menit, lalu bilas.

7. Mengurangi Minyak Berlebih

Minyak atau sebum yang berlebih pada wajah akan membuat kulit wajah tampak kusam dan mudah berjerawat. Tomat dikenal memiliki kemampuan yang baik untuk menurunkan produksi minyak pada kulit Anda.

Cara Menggunakan: Campurkan air mawar ke dalam bubur tomat dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada wajah secara merata sekitar 20 - 25 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tidak hanya digunakan sebagai perawatan dari luar, tomat pun sangat baik bila dikonsumsi secara utuh atau dalam bentuk jus sebagai perawatan kulit dari dalam sehingga kulit cerah berseri dan bebas jerawat Anda dapatkan secara optimal.

Jangan khawatir, perawatan wajah alami di rumah dengan menggunakan tomat ini aman digunakan untuk semua jenis kulit.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perawatan #wajah #alami #rumah #tomat #bantu #hilangkan #jerawat #buat #kulit #cerah #berseri

KOMENTAR