Kangen Suasana Rumah Saat di Perantauan? Kenali 7 Cara Mengatasinya bagi Kamu yang Sedang Homesick
Ilustrasi orang yang homesick. (Foto : Pixabay.com/PublicDomainPictures)
12:10
8 Oktober 2024

Kangen Suasana Rumah Saat di Perantauan? Kenali 7 Cara Mengatasinya bagi Kamu yang Sedang Homesick

- Homesick merupakan suatu istilah bagi orang yang sedang kangen suasana rumah saat ia berada di perantauan entah karena urusan pendidikan atau karier.

Mengutip dari laman Multimedia Nusantara Polytechnic pada (08/10) homesick biasanya dialami oleh para perantau yang harus keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan kehidupan lebih baik.

Tanda seseorang yang mengalami homesick biasanya diiringi dengan rasa cemas dan kesepian, bahkan lebih buruknya lagi bisa mengganggu aktivitas mereka.

Melansir dari laman Sun Education Group, kenali 7 cara mengatasinya bagi kamu yang sedang homesick :

1. Lebih Sering Komunikasi dengan Keluarga

Salah satu cara paling sederhana untuk meredakan homesick adalah dengan tetap terhubung dengan orang-orang tercinta melalui teknologi. Seperti bertukar pesan singkat, panggilan telepon, atau bahkan video call untuk membuatmu merasa dekat meski terhalang jarak.

Ketika merasa homesick, maka komunikasilah dengan orang-orang di rumah, serta jangan ragu untuk berbagi pengalamanmu sehari-hari di lingkungan baru.

2. Terima Perasaan Homesick

Mengakui bahwa kamu sedang mengalami perasaan homesick memiliki makna penting dalam mengatasinya. Jika kamu berusaha menolak perasaan tersebut, maka akan rumit dalam melepaskannya.

Karena pada dasarnya kondisi homesick lumrah dialami oleh para perantau, apalagi ketika mereka masih beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Curhat kepada Sesama Perantau

Jika perasaan homesick terasa berat, maka jangan ragu untuk berbicara dengan rekan perantau yang bisa dipercaya. Orang-orang dengan posisi dan keadaan yang sama pastinya akan bisa saling mengerti.

Saat kamu curhat, kemungkinan besar teman-temanmu akan memberikan pandangan dan dukungan yang bisa membantumu mengatasi perasaan tersebut. Pasalnya kamu tidak akan bisa sendirian dalam menghadapi homesick.

4. Cari Kegiatan Baru

Mencari kegiatan baru adalah salah satu langkah tepat dalam mengatasi homesick. Caranya yaitu dengan mengambil bagian dalam kegiatan organisasi di kampus atau menjelajahi tempat-tempat yang belum sempat dikunjungi di perantauan.

Kalau kamu rasa hal tersebut tidak cocok, coba untuk berolahraga demi merubah suasana hati. Kamu juga bisa ajak teman-temanmu untuk menjalani hobi ataupun aktivitas menarik lainnya saat ada waktu luang.

5. Mulai Kebiasaan Baru

Cara mengatasi homesick selanjutnya ialah dengan melakukan kebiasaan baru, yakni kamu akan melupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan saat di rumah. Misalnya, kalau dulu baru bangun kamu cenderung mengecek ponsel, maka ubah dengan lakukan hal lain seperti menghirup udara pagi sambil meregangkan tubuh.

Dengan mulai merubah dari tindakan-tindakan kecil, kamu akan membuat kebiasaan baru yang lebih positif. Hal ini lambat laun akan membuatmu lupa dengan perasaan homesick yang dialami.

6. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Menyehatkan

Kebanyakan orang yang sedang mengalami perasaan homesick akan cenderung berkurang nafsu makannya. Jangan biarkan perasaan rindumu terhadap rumah mempengaruhi kondisi tubuh saat kuliah atau bekerja.

Dengan memakan makanan yang sehat akan membantu pikiran lebih jernih. Selain itu, makan dan minuman bergizi akan membantumu dalam melakukan aktivitas baru yang akan dilakukan dalam rangka mengatasi perasaan homesick.

7. Pulang ke Rumah

Poin terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi homesick yaitu pulang ke rumah, bertemu dengan keluarga secara langsung akan memberikan energi positif dan ketenangan dan menyembuhkan homesick.

Namun, perlu kamu ingat bahwa terlalu sering pulang juga dapat menghambat proses adaptasi di lingkungan baru. Bahkan bisa mengkambuhkan penyakit homesick yang dimiliki, terlebih soal biaya yang harus dikeluarkan untuk akomodasi pulang pergi.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kangen #suasana #rumah #saat #perantauan #kenali #cara #mengatasinya #bagi #kamu #yang #sedang #homesick

KOMENTAR