Fakta Kostum Nasional Rumah Makan Payakumbuah, Akan Dipakai Miss Grand Indonesia 2024 di Ajang Internasional
Kostum Nasional Indonesia untuk Miss Grand International 2024. (Instagram/@valdeznova)
11:33
7 Oktober 2024

Fakta Kostum Nasional Rumah Makan Payakumbuah, Akan Dipakai Miss Grand Indonesia 2024 di Ajang Internasional

Nova Liana telah berhasil terpilih sebagai Miss Grand Indonesia tahun ini, dan akan mewakili Indonesia untuk Miss Grand International 2024 yang berlangsung di Kamboja dan Thailand pada 3-25 Oktober 2024. Di ajang Miss Grand International 2024 itu, Nova Liana akan mengenakan national costume (kostum nasional) yang terinspirasi dari ciri khas rumah makan Payakumbuah yang menyajikan masakan Sumatera Barat. Berikut fakta menarik seputar kostum nasional Rumah Makan Payakumbuah.

Fakta Kostum Nasional Rumah Makan Payakumbuah

Nova Liana berhasil meraih gelar juara pada ajang Grand Final Miss Mega Bintang 2024 yang digelar Yayasan Dunia Mega Bintang milik desainer Ivan Gunawan. Kemenangan ini otomatis menjadikan Nova Liana sebagai Miss Grand Indonesia 2024. Dalam ajang internasional tersebut, Nova Liana akan memakai kostum nasional yang terinspirasi dari ciri khas rumah makan Payakumbuah yang menyajikan masakan Sumatera Barat.

Kostum nasional bertajuk "The Royal Flavors of Payakumbuah" itu dirancang oleh Annisa Banyuwangi. Dalam deretan foto yang diunggah oleh akun Instagram Yayasan Dunia Mega Bintang, Nova Liana tampak sangat memukau dengan desain kostum yang begitu unik. Kostum bernuansa merah itu memadukan busana tradisional Minangkabau, restoran Padang, dan desain khas Rumah Gadang di Sumatera Barat. Sementara itu di bagian lengan dan punggungnya dilengkapi aksen atap Rumah Gadang yang melengkung seperti tanduk.

Baca Juga: Potret Margenie MG Dalam Balutan Gaun Hijau Emerald, Ternyata Ini Makna Di Baliknya

Berbentuk gaun beludru panjang berwarna merah, kostum tersebut juga dihiasi dengan motif tradisional khas Minangkabau yang berwarna emas. Salah satu elemen yang sangat menonjol dari kostum itu adalah hiasan berbentuk rumah adat Minangkabau, yaitu Rumah Gadang. Hiasan itu diletakkan tepat di bagian belakang dan tengah. Kemudian, elemen berbentuk gonjong itu menjulang seolah melambangkan makna hierarki dalam pengambilan keputusan.

Tak kalah unik, pada saat Nova Liana merentangkan tangannya, terlihat sederet makanan khas Padang yang ditata rapi di atas piring bertumpuk. Mulai dari rendang, telur barendo, dendeng, gulai babat, hingga daun singkong kukus yang jadi pelengkapnya. Kostum ini memang terinspirasi oleh tradisi masakan di rumah makan Padang,  kemudian dilambangkan oleh tampilan rumit masakan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar.

Yayasan Dunia Mega Bintang mengatakan bahwa kostum yang dikenakan oleh Nova Liana adalah sekaligus sebagai penghormatan kepada kekayaan budaya dan warisan kuliner daerah Payakumbuah.  

"Mahakarya yang menakjubkan ini merupakan penghargaan atas kekayaan budaya dan warisan kuliner wilayah Payakumbuah yang dirancang oleh Annisa Banyuwangi. Terinspirasi oleh tradisi Masakan Padang dan beragam hidangan lezatnya, dilambangkan dengan tampilan rumit masakan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar Desainnya dengan sempurna merangkum kebanggaan budaya Indonesia dan kecintaannya yang mengakar pada makanan", demikian tulis Yayasan Dunia Mega Bintang melalui akun Instagram resminya.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga: Memiliki 3 Anak, Ini Rahasia Miss Grand Indonesia 2014 Margenie MG Punya Tubuh Ideal Bak Jam Pasir

Editor: Vania Rossa

Tag:  #fakta #kostum #nasional #rumah #makan #payakumbuah #akan #dipakai #miss #grand #indonesia #2024 #ajang #internasional

KOMENTAR