Cara Membuat Nasi Goreng, Nasi Uduk, dan Nasi Hainan Ala Restoran di Rumah, Praktis!
Resep berbagai olahan nasi sebagai menu andalannya, mulai dari nasi uduk, nasi goreng hingga nasi hainan. (Shutterstock) 
19:05
26 Januari 2024

Cara Membuat Nasi Goreng, Nasi Uduk, dan Nasi Hainan Ala Restoran di Rumah, Praktis!

- Nasi menjadi salah satu jenis makanan pokok favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain dipadukan dengan lauk pauk, nasi juga bisa kamu kreasikan dengan berbagai resep ala restoran yang bisa dicoba sendiri di rumah, lho!

Kita tahu banyak restoran di Indonesia yang juga menyajikan olahan nasi sebagai menu andalannya, mulai dari nasi uduk, nasi goreng hingga nasi hainan. 

Nah, sekarang kamu tidak perlu repot pergi ke restoran untuk mencicipinya, karena kamu bisa langsung mencoba resep nasi uduk, nasi goreng dan nasi hainan ala restoran berikut ini!

1. Resep nasi uduk

Bahan nasi uduk:

Bahan ayam suwir dan topping pelengkap: 

Cara Membuat:

Pertama, masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam rice cooker, kemudian tambahkan sereh, daun salam dan lengkuas. 

Tambahkan air, lalu masukkan Sasa Santan Bubuk, aduk hingga rata dan masak nasi hingga tanak. 

Siapkan wadah yang dimasukkan air dan tambahkan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam yang juga diaduk hingga larut. Setelah larut, masukkan potongan ayam yang sudah dicuci bersih dan aduk kembali hingga bumbu merata ke seluruh permukaan daging ayam.

Usai bumbu dirasa merata ke seluruh permukaan ayam, diamkan selama 1 jam dan kemudian daging ayam siap digoreng. Nasi uduk bersama ayam goreng yang sudah disuwir sudah siap disajikan, ditambah topping lainnya sesuai selera. 

Resep nasi uduk ala restoran ini cukup mudah untuk dicoba sendiri di rumah kan? Kreasi masakan ini tentunya makin mudah dan nikmat dengan menggunakan Sasa Santan bubuk. 

Sasa Santan Bubuk terbuat dari kelapa pilihan murni dengan rasa dan aroma otentik serta kekentalan yang pas. Produk santan ini juga memiliki kandungan fiber yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menghasilkan aroma serta rasa khas dari santan asli yang tahan suhu tinggi.

2. Resep nasi goreng

Selain nasi uduk, kamu juga bisa mencoba resep nasi goreng ala restoran di rumah. Berikut cara membuat nasi goreng dengan produk Bumbu Nasi Goreng Ayam Spesial Sasa. 

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus Bumbu Nasi Goreng Ayam Spesial Sasa.
  • 4 sdm minyak goreng.
  • 300 gr nasi.
  • 200 gr ayam suwir.
  • 6 butir bakso.
  • 3 buah sosis.
  • 1 buah telur.

Cara membuat:

Pertama-tama, panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan ayam suwir, potongan bakso dan sosis, kemudian dimasak sebentar. 

Masukkan nasi ke dalam wajan serta satu bungkus Bumbu Nasi Goreng Ayam Spesial Sasa, aduk hingga merata. Setelah itu, pindahkan nasi goreng ke atas piring. 

Selanjutnya, ceplok telur dan tempatkan di atas nasi goreng yang sudah matang. Nasi goreng spesial siap disantap bersama keluarga!

Resep nasi goreng dengan Bumbu Nasi Goreng Ayam Spesial Sasa yang lengkap dengan daun bawang dan ekstrak ayam akan membuat nasi goreng buatanmu terasa makin lezat!

Apalagi, Bumbu Nasi Goreng Ayam Spesial Sasa juga mengandung kalsium dan Omega 6 yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

3. Resep nasi hainan

Sudah coba buat nasi uduk dan nasi goreng? Yuk cobain juga resep nasi hainan yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan produk Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam 

Bahan-bahan:

  • 1 kg beras
  • 500 g daging ayam, potong menjadi bagian kecil
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 ruas jahe, cincang halus
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt  Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam
  • 5 gelas air

Cara membuat:

Cuci beras dengan air hingga bersih, tiriskan dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, taruh beras ke dalam rice cooker dan tambahkan air untuk dimasak dengan mode cook. 

Kedua, panaskan minyak wijen dalam wajan dan tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Kamu bisa tambahkan daging ayam sesuai selera dan aduk hingga berubah warna. 

Yang tidak kalah penting, tambahkan kecap asin dan  Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam, sambil diaduk hingga rata. Lalu diamkan 5 menit.

Setelah itu, kamu bisa tambahkan campuran ayam ke dalam rice cooker ketika beras hampir matang. Aduk kembali hingga merata dan masak hingga matang. Nasi hainan nikmat ala restoran siap disajikan untuk keluarga.

Resep nasi hainan ini sangat nikmat karena menggunakan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam, yang dapat memberikan cita rasa terbaik di setiap makanan dengan kombinasi bumbu serta rasa kaldu yang kuat terbuat dari ayam pilihan. 

Mudah banget kan membuat berbagai resep olahan nasi di rumah bersama produk-produk dari Sasa? Tidak perlu repot pergi ke luar, kamu sekarang bisa menyajikan nasi uduk, nasi goreng hingga nasi hainan dan menyantapnya bersama keluarga di rumah. 

Yuk, kreasikan resep masakan sendiri di rumah menggunakan produk-produk dari Sasa, yang bikin kamu semua bisa masak enak!

Editor: Anniza Kemala

Tag:  #cara #membuat #nasi #goreng #nasi #uduk #nasi #hainan #restoran #rumah #praktis

KOMENTAR