Sosok Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB yang Jadi Sorotan karena Buka Pembayaran UKT Dengan Pinjaman Online
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah. (Dok. ITB.ac.id)
16:51
26 Januari 2024

Sosok Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB yang Jadi Sorotan karena Buka Pembayaran UKT Dengan Pinjaman Online

Kampus Institut Teknologi Bandung alias ITB tengah menjadi sorotan usai munculnya isu pembayaran UKT melalui pinjaman online alias pinjol. Nama Rektor ITB rektor yakni Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D langsung menjadi trending usai akun X @itbfess membagikan foto poster pembayaran UKT dengan sistem pinjaman online.

Dalam poster yang terpampang, terlihat perusahaan pinjaman online Danacita merupakan mitra dari ITB. Berdasarkan tangkapan layar, nantinya perusahaan tersebut memberikan pinjaman online untuk para peminjam. Sementara, mahasiswa yang meminjam harus membayar cicilan per bulannya.

"Anjaaay, disuruh pinjol sama ITB! Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan ‘Selemat Membayar Cicilan Beserta Bunganya’,” tulis akun @itbfess, Kamis (25/1/2024).

Sebab isu ini membuat nama ITB langsung dipertanyakan. Pasalnya, isu ini dinilai mengajarkan mahasiswa untuk mengutang. Ramainya perbincangan ini juga membuat masyarakat bertanya mengenai rektor kampus ternama di Bandung itu. Lantas siapa sosok rektor ITB saat ini?

Berdasarkan situs resmi ITB, sosok yang tengah menjabat sebagai rektor yakni Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.. Diketahui, Reini Wirahadikusumah merupakan rektor yang menjabat di ITB untuk periode 2020-2025 mendatang. Reini Wirahadikusumah menjadi rektot menggantikan menggantikan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA yang sebelumnya menjabatmenjabat pada periode 2015-2020.

Profil Reini Wirahadikusumah

Memiliki nama lengkap Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, ia lahir 25 Oktober 1968. Ia merupakan rektor wanita pertama yang menjabat di ITB sejak kampus ini dibuka tahun 1920.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah. (Dok. ITB.ac.id)Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah. (Dok. ITB.ac.id)

Reuni Wirahadikusumah sendiri juga merupakan alumni dari kampus ITB. Ia meraih gelar sarjana dari Teknik Sipil ITB pada tahun 1991. Setelah lulus, Reini Wirahadikusumah kembali melanjutkan pendidikan S2 dengan mengambil gelar magister Teknik Sipil dari Universitas Purdue, Amerika Serikat pada tahun 1996.

Tak puas di S1, pada 1999, Reini Wirahadikusumah mendapatkan gelar Ph.D. in Civil Engineering (Doktor - S3) dari universitas yang sama. Setelah memiliki berbagai ilmu tersebut, Reini Wirahadikusumah berkarier sebagai dosen di ITB. Ia menjadi Dosen dan Guru Besar Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.

Selama kariernya di ITB, Reini Wirahadikusumah mendapat berbagai penghargaan seperti predikat cumlaude ; Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Pemerintah RI pada 2016; penghargaan Endeavour Awards; Australia Awards Indonesia; Visiting Research at Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia pada 2011; serta Satyalancana Karya Satya X dari Pemerintah RI pada 2008.

Tidak hanya itu, Reini Wirahadikusumah juga cukup aktif mengikuti berbagai proyek dan organisasi di antaranya:

  1. Anggota Komite Litbang Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN); Sekretaris Bidang Konstruksi dan Perekayasaan pada Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII);
  2. Tim penilai International Federation of Asian and Western Pacific Contractors Association (IFAWPC), Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI);
  3. Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN);
  4. Asisten Permanent Delegation Office of the Republic of lndonesia to UNESCO.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sosok #reini #wirahadikusumah #rektor #yang #jadi #sorotan #karena #buka #pembayaran #dengan #pinjaman #online

KOMENTAR