Jika Kamu Merasa 'Stuck' dan Tidak Bertumbuh dengan Baik, Kemungkinan 9 Kebiasaan Ini yang Jadi Penghambatnya
Ilustrasi orang yang merasa stuck dan tidak bisa bertumbuh dengan baik. (Freepik)
14:26
3 Oktober 2024

Jika Kamu Merasa 'Stuck' dan Tidak Bertumbuh dengan Baik, Kemungkinan 9 Kebiasaan Ini yang Jadi Penghambatnya

 

 

 - Manusia pada umumnya mampu bertumbuh dari waktu ke waktu untuk mencapai satu tujuan ke tujuan lainnya, tapi tak jarang juga mereka mengalami posisi yang 'stuck' dan tidak bertumbuh dengan baik.

Mengutip dari laman Kejar Mimpi, saat seseorang merasa stuck dan tidak bertumbuh menjadi pribadi yang baik akan dihadapkan pada kebingungan dan cukup terpuruk akan keadaan.

Tapi perlu diketahui bahwa jika kamu sedang ada di fase itu jangan ditambahkan dengan self-talk negatif yang membuat keadaanmu semakin buruk. Alih-alih seperti itu, lebih baik untuk mengetahui penyebabnya.

Melansir dari laman Expert Editor, jika kamu merasa 'stuck' dan tidak bertumbuh dengan baik, kemungkinan 9 kebiasaan ini yang jadi penghambatnya:

1. Menghindari Tantangan

Seperti kita ketahui bahwa hidup selalu dipenuhi tantangan dan untuk menjadi pribadi yang bertumbuh dengan baik adalah mampu melewati itu semua. Jangan sampai kamu terlena dalam zona nyaman.

Contohnya ketika kamu merasa bahwa orang tuamu kaya, sementara dirimu sangat merasa nyaman dan tidak ingin bekerja menikmati uang hasil jerih payah sendiri karena berbagai alasan.

Mulailah semuanya dengan langkah kecil menuju sesuatu yang baru dan dapat menghasilkan pertumbuhan besar seiring berjalannya waktu, serta kamu harus berpikir bahwa tak selamanya bisa menggantungkan hidup pada kekayaan orang tua.

2. Menunda-nunda

Selalu ada alasan bagi kita untuk mengerjakan sesuatu di menit-menit terakhir, padahal ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang menghambat pertumbuhan seseorang.

3. Tidak Menetapkan Tujuan dengan Jelas

Ketika kamu tidak benar-benar tahu hal yang harus diusahakan. Layaknya sedang ada dalam sebuah perjalanan, kamu memerlukan peta jalan untuk sampai tujuan. Tanpa peta atau arah jalan, kamu akan mudah terhanyut tanpa tujuan.

4. Terlalu Sering Mengatakan "Tidak"

Jika nanti ada kesempatan datang kepadamu, cobalah untuk katakan "ya" dan lihat potensi kedepannya. Bisa jadi ini awal dari sesuatu yang hebat dan akan menaikkan level kehidupanmu. Tempatkan jawaban "tidak" dan "ya" dalam sesuatu yang tepat.

5. Terlalu Sering Mengatakan "Ya"

Menemukan keseimbangan yang tepat adalah kuncinya. Ini tentang mengatakan "ya" pada hal-hal yang benar-benar penting bagimu dan "tidak" ketika kamu perlu melindungi waktu dan energimu.

Ingat, terkadang tidak apa-apa untuk mengutamakan diri sendiri. Dengan memilih jawaban "ya" secara hati-hati, memberikanmu ruang untuk hal-hal yang benar-benar membantu untuk berkembang.

6. Terjebak dalam Rutinitas

Jika kamu terjebak dalam rutinitas yang membosankan, cobalah untuk mengulik hobi dan keahlianmu. Menghentikan rutinitas tidak harus berlebihan, yakni bisa dimulai dengan sesederhana mungkin seperti kedai kopi baru dalam perjalanan ke tempat kerja, membaca buku terbaru, dan sebagainya.

Tujuannya di sini bukanlah untuk merombak hidupmu sepenuhnya, tapi tentang menambahkan sedikit bumbu dan beberapa variasi yang membuat kehidupan sehari-hari lebih menarik.

7. Terlalu Kaku dalam Berpendapat

Kebiasaan lain yang mungkin menghalangi pertumbuhanmu adalah kekakuan pikiran. Sederhananya, ketika kamu memiliki pendapat, tapi tetap berpegang teguh pada pendapatmu dan menolak untuk mempertimbangkan perspektif lain.

Kebiasaan itulah yang membuat dirimu berpikir pendek dan tidak memberi ruang untuk memahami sudut pandang orang lain, orang seperti inilah yang tidak bisa bertumbuh dengan baik.

8. Tidak Pernah Meminta Bantuan

Sama seperti tidak ingin menerima perspektif lain yang merupakan musuh pertumbuhan, demikian pula tidak ingin meminta bantuan. Padahal kita adalah manusia yang tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain.

Jika nanti kamu mengalami kebuntuan, jangan takut untuk menghubungi teman, rekan kerja, atau anggota keluarga. Kamu tidak harus melakukan semuanya sendiri yang pada akhirnya kewalahan.

9. Tidak Menjaga Diri Sendiri

Kita semua tahu bahwa hidup ini penuh kesibukan dan banyak yang harus diurus, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan perawatan diri sendiri.

Ketika kamu mengabaikan diri sendiri, artinya gagal memberikan perawatan pada tubuh dan pikiran sehingga akan mengganggu pertumbuhanmu. Kita butuh istirahat, makanan, sinar matahari, udara yang segar, interaksi sosial, dan tujuan hidup. Tanpa hal-hal penting ini, kamu akan menjadi stagnan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jika #kamu #merasa #stuck #tidak #bertumbuh #dengan #baik #kemungkinan #kebiasaan #yang #jadi #penghambatnya

KOMENTAR