Pinka Haprani Kerja Apa sebelum Jadi DPR? Anak Puan Punya Harta Rp38 M di Usia 25 Tahun
Pinka Haprani, anak Puan Maharani yang dilantik jadi DPR RI (instagram.com/dhaprani)
13:51
3 Oktober 2024

Pinka Haprani Kerja Apa sebelum Jadi DPR? Anak Puan Punya Harta Rp38 M di Usia 25 Tahun

Sosok cucu dari Megawati Soekarnoputri, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani atau akrab dikenal dengan nama Pinka Haprani mencuri perhatian publik saat dirinya ikut dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024 - 2029.

Pinka Haprani menjadi salah satu dari 110 orang anggota DPR RI yang resmi menduduki kursi Senayan sejak Selasa (01/10/2024) lalu.

Sebelumnya, Pinka diketahui mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah IV meliputi Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen pada Pemilu 2024 lalu. Putri dari Puan Maharani ini pun berhasil meraup suara hingga 101 ribu dan membuatnya otomatis lolos sebagai anggota DPR RI.

Wanita kelahiran 1998 itu juga diketahui memiliki harta yang cukup fantastis. Dalam LHKPN yang dilaporkannya pada September 2024 lalu, Pinka tercatat memiliki harta senilai Rp38,07 miliar.

Baca Juga: Janji Manis Verrell Bramasta sebagai Anggota DPR: Gaji Setahun untuk Rakyat hingga Ogah Bolos Rapat

Harta ini meliputi tanah dan bangunan yang tersebar di daerah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, serta Gianyar Bali senilai Rp35,02 miliar.

Pinka juga tercatat memiliki harta kas dan setara kas senilai Rp3,05 miliar. Jika ditotal, maka Pinka memiliki harta senilai Rp38,07 miliar bahkan sebelum dirinya menjabat sebagai anggota DPR RI.

Lalu, apa sebenarnya pekerjaan seorang Pinka Haprani sebelum menjadi anggota DPR RI? Simak inilah selengkapnya.

Riwayat Pekerjaan Pinka Haprani

Pinka Haprani, anak Puan Maharani yang dilantik jadi anggota DPR RI 2024-2029 [Instagram/@aaliyah.massaid]Pinka Haprani, anak Puan Maharani yang dilantik jadi anggota DPR RI 2024-2029 [Instagram/@aaliyah.massaid]

Pinka Haprani merupakan putri sulung dari pasangan Puan Maharani dan Hapsoro Sukmonohadi. Ia diketahui memiliki pendidikan yang mentereng.

Baca Juga: Verrell Bramasta Janji Gak Bakal Bolos, Ternyata Anggota DPR Dapat Bayaran Sebesar Ini setiap Rapat

Pasca lulus dari Binus International School di Simprug, Pinka diketahui melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Komunikasi.

Namun di tahun kedua perkuliahannya di UI, Pinka mengundurkan diri lantaran memilih untuk melanjutkan pendidikan di SOAS University of London jurusan Hubungan Internasional angkatan 2018. Ia juga sempat mengambil sekolah masak di Le Cordon Bleu Tokyo pada tahun 2019.

Pasca lulus kuliah di tahun 2022, Pinka menunjukkan kemampuan dan ketertarikannya di bidang fashion. Ia dikabarkan sempat bekerja sebagai Fashion and Beauty Editor di Harper's Bazaar, salah satu majalah fesyen terkenal di Amerika.

Dalam situs resmi yang mengungkap gaji di Harper's Bazaar, posisi seorang Fashion and Beauty Editor bisa mencapai Rp928 juta pertahun atau setara dengan Rp77 juta per bulan. 

Namun, karirnya di bidang fashion tersebut tak bertahan lama. Di tahun 2023, Pinka memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan terjun ke dunia politik untuk mengikuti jejak sang ibu dan sang nenek. Kini, Pinka pun resmi menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2024 - 2029.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #pinka #haprani #kerja #sebelum #jadi #anak #puan #punya #harta #rp38 #usia #tahun

KOMENTAR