Bisa Dijadikan Contoh, 10 Hal Ini Tak Pernah Dilakukan Orang yang Berprestasi Tinggi Saat Pagi Hari, Apa Saja?
Ilustrasi kegiatan orang yang berprestasi tinggi di pagi hari./EmmaSimpson./Unsplash.com
11:24
3 Oktober 2024

Bisa Dijadikan Contoh, 10 Hal Ini Tak Pernah Dilakukan Orang yang Berprestasi Tinggi Saat Pagi Hari, Apa Saja?

Selain memiliki tanda kecerdasan dalam berpikir, orang yang berprestasi tinggi juga biasanya mempunyai perilaku dari perilaku atau kebiasaan sehari-hari sehingga ia mampu mempertahankan prestasinya.

Mengutip dari laman Institut Teknologi Indonesia, untuk menjadi orang yang berprestasi tinggi bisa dimulai dengan membuat jadwal teratur, tentukan prioritas belajar, buat catatan efektif, dan sebagainya.

Selain mengetahui cara untuk mendapatkan prestasi tinggi, kita juga harus mengambil suatu hal yang bisa dijadikan contoh yakni dari kebiasaan orang-orang berprestasi tinggi.

Melansir dari laman Expert Editor, ada 10 hal yang tak pernah dilakukan orang yang berprestasi tinggi saat pagi hari, diantaranya :

1. Tak Pernah Melewatkan Rutinitas Pagi Hari

Dengan menyusun pagi hari dengan cermat, orang yang berprestasi tinggi memiliki landasan kokoh untuk sukses. Mereka terlibat dalam aktivitas seperti meditasi, membuat jurnal, membaca, atau berolahraga, karena mengetahui bahwa tindakan ini memberikan dorongan bagi kesehatan mental dan fisik.

Kebiasaan yang menjadi rutinitas pagi hari ini bisa mempersiapkan pikiran dan tubuh mereka untuk mencapai kinerja lebih baik, dan memungkinkan mereka menangani tugas yang lebih berat.

2. Menghindari Alarm Bangun Pagi

Diantara kita mungkin tergoda untuk tidur beberapa menit lagi meskipun alarm pagi sudah berdering. Tapi orang yang berprestasi tinggi sangat memahami dampak buruknya terhadap penundaan ini.

Sebaliknya, mereka memilih konsisten dengan alarm bangun pagi secara teratur dan memprioritaskan istirahat yang cukup agar bangun dengan perasaan segar dan berenergi.

3. Scrolling Media Sosial

Daya tarik media sosial memang menggoda, bahkan bagi orang-orang sukses sekalipun. Tapi bagi mereka yang berprestasi tinggi memiliki kemauan untuk menahan scrolling media sosial di pagi hari karena dapat membuang-buang waktu.

Mereka yang berprestasi tinggi menyadari bahwa adanya gangguan digital dapat mengalihkan fokus dari aktivitas yang lebih bermakna dan produktif.

Jadi, mereka akan memprioritaskan kejernihan mental dan tetap memperhatikan hal yang benar-benar penting dengan menghentikan kebiasaan scrolling media sosial di pagi hari.

4. Mengonsumsi Berita Negatif

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi berita negatif di pagi hari dapat memengaruhi suasana hati dan pandanganmu secara keseluruhan sepanjang hari.

Membaca atau menonton berita negatif dapat membanjiri pikiran dengan rentetan informasi negatif, dan itu bukan hal yang sepele. Bahkan secara tidak langsung seperti mengundang rasa stres dan cemas pada diri sendiri.

Orang yang berprestasi tinggi tahu bahwa memulai hari dengan hal-hal negatif dapat mengganggu produktivitas dan kefokusannya. Sebaliknya, mereka memilih konten yang membangkitkan semangat dan memotivasi untuk memulai hari dengan baik.

5. Terburu-buru Saat Sarapan

Sarapan yang bergizi adalah bahan bakar yang memberi tenaga pada tubuh dan pikiran untuk hari yang akan datang. Jadi orang yang berprestasi tinggi tidak pernah meremehkan pentingnya hal ini.

Mereka memahami sepenuhnya cara sarapan sehat bisa mengawali hari-harinya, sehingga mampu memberikan energi yang diperlukan untuk tetap fokus dan produktif dari pagi hingga malam.

Dengan menikmati sarapan yang sehat, mereka mengoptimalkan fungsi kognitif dan tetap fokus pada aktivitasnya. Sebaliknya, melewatkan sarapan dapat menyebabkan kurangnya energi, berkurangnya konsentrasi, dan penurunan produktivitas.

6. Melewatkan Olahraga Ringan

Baik itu olahraga cepat, sesi yoga yang menenangkan, atau jogging yang menyegarkan, aktivitas fisik tersebut bisa membawa banyak manfaat bagi kehidupan mereka.

Khususnya bagi orang-orang yang berprestasi tinggi menyadari bahwa mereka tidak harus berusaha sekuat tenaga untuk menghabiskan seluruh energinya tapi tetap meluangkan waktu untuk olahraga ringan.

Menerapkan rutinitas olahraga yang sesuai dan menyenangkan di pagi hari akan memberdayakan untuk memulai hari dengan langkah secara tepat dan memanfaatkan setiap peluang besar.

7. Pengambilan Keputusan di Pagi Hari

Seperti yang kita tahu bahwa orang berprestasi tinggi selalu membuat jadwal teratur dalam hidupnya, sehingga saat memulai aktivitas di pagi hari akan penuh ketenangan karena sudah disiapkan pada malam hari.

Contohnya ketika ada meeting di pagi hari, mereka sudah menyiapkan baju, catatan, serta barang-barang yang akan dibutuhkan nanti. Jadi bisa memulai harinya dengan tenang tanpa ada masalah karena mampu membatasi pengambilan keputusan di pagi hari.

8. Multitasking di Pagi Hari

Sering mengira bahwa multitasking itu bisa membuat kita hidup lebih efisien, tapi faktanya hal itu bisa menghambat produktivitas dan mengalihkan fokus seseorang.

Perlu diketahui bahwa orang yang berprestasi tinggi memahami nilai sebenarnya bahwa manusia hanya bisa fokus dalam satu pekerjaan tertentu. Mereka belajar dari pengalaman bahwa mencoba melakukan segala sesuatu secara bersamaan tidak akan membuahkan hasil terbaik.

Sebaliknya, mereka memprioritaskan tugas-tugas terpenting dan menanganinya satu per satu. Dengan memberikan perhatian penuh pada setiap aktivitas, dapat mencurahkan seluruh kemampuan pada aktivitas tersebut, sehingga menghasilkan hasil yang lebih berkualitas.

9. Mengabaikan Rasa Syukur

Rasa syukur berfungsi sebagai pengingat akan berkah dan peluang yang ada di sekitar, hal ini dapat mengalihkan fokus kita dari kekurangan yang dimiliki.

Perspektif ini memungkinkan orang yang berprestasi tinggi untuk mendekati tujuan mereka dengan perasaan puas, daripada keinginan terus-menerus untuk mendapatkan lebih.

10. Melakukan Penundaan

Orang yang berprestasi tinggi sangat memahami bahwa menunda tugas dapat menggagalkan kemajuan dan menghalangi kesuksesan.

Untuk mengatasi hal ini, mereka mengadopsi strategi yang ampuh yakni menangani tugas-tugas paling menantang secara langsung dan mengambil tanggung jawab paling penting sejak dini, sehingga membuat kemajuan besar untuk mencapai tujuan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #bisa #dijadikan #contoh #pernah #dilakukan #orang #yang #berprestasi #tinggi #saat #pagi #hari #saja

KOMENTAR