9 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Membuatmu Bahagia Setiap Hari, Salah Satunya Menghirup Udara Segar Satu Jam dalam Sehari
Ilustrasi orang yang sedang menghirup udara segar./ValeriiaMiller./Unsplash.com
11:12
3 Oktober 2024

9 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Membuatmu Bahagia Setiap Hari, Salah Satunya Menghirup Udara Segar Satu Jam dalam Sehari

Setiap manusia pada umumnya ingin bermimpi menjadi orang yang bahagia dan kita sering sibuk mencari-cari kebahagiaan itu, entah dalam hubungan percintaan atau kemewahan harta.

Mengutip dari laman Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, ada beberapa faktor yang membuat manusia merasa bahagia, diantaranya karena kehidupan sosial, agama, pernikahan, usia, atau finansial.

Tapi ketika kita membuat standar kebahagiaan itu dalam skala besar, sering lupa bahwa untuk menjadi orang bahagia itu bisa diciptakan melalui hal-hal sederhana yang dilakukan dalam keseharian.

Melansir dari laman Expert Editor, 9 kebiasaan sederhana ini ternyata bisa membuatmu bahagia setiap hari, diantaranya adalah :

1. Menghirup Udara Segar Satu Jam dalam Sehari

Meluangkan waktu untuk menghirup udara segar setidaknya satu jam dalam sehari, sangat memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupanmu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan cukup udara segar setiap hari membersihkan paru-paru, menurunkan detak jantung, meningkatkan tingkat energi, dan bahkan meningkatkan sistem pencernaan.

Selain itu juga dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, serta akan membuatmu merasa lebih bahagia dan lebih produktif.

2. Pergi Keluar Saat Matahari Terbit Hingga Terbenam

Berada di dalam ruangan selama seharian penuh ternyata bisa berpotensi menimbulkan stres, kecemasan, dan lain-lain. Itulah sebabnya meluangkan waktu untuk keluar rumah setidaknya sekali pada siang hari bisa sangat baik untuk kesehatan.

Ini bisa sesederhana mengatur jalan-jalan singkat di pagi hari, saat makan siang, atau di penghujung hari setelah padatnya menjalani aktivitas ketika matahari pun masih terbit.

Mendapatkan vitamin D yang cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan suasana hati.

3. Memeluk Orang Tersayang

Meluangkan waktu untuk memeluk teman, keluarga, anak-anak, atau pasangan setidaknya sekali dalam sehari dapat membuat kamu jauh lebih bahagia dan sehat.

Banyak peneliti percaya bahwa berpelukan melepaskan hormon oksitosin yang bisa memberi kita sedikit kebahagiaan. Selain itu mampu menurunkan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi perasaan cemas.

4. Bersikap Baik Terhadap Orang Lain

Menurut para ahli, kebaikan dapat mengubah otak manusia secara positif dan membuatnya merasa lebih terhubung dengan orang lain.

Saat kamu menunjukkan tindakan kebaikan, mulai dari mengatakan sesuatu yang baik kepada rekan kerja hingga membukakan pintu untuk orang asing, otakmu melepaskan serotonin dan dopamin.

Sehingga dapat menyebabkan bagian kesenangan/penghargaan di otakmu secara aktif, serta akan membuatmu merasa puas dan bahagia.

5. Bersikap Baik Terhadap Diri Sendiri

Meskipun berbuat baik kepada orang lain juga bagus, tapi jangan sampai melewatkan kebaikan untuk diri sendiri. Cara yang baik untuk mulai membangun kebiasaan ini adalah dengan lebih sadar terhadap pikiran negatif.

Menulis jurnal atau bermeditasi dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi pola pikir negatif, membantu menghentikannya dan mengganti dengan sesuatu yang lebih positif.

6. Berikan Pujian Tulus Terhadap Orang Tersayang

Kebiasaan lain yang dapat kamu kembangkan untuk meningkatkan suasana hati adalah dengan mulai lebih sering memuji orang-orang tersayang.

Banyak penelitian menemukan bahwa kita merasakan gelombang emosi senang ketika seseorang memberi pujian yang tidak terduga. Tapi dalam sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa tak hanya penerima pujian yang bahagia melainkan pemberi pujian juga merasakan hal tersebut.

7. Makan dan Ngemil dengan Penuh Kesadaran

Mungkin kita pernah mendengar istilah mindfull eating, yakni disaat kamu makan dan ngemil dengan penuh kesadaran. Sehingga akan merasa lebih bahagia dari pilihan makanan dan lebih bersyukur atas kenikmatannya.

8. Cek Media Sosial

Tak ada salahnya untuk cek media sosial di sela-sela kesibukan, tapi tetap harus diperhatikan intensitasnya karena jika terlalu sering justru akan menimbulkan bahaya.

Seperti saat kamu membalas cerita teman-teman di akun media sosial mereka, mengirim meme lucu, atau mengomentari postingan. Ini bisa menjadi waktu untuk bersosialisasi, berhubungan dengan orang-orang terkasih, dan merasa nyaman dengan diri sendiri.

9. Berolahraga 20 Menit Sehari

Berolahraga setiap hari menjadi salah satu kebiasaan terbaik untuk membuat kamu lebih bahagia dalam hidup, karena aktivitas fisik menstimulasi bahan kimia dalam otak, serta membuat lebih rileks dan bahagia.

Bahkan hanya meluangkan waktu untuk berjalan cepat selama 20 menit setiap hari juga dapat memberikan perasaan yang bahagia dan meningkatkan suasana hati.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #sederhana #ternyata #bisa #membuatmu #bahagia #setiap #hari #salah #satunya #menghirup #udara #segar #satu #dalam #sehari

KOMENTAR