Beda Adab Kaesang vs Bobby Nasution Soal Mulyono Tuai Kecaman: Keluarga Tone Deaf
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/@kaesangp)
17:36
29 September 2024

Beda Adab Kaesang vs Bobby Nasution Soal Mulyono Tuai Kecaman: Keluarga Tone Deaf

Nama Mulyono kini digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada salah satu kesempatan wawancara, Jokowi mengakui bahwa Mulyono adalah namanya sewaktu kecil. Namun, karena sering sakit-sakitan, namanya pun diganti menjadi Joko Widodo.

Berdasarkan narasi yang beredar di media sosial, nama Mulyono digunakan agar Jokowi segera turun dari jabatannya, mengingat nama ini dianggap sebagai kesialan. Namun, nama itu malah dianggap hanya sebagai lelucon oleh anak dan menantu Jokowi, Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution.

Sontak, aksi Kaesang dan Bobby dalam menyikapi nama Mulyono langsung menjadi sorotan. Inilah perbedaan sikap keduanya.

Sikap Kaesang Pangarep soal Mulyono

Baca Juga: Jejak Karier Bobby Nasution Si Menantu 'Mulyono': dari Masa ke Masa

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram)Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram)

Kaesang menanggapi soal Mulyono dengan mengenakan rompi bertuliskan ‘Putra Mulyono’. Ketua Umum PSI ini memakai rompi putra Mulyono saat blusukan di Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (24/9/2024).

Tulisan ‘Putra Mulyono’ itu berwarna merah muda dan terlihat di belakang rompi berwarna hitam. Rompi ini juga dilengkapi dengan siluet mirip sosok Jokowi dalam posisi duduk.

Pengamat komunikasi publik Universitas Diponegoro, Triyono Lukmantoro memberikan pandangannya. Menurutnya, cara Kaesang merespon isu ini adalah bagian dari komunikasi politik.

Teknik yang digunakan oleh Kaesang, lanjut Triyono, bertujuan untuk membawa namanya kembali ke panggung politik usai dugaan kasus gratifikasi.

Karena situasi ini tidak menguntungkannya sebagai ketua umum partai politik, Kaesang memilih untuk mengikuti arus, yakni dengan mengakomodir kritikan dari publik lewat rompi yang ia kenakan tersebut.

Baca Juga: Viral Pidato Toleransi di Gereja, Gaya Kaesang Pakai Jam Tangan Rp 300 Juta Tuai Kritik

Sikap Bobby Nasution soal Mulyono

Kolase foto Bobby Nasution, Kahiyang Ayu dan Clara Wirianda. (Instagram)Kolase foto Bobby Nasution, Kahiyang Ayu dan Clara Wirianda. (Instagram)

Berbeda dengan Kaesang, Bobby justru menyampaikan tanggapannya soal menantu Mulyono lewat pidato. Pada kesempatan tersebut, menantu Jokowi ini terang-terangan mengungkapkan bahwa dirinya adalah bagian dari keluarga Mulyono. 

Hal ini ia sampaikan Bobby sambil menggandeng putri Jokowi, Kahiyang Ayu, saat mengunjungi relawan pendukungnya di Deli Serdang, Sumatra Utara.

Bobby juga membicarakan tentang nama pendukungnya yang disebut Pasti Bobby, kependekan dari Pendukung Sejati Bobby.

“Pasti Bobby dulu namanya sebelumnya adalah Jamin, Jokowi-Ma’ruf Amin. Sekarang namanya ganti, bukan Jokowi-Ma’ruf Amin lagi, Mulyono namanya. Jadi kami di sini, Pasti Bobby ini kurang lebih isinya hampir-hampir keluarga Mulyono semua,” ujar Bobby Nasution.

Dapat kecaman warganet

Kaesang Pangarep memakai rompi Putra Mulyono. (X)Kaesang Pangarep memakai rompi Putra Mulyono. (X)

Pernyataan menantu Jokowi ini tentu saja mendapat atensi yang ramai dari warganet di X. Tak sedikit yang menilai jika Kaesag dan Bobby sama-sama tone deaf.

Emang sekeluarga tone deaf sih, makin nantangin netizen,” komentar warganet.

"Mereka sedang mengolok-ngolok rakyat. Kita semua," kritik warganet.

"Oh, mereka dan semua tim konsultannya sedang mencoba membelokkan isu-isu besar, seperti gratifikasi dan nepotisme brutal, ke ledek-ledekan nama karena di sisi ini bisa dieksplor ke permainan yang lebih mudah: pantas atau gak pantas, sopan atau gak sopan. Karena mampunya memang segitu," kritik lainnya.

"Penggunaan jet pribadinya dijawab juga kali bang kalau mau double down," tantang warganet.

"Benar-benar sudah tidak punya malu," kecam warganet.

Kontributor : Rizky Melinda

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #adab #kaesang #bobby #nasution #soal #mulyono #tuai #kecaman #keluarga #tone #deaf

KOMENTAR