Glowing dengan Air Serai dan Air Kelor, Mana yang Lebih Baik Sebagai Minuman Kecantikan? Cek Manfaat dan Cara Membuatnya
Ilustrasi daun kelor dan serai. (Freepik / jcomp)
12:44
28 September 2024

Glowing dengan Air Serai dan Air Kelor, Mana yang Lebih Baik Sebagai Minuman Kecantikan? Cek Manfaat dan Cara Membuatnya

 

 – Setiap wanita pasti nya ingin memiliki kulit wajah yang tidak hanya cantik, tapi juga sehat dan cerah alami. Bahkan, banyak juga wanita yang tak segan merogoh dompetnya untuk melakukan perawatan khusus agar mendapatkan kulit wajah yang glowing.

Padahal tidak melulu harus melakukan perawatan yang mahal, bahan-bahan alami dari rempah juga bisa menjadi solusi yang efektif untuk kecantikan. Diantaranya, serai dan daun kelor yang bisa diolah menjadi minuman untuk mendapatkan manfaatnya.

Keduanya mengandung  antiseptik, antioksidan, dan sifat anti radang yang menjadikannya minuman ideal untuk kesehatan kulit dan rambut. Minuman alami ini kaya akan vitamin A dan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk mendapatkan kulit cantik dengan rambut berkilau dan kuat.

Daun kelor dan serai terkadang juga dikonsumsi oleh banyak wanita untuk membantu pencernaan. Namun, dalam hal kecantikan kira-kira siapa di antara keduanya yang lebih baik? Dilansir dari laman Times of India, berikut ulasan manfaat keduanya untuk kecantikan.

Manfaat kecantikan dari air serai

Serai, sereh, atau lemongrass adalah salah satu tanaman rempah yang penggunaannya mampu menambah cita rasa atau aroma pada makanan serta minuman. Selain rasa dan aromanya yang menarik, tanaman rempah ini juga terkenal akan berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Serai banyak digunakan dalam industri kecantikan karena manfaat alaminya terkandung dalam serum, minyak esensial, dan krim wajah yang memberikan hasil terbaik. Namun, bila dikonsumsi dengan air putih di pagi hari, serai mampu mengurangi munculnya minyak pada kulit wajah tanpa menghilangkan kelembaban alami.

Kaya akan khasiat anti inflamasi, sehingga dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan, mencegah jerawat, bintik hitam, dan noda lainnya pada wajah

Manfaat kecantikan dari air kelor

Di Indonesia, daun kelor dikenal punya manfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena sederet nutrisinya. Seperti kandungan flavonoid, fenolik, serta karotenoid yang bersifat antioksidan.

Antioksidan ini bekerja dengan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada struktur kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah, menjadi lebih kencang, hingga mengatasi jerawat.

Kelor juga merupakan sumber vitamin E yang kaya sehingga sangat baik untuk kulit wajah, dan mampu mengurangi jerawat dengan memperbaiki tekstur kulit serta membantu kulit tampak berseri.

Minuman ini juga kaya zat besi, dapat meningkatkan kesehatan usus dan pertumbuhan rambut. Air kelor membantu mengurangi masalah rambut rontok, dan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

Bahkan, orang yang mengalami anemia dan kadar hemoglobin rendah disarankan untuk mengkonsumsi air kelor secara rutin.

Cara membuat minuman kecantikan

Air serai: ambil 2-3 batang serai dan potong kecil-kecil. Ambil segelas air hangat dan masukan potongan serai dengan sedikit air perasan jeruk lemon. Aduk dengan 1 sendok teh gula atau madu, dan konsumsi saat pagi hari.

Meskipun bermanfaat, namun ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsi air serai secara berlebihan. Seperti pusing, mulut kering, hingga peningkatan nafsu makan.

Jadi, pastikan untuk mengkonsumsinya dengan bijak. Cukup dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari, tapi tidak lebih dari 3 cangkir per hari.

Air kelor: cukup tambahkan 2 sendok teh bubuk kelor ke dalam segelas air hangat, atau bisa merebus daun kelor lalu saring dan ambil air rebusannya. Konsumsi di pagi hari.

Namun, air daun kelor tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tertentu seperti tiroid atau sedang mengkonsumsi obat dari dokter. Karena bisa menimbulkan komplikasi atau mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #glowing #dengan #serai #kelor #mana #yang #lebih #baik #sebagai #minuman #kecantikan #manfaat #cara #membuatnya

KOMENTAR