3 Jenis Sayuran yang Berbahaya untuk Kelinci, Sebaiknya Tidak Dijadikan Sebagai Makanan Pokok Agar Tetap Sehat
Ilustrasi Kelinci Makan Wortel./Freepik
05:32
28 September 2024

3 Jenis Sayuran yang Berbahaya untuk Kelinci, Sebaiknya Tidak Dijadikan Sebagai Makanan Pokok Agar Tetap Sehat

Kelinci merupakan salah satu fauna yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan alasannya karena lucu dan sifatnya yang jinak serta ramah.

Kelinci mempunyai tampilan yang cantik dan ukuran tubuh yang kecil mungil sehingga hewan ini cocok dijadikan sebagai peliharaan.

Apalagi jika kelinci sudah akrab dengan pemiliknya, mereka akan bertingkah lucu dan melihat tingkahnya akan memberikan perasaan bahagia tersendiri.

Mengajak bermain kelinci juga tidak harus dibawa ke luar, di halaman rumah pun Anda dan hewan berbulu ini bisa berinteraksi dengan leluasa.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk memelihara kelinci, sebaiknya ketahui dahulu makanan apa saja yang baik untuk hewan lucu ini agar tetap sehat dan berumur panjang.

Dikutip dari kanal YouTube Happypets Channel, berikut makanan yang sebaiknya dihindari agar kelinci Anda tetap sehat dan bergizi.

1. Wortel

Wortel bukan merupakan makanan pokok untuk kelinci. Meskipun kelinci tetap sehat apabila diberikan wortel namun apabila diberikan dalam jangka panjang akan menimbulkan efek berbahaya.

Wortel mengandung glukosa yang tinggi maka sayuran ini dapat membuat kelinci mengalami obesitas dan dapat menyebabkan penyakit lain seperti diabetes.

Wortel juga mempunyai tekstur yang keras, sehingga sayuran ini bisa merusak gigi kelinci. Jadi sebaiknya wortel diberikan sebagai camilan saja bukan sebagai makanan pokok. Anda dapat memberikan wortel sekali dalam seminggu.

2. Kangkung

Kangkung sebaiknya juga tidak diberikan terlalu sering kepada kelinci. Sayuran hijau ini mengandung oksalat yang dapat mengikat kalsium.

Apabila diberikan secara berlebihan kepada kelinci, dikhawatirkan hewan ini akan kekurangan kalsium di tubuhnya sehingga akan mengalami kejang-kejang dan dapat menyebabkan kematian.

Kangkung juga mengandung zat besi yang tinggi. Zat ini dapat mengurangi daya ikat hemoglobin dalam darah sehingga akan mengganggu penyerapan sari makanan ke seluruh tubuh.

Namun, Anda bisa memberikan kangkung pada kelinci apabila hewan ini sedang mengalami stres, seperti saat pindah tempat tinggal, karena sayuran ini mengandung selenium yang memiliki sifat anti-stres.

Kangkung jangan dijadikan sebagai makanan pokok, Anda dapat menjadikannya camilan. Perlu diingat kangkung jangan langsung diberikan saat segar.

Kangkung harus diberikan dalam keadaan layu dan bersih agar kelinci tidak mengalami diare karena adanya bakteri dalam makanannya.

3. Kubis

Kubis atau kol merupakan salah satu sayuran yang mengandung gas cukup tinggi. Apabila mengonsumsi sayur ini secara berlebihan kelinci akan mengalami kembung dan dapat menyebabkan diare.

Sebaiknya kubis tidak diberikan untuk kelinci yang berumur dibawah 3 bulan dan pilihlah kubis yang berwarna hijau tua. Namun perlu diingat konsumsi kubis dalam jangka panjang dapat menyebabkan kelinci tidak berumur panjang.

Lalu makanan apa yang bagus untuk kelinci agar tetap sehat dan berumur panjang? Anda dapat memberikan rumput hay dan pelet khusus kelinci.

Rumput hay adalah rumput yang telah melalui proses pengeringan. Rumput ini mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan.

Selain itu mengonsumsi rumput hay mencegah terjadinya penyakit gigi pada kelinci dan dapat membantu mengasah gigi kelinci yang terus tumbuh.

Namun sayangnya, hay dijual oleh toko pakan dengan harga cukup mahal dan apabila membeli di peternak, Anda tidak dapat mengetahui nutrisinya dan jenis tanaman apa yang digunakan untuk hay.

Dilansir dari kanal YouTube Animals Lover Channel, Anda dapat membuat hay sendiri di rumah dengan cara mengeringkan rumput jenis odot, alfalfa, timothy maupun jerami yang dijadikan satu.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jenis #sayuran #yang #berbahaya #untuk #kelinci #sebaiknya #tidak #dijadikan #sebagai #makanan #pokok #agar #tetap #sehat

KOMENTAR