8 Pertanyaan yang Memberikan Kejelasan Langsung Jika Anda Tidak Dapat Membuat Keputusan Menurut Psikologi
Ilustrasi orang yang ragu dalam membuat Keputusan. (Freepik)
19:44
27 September 2024

8 Pertanyaan yang Memberikan Kejelasan Langsung Jika Anda Tidak Dapat Membuat Keputusan Menurut Psikologi

 

 

Kita pasti pernah berada di situasi tidak dapat menentukan keputusan untuk hidup. Atau merasa ragu-ragu untuk mengambil keputusan karena tidak adanya tujuan atau keinginan yang jelas.

Dilansir dari kejelasan langsung untuk membuat keputusan.

  1. Bagaimana Anda ingin dikenang?

Hal ini membuat Anda sadar akan apa yang benar-benar penting dalam hidup Anda, melampaui hal-hal yang mendasar. Ini juga membawa Anda keluar dari situasi bertahan hidup dan menuju dampak yang ingin Anda buat, seperti tujuan besar untuk hidup Anda.

  1. Masalah apa yang Anda hadapi setiap pagi?

Sungguh menakjubkan betapa hebatnya Anda dalam menghindari hal-hal yang menyebabkan stres. Dalam studi Journal of Personality and Individual Differences, peneliti menemukan bahwa keterampilan mengatasi masalah biasanya dilakukan sebagai strategi reaktif.

Namun, perlu Anda sadari bahwa strategi mengatasi masalah secara proaktif dapat efektif mengelola hambatan yang Anda hadapi di masa mendatang.

  1. Apa yang memberi Anda energi

Anda yakin bahwa hal-hal ini layak untuk lebih banyak dilakukan. Memahami bagaimana kita mendapatkan energi sangatlah penting karena Anda dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Temuan dari  Journal of Humanistic Psychology, menunjukkan bahwa tujuan dapat memberikan sebuah makna dalam proses berkelanjutan.

Menentukan tujuan dapat membuka berbagai kesempatan di masa depan daripada menyesuaikan diri dengan keadaan sebelumnya.

  1. Apa yang Anda inginkan jika Anda tahu tidak akan gagal?

Secara psikologis Anda seringkali menghalangi diri sendiri untuk berkomitmen pada sesuatu karena takut gagal. Karena kegagalan tidak lagi menjadi bagian dari proses mencapai tujuan yang penting bagi Anda.

Temuan dari European Journal of Psychology of Education, menunjukkan bahwa asumsi Anda yang takut gagal tidak menunjukkan perilaku penundaan secara langsung, tetapi menunjukkan perilaku penundaan karena Anda tidak dapat mengontrol rasa takut Anda.

  1. Apa yang dirindukan hati Anda?

Renungkan apa tujuan lama Anda yang ingin dicapai, hal ini akan memberikan Anda gambaran tentang tujuan itu melalui imajinasi dan jiwa Anda.

Studi National Library of Medicine, menjelaskan bahwa kesadaran diri situasional adalah proses yang membandingkan tindakan Anda saat ini dengan tujuan internal Anda, jika dapat mengurangi ketidakkonsistenan, maka perubahan perlu dilakukan.

Sebaliknya kesadaran diri disposisional adalah kecenderungan untuk fokus dan merenungkan proses psikologis, pengalaman batin, dan hubungan Anda dengan orang lain.

  1. Kapan Anda merasa paling hidup?

Ketika Anda menyadari apa yang penting untuk meraih tujuan Anda saat ini, maka lakukan setiap proses yang menuntun Anda pada tujuan tersebut. Dalam setiap proses meraih tujuan tertentu, Anda akan memperoleh lebih banyak hal ke dalam hidup Anda.

Seperti kegagalan yang membuat Anda belajar dari kesalahan atau kerja keras yang harus dilakukan agar tujuan Anda dapat tercapai serta memiliki makna perjuangan dalam hidup Anda.

  1. Apa yang tidak berhasil dalam hidup Anda saat ini?

Anda dapat menghabiskan seluruh hidup Anda dengan mengalihkan perhatian dari hal-hal yang menguras tenaga atau bertentangan dengan kebahagiaan Anda. Namun, ketika Anda sadar bahwa Anda hanya punya satu kesempatan untuk hidup.

Hal ini akan membuat Anda berkomitmen untuk mengubah apa yang tidak berjalan dengan baik dan mencoba menjalani kehidupan terbaik Anda. Dibutuhkan waktu untuk berkomitmen dan yang terpenting adalah dukungan.

Saat Anda siap untuk membuat perubahan, hubungi teman, keluarga, atau orang yang ahli untuk mendapatkan bimbingan. Lakukan reset, buat rencana, dan ketahui bahwa banyak yang mendukung Anda untuk mencapai tujuan.

  1. Apa yang Anda lakukan jika hidup Anda hanya tinggal satu tahun lagi?

Menyadari seberapa banyak waktu yang Anda rasa masih tersisa dapat berdampak pada apa yang Anda lakukan dengan waktu Anda. Ketika kendala muncul, Anda mungkin terkejut dengan perubahan prioritas.

Studi National Library of Medicine, menunjukan bahwa umur dapat menentukan prioritas berbasis kinerja yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sisa waktu usia seseorang yang dianggap lebih tua akan semakin sedikit, sehingga mereka dapat menentukan prioritas dengan lebih baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pertanyaan #yang #memberikan #kejelasan #langsung #jika #anda #tidak #dapat #membuat #keputusan #menurut #psikologi

KOMENTAR