Sering Salah Menaruh Barang, Orang yang Makin Linglung Seiring Bertambahnya Usia Menunjukkan 7 Perilaku Ini
Sering salah menaruh barang adalah salah satu perilaku orang yang linglung seiring bertambahnya usia (freepik)
19:08
27 September 2024

Sering Salah Menaruh Barang, Orang yang Makin Linglung Seiring Bertambahnya Usia Menunjukkan 7 Perilaku Ini

 

 – Penuaan membawa banyak perubahan baik fisik maupun mental. Salah satu perubahan paling umum yang dialami orang seiring bertambahnya usia adalah kecenderungan menjadi lebih pelupa atau linglung.

Hal ini bisa dimulai dari hal kecil seperti sering lupa menaruh kunci, lupa mengerjakan tugas di tengah jalan atau bahkan mengulang cerita kepada teman tanpa menyadarinya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa perilaku orang yang makin linglung seiring bertambahnya usia sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Jumat (27/9) sebagai berikut :

  1. Lupa terhadap tugas sehari-hari

Kita semua tentu pernah lupa sesuatu dan itu adalah bagian dari menjadi manusia. Namun, seiring bertambahnya usia, Anda mungkin menyadari bahwa frekuensi lupa ini semakin hari semakin meningkat.

Orang yang menjadi lebih linglung seiring bertambahnya usia dan hal ini sering kali dimulai dengan melupakan tugas-tugas dasar sehari-hari. 

Hal ini bisa jadi sesuatu yang sederhana seperti lupa mematikan kompor setelah memasak atau meninggalkan kunci di pintu depan.

  1. Sering salah menaruh barang

Salah menaruh barang merupakan perilaku umum orang-orang yang semakin linglung seiring bertambahnya usia. Hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan melainkan tanda bahwa daya ingat kita tidak setajam dulu.

  1. Kesulitan mengikuti arahan

Pernahkan Anda sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba tersesat meskipun Anda yakin telah mengikuti petunjuk dengan saksama?

Orang yang semakin linglung seiring bertambahnya usia sering kali kesulitan mengikuti arahan. Bukannya mereka tidak memperhatikan hanya saja informasinya tidak melekat dengan baik seperti sebelumnya.

Menariknya, hal ini tidak terbatas pada arahan fisik saja. Hal ini juga dapat berlaku untuk instruksi tugas atau bahkan resep. Orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin membuat kesalahan saat mengikuti instruksi yang rumit.

  1. Mengulang cerita atau pertanyaan

Pernahkah Anda mendapati diri Anda menceritakan kisah yang sama dua kali kepada orang yang sama? Atau mengulang pertanyaan yang baru saja Anda ajukan beberapa menit yang lalu? Tentu hal ini sangat memalukan bukan?

Orang yang semakin linglung seiring bertambahnya usia sering kali mengulang cerita atau pertanyaan.

Bukan berarti mereka melakukannya dengan sengaja namun mereka benar-benar tidak ingat bahwa mereka telah menceritakan anekdot tertentu atau mengajukan pertanyaan tersebut.

  1. Berjuang dengan tugas-tugas yang sudah dikenal

Orang yang menjadi linglung seiring bertambahnya usia sering kali kesulitan dengan tugas-tugas yang dulunya mudah bagi mereka. Bisa jadi adalah hobi favorit atau sesuatu yang mendasar seperti menggunakan telepon pintar atau membuat kopi di pagi hari.

Ini bukan tentang kehilangan keterampilan atau kemampuan namun tentang pikiran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses informasi dan melakukan tugas.

  1. Kesulitan mengerjakan banyak tugas sekaligus

Melakukan banyak tugas secara bersamaan itu sulit berapapun usia Anda. Pasalnya otak kita tidak benar-benar dirancang untuk menangani banyak tugas sekaligus.

Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus dapat menurun secara signifikan. Orang yang makin linglung seiring bertambahnya usia sering kali merasa kesulitan mengerjakan banyak tugas sekaligus.

Kita mungkin merasa lebih sulit memasak makan malam sambil berbicara di telepon atau menonton TV sambil melipat cucian.

  1. Perubahan suasana hati atau perilaku

Orang yang semakin linglung seiring bertambahnya usia sering kali mengalami perubahan suasana hati atau perilaku. Mereka mungkin menjadi lebih mudah tersinggung atau kurang sadar.

Mereka mungkin mulai menghindari situasi sosial atau kehilangan minat pada aktivitas yang pernah mereka nikmati. Perubahan ini bisa jadi tidak kentara dan bisa jadi mudah diabaikan sebagai bagian dari proses penuaan.

Ini bukan tentang menjadi orang tua pemarah namun tentang mengenali perubahan perilaku yang mungkin terkait dengan perubahan fungsi kognitif. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sering #salah #menaruh #barang #orang #yang #makin #linglung #seiring #bertambahnya #usia #menunjukkan #perilaku

KOMENTAR