10 Perilaku yang Ditiru Langsung Anak dari Ibunya, Peran Utama Dalam Pembentukan Tumbuh Kembang Anak
Ilustrasi seorang ibu dan anak perempuannya. (Freepik)
10:10
27 September 2024

10 Perilaku yang Ditiru Langsung Anak dari Ibunya, Peran Utama Dalam Pembentukan Tumbuh Kembang Anak

Anak-anak adalah pengamat dan peniru yang hebat, dapat menyerap segala sesuatu di sekitarnya terutama dari orang tua mereka. Ibu, sering menjadi figur karena hadir dalam kehidupan awal seorang anak, sehingga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku anak-anak mereka.

Seringkali tindakan sehari-hari kita justru yang paling cepat ditiru anak, bahkan menirunya dengan sangat sempurna. Dari cara kita berbicara dengan pasangan hingga cara berbicara di telepon, dan apapun dapat ditiru oleh anak.

Peniruan merupakan bagian penting dari tumbuh kembang anak, dan harus didorong selama hal itu meningkatkan dan menambah perkembangan dalam sosial mereka. Namun, anak-anak belum bisa menyadari apa yang mereka tiru itu benar atau salah.

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk, tapi tidak ada salahnya jika mengusahakan untuk merubahnya demi anak. Dilansir dari laman Times of India, berikut adalah perilaku yang umumnya ditiru anak-anak dari ibu mereka sehingga menunjukan betapa kuatnya pengaruh yang diberikan orang tua.

1. Gaya komunikasi

Jika seorang ibu berkomunikasi dengan tenang dan penuh rasa hormat, anak-anaknya cenderung akan menirunya. Sebaliknya, jika ibu menggunakan kata-kata yang sarkastis, hal itu dapat tercermin dalam perilaku anaknya.

2. Respons emosional

Seorang ibu yang tetap tenang dalam situasi menegangkan, anak-anaknya akan mampu mengelola emosi mereka dengan cara yang sama. Di sisi lain, seorang ibu yang sering menunjukkan kemarahan atau kecemasan kemungkinan besar melihat anaknya meniru respons tersebut.

3. Etos kerja dan tanggung jawab

Anak-anak mengamati bagaimana ibu mereka menyeimbangkan pekerjaan, tanggung jawab rumah tangga, dan waktu luang. Ibu yang menekankan kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab cenderung membesarkan anak-anak yang juga menghargai sifat-sifat ini.

4. Sikap terhadap kesehatan dan perawatan diri

Sikap seorang ibu terhadap pola hidup yang sehat, seperti olahraga, konsumsi makanan sehat, atau menjaga kebersihan diri dapat dicontoh oleh anak-anaknya. Jika perawatan diri merupakan prioritas seorang ibu, anak-anaknya pun cenderung akan melakukan hal yang sama.

5. Pendekatan dalam pemecahan masalah

Ibu yang dapat menyelesaikan pertikaian dengan cara yang tenang dan penuh empati, anak-anaknya cenderung akan menangani konflik secara konstruktif. Perilaku bermusuhan atau pasif-agresif juga dapat diwariskan.

6. Kepercayaan diri dan harga diri

Rasa percaya diri dan harga diri seorang ibu secara langsung mempengaruhi citra diri anaknya. Seorang ibu yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, anak-anaknya cenderung akan mengembangkan citra yang sama. Pembicaraan diri yang negatif atau harga diri yang rendah, juga dapat dicerminkan oleh anak-anak.

7. Anak-anak belajar banyak tentang interaksi sosial dari ibu mereka

Cara seorang ibu berinteraksi dengan orang lain menjadi perilaku yang diserap oleh anak-anak. Seorang ibu yang baik hati, penuh hormat, dan berempati mengajarkan anak-anaknya untuk menjalin hubungan baik dengan orang-orang disekitar mereka.

8. Anak-anak seringkali meniru cara ibu mereka dalam mengelola uang

Seorang ibu yang bertanggung jawab secara finansial, mengajarkan anak-anak tentang masalah keuangan telah menanamkan kebiasaan baik sejak dini. Namun, pengeluaran yang tidak bijaksana atau tidak memiliki perencanaan keuangan juga dapat ditularkan.

9. Seorang ibu mengajarkan anak-anaknya untuk memiliki batasan yang sehat

Kemampuan seorang ibu untuk menetapkan dan mempertahankan batasan yang sehat, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional secara tidak langsung mengajarkan anak-anaknya untuk menghargai diri mereka sendiri dan orang lain.

10. Pandangan hidup seorang ibu sangat memengaruhi cara pandang anak-anaknya terhadap dunia

Bila seorang ibu menghadapi sebuah tantangan dengan optimisme dan menjaga sikap positif, memungkinkan anak-anaknya mengadopsi perspektif yang serupa.

--------------------

Anak-anak akan belajar banyak hal dari ibu mereka, baik secara sadar maupun tidak sadar. Sehingga perilaku keibuan menjadi faktor kunci dalam membentuk kebiasaan, sikap, dan perilaku mereka. Mengenali pengaruh ini dapat memberdayakan para ibu untuk lebih memperhatikan tindakannya dan perkataan mereka ke dalam kehidupan mereka sendiri.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #perilaku #yang #ditiru #langsung #anak #dari #ibunya #peran #utama #dalam #pembentukan #tumbuh #kembang #anak

KOMENTAR