Melihat Aksi Koops TNI Habema di Kampung Wuloni Papua Tengah, Lakukan Pendekatan Humanis di Sela Patroli Pengamanan Perbatasan
Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih melaksanakan patroli pengamanan wilayah perbatasan di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Papua Tengah. (Koops TNI Habema)
18:46
26 September 2024

Melihat Aksi Koops TNI Habema di Kampung Wuloni Papua Tengah, Lakukan Pendekatan Humanis di Sela Patroli Pengamanan Perbatasan

 

 

 

- Operasi pengamanan daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini terus dilakukan oleh Komando Operasi (Koops) TNI Habema. Tidak hanya di wilayah Papua Pegunungan, mereka juga bertugas untuk mengamankan situasi dan kondisi di wilayah Papua Tengah. Adalah Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 323/Buaya Putih Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang bertugas di sana. 

Oleh Koops TNI Habema, satgas tersebut ditugaskan di wilayah Kabupaten Puncak. Mereka bertugas di bawah komando Letkol Infanteri Tri Wiratno. Pada Rabu (25/9), perwira menengah TNI AD tersebut memimpin Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih turun ke Kampung Wuloni, Distrik Ilaga untuk melaksanakan patroli pengamanan wilayah sekaligus komunikasi sosial (komsos). Ilaga menjadi salah satu daerah yang perlu mendapat perhatian lebih. 

Melalui keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Kamis (26/9) Panglima Koops TNI Habema Brigjen TNI Lucky Avianto menyampaikan bahwa patroli pengamanan wilayah dan komsos yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad merupakan bagian dari pelaksanaan tugas. Bahwa para prajurit tersebut harus dekat dengan masyarakat. ”Dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua,” terang dia. 

Sesuai dengan arahan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, para prajurit TNI yang bertugas di Papua juga wajib mengedepankan pendekatan humanis. ”Inisiatif Satgas Yonif 323 Kostrad melaksanakan komsos dengan warga di Kampung Wuloni merupakan wujud pelaksanaan tugas TNI melakukan komunikasi sosial yang inklusif dengan semua pihak di Daerah Tugas,” ungkap Brigjen Lucky Avianto. 

Sementara itu, Komandan Satgas Yonif 323/Buaya Putih Kostrad Letkol Infanteri Tri Wiratno menyampaikan bahwa para prajurit TNI AD yang bertugas di sana turun langsung ke Kampung Wuloni untuk menyapa warga. Tidak hanya menjamin keamanan masyarakat dari berbagai potensi ancaman dan gangguan, para prajurit Angkatan Darat tersebut juga melakukan pendekatan secara humanis kepada masyarakat setempat. 

”Para prajurit TNI memanfaatkan patroli pengamanan wilayah melalui interaksi dan komunikasi dengan para warga Kampung Wuloni,” terang dia. 

Mereka turut memberi atensi terhadap kebutuhan dasar yang diperlukan oleh masyarakat sekitar. Melalui komunikasi tersebut para warga menyampaikan bahwa situasi dan kondisi terkini di Kampung Wuloni dalam keadaan aman. Keterangan itu disampaikan oleh salah seorang warga bernama Zakaria Murib. Dia mengaku kehadiran Satgas Raider 332/Buaya Putih di Kampung Wuloni membuat mereka merasa lebih aman. 

Editor: Kuswandi

Tag:  #melihat #aksi #koops #habema #kampung #wuloni #papua #tengah #lakukan #pendekatan #humanis #sela #patroli #pengamanan #perbatasan

KOMENTAR