Anies Baswedan Ajak Bangun Kemapanan Bareng Pasangan, Ingat Lagi 3 Pesan Rasulullah SAW Soal Pernikahan
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. (Suara.com/Rakha)
11:43
23 Januari 2024

Anies Baswedan Ajak Bangun Kemapanan Bareng Pasangan, Ingat Lagi 3 Pesan Rasulullah SAW Soal Pernikahan

Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan memberikan nasihat kepada warganet yang ingin menikah, saat melakukan live TikTok bersama Tom Lembong. Nasihat ini mirip dengan pesan Rasulullah SAW soal pernikahan kepada Sayyidina Ali dan Fatimah.

Anies Baswedan berikan nasihat bahwa jika sudah mendapat jodoh yang tepat, maka mulailah hidup bersama dan bangun kemapanan.

“Ketika sudah menemukan pasangan yang menurut kita pas, bismillah. Mulai hidup bersama, dan bangun kemapanan itu bersama.” kata Anies.

"Rencanakan perjalanan hidup sebagai suami-istri, sebagai keluarga. Jangan sampai kita melakukan langkah hidup kita lalu kehidupan itu berubah setelah menikah. Seakan menikah itu bukan bagian dari rencana," tambahnya.

Sementara itu mengutip NU Online, pada hakikatnya, pernikahan menjadi landasan yang kokoh ketika pasangan suami-istri mengikuti sistem yang telah ditetapkan oleh-Nya. Pernikahan juga merupakan bukti kuasa Allah.

"Dialah yang menciptakan makhluk dengan kekuasan-Nya. Dialah yang menerangi jalan manusia dengan ketetapan-ketetapan-Nya."

Selain menjadi manifestasi kuasa Allah, pernikahan juga diakui sebagai sarana untuk memperoleh keturunan. Rasulullah saw menekankan pentingnya menikah dengan perempuan yang subur agar dapat melahirkan banyak anak. Namun, tidak hanya kuantitas yang menjadi fokus, melainkan juga kualitas generasi yang dihasilkan.

"Allah yang Maha Tinggi dan Maha Mulia telah menjadikan perkawinan sebagai sarana perolehan keturunan."

Rukun nikah dalam Islam juga menyoroti pentingnya mempererat tali kekerabatan. Adanya wali, khususnya bagi mempelai perempuan, menunjukkan bahwa pernikahan tidak hanya melibatkan dua individu, tetapi juga melibatkan keluarga besar dari kedua belah pihak.

Dengan demikian, ikatan pernikahan tidak hanya membentuk hubungan antara suami dan istri, melainkan juga mengikat dua keluarga besar dengan ikatan yang kuat. Pernikahan, dengan segala dimensinya, menjadi pilar penting dalam menjalin hubungan yang harmonis, membangun keturunan berkualitas, dan mengokohkan tali kekerabatan dalam bingkai kasih sayang dan ketetapan Ilahi.

Tom Lembong Soal Pernikahan

Warganet bertanya tentang kapan waktu terbaik untuk menikah, yang diteruskan oleh Anies Baswedan kepada Tom Lembong. Potongan video ini diunggah oleh akun @Hahyunsing di media sosial X dan kemudian viral.

"Pak Tom, mending mapan dulu atau nikah dulu?" tanya Anies.

"Nikah dulu, serius," jawab Tom Lembong tegas.

Ia menjelaskan bahwa tidak ada waktu sempurna untuk menikah. Terlalu lama menunggu hingga memiliki karier tinggi atau pencapaian duniawi menurutnya bukan pilihan bijak.

"Bagi saya sih jelas banget ya. Tidak ada momen dalam tanda kutip sempurna untuk menikah. Jadi kalau dipatok, oh saya harus punya uang segini dulu, atau saya harus punya jenjang segini dulu di perusahaan atau organisasi, itu jangan ya. Kalau nasihat saya sih kalau merasa sudah merasa menemui jodoh yang tepat, terjang udah," terangnya.

Komentar ini lantas mendapat tanggapan dari netizen. Ada yang menanggapi dengan bercanda, ada pula yang malah curcol soal kisah percintaan mereka.

"pak netizen twitter ini semua kerjanya cuma comment me and who ama when ya di postingan2 uwu," ciot NAIA.

"Pernah ga lo kepikiran disuruh nikah sama capres & timses capres?" tulis Puffy Gurl.

"Untuk yg masih lajang, semoga hilal jodoh kita segera terlihat. Semoga Allah berikan jodoh yg baik akhlak dan agamanya. Aamiin allahumma aamiin," cuit Rumaysha.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #anies #baswedan #ajak #bangun #kemapanan #bareng #pasangan #ingat #lagi #pesan #rasulullah #soal #pernikahan

KOMENTAR