4 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat di Rumah, Menurut American Academy of Dermatology Eksternal
Ilustrasi jerawat. (freepik/ freepik.com)
14:58
26 September 2024

4 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat di Rumah, Menurut American Academy of Dermatology Eksternal

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum di Amerika Serikat. Dan banyak orang yang menderita jerawat kemudian menemukan masalah baru: bekas jerawat.

Bekas jerawat sebenarnya merupakan bagian dari proses penyembuhan, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Setelah jerawat hilang, kulit mencoba memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh noda tersebut.

Dengan memproduksi kolagen, kulit akan sembuh. Jika terlalu sedikit kolagen, bekas luka akan cekung. Jika terlalu banyak, bekas luka akan menonjol.

Namun, bekas jerawat dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri seperti halnya jerawat itu sendiri, jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya?

Meskipun AAD menyarankan hal-hal seperti operasi dan pelapisan ulang dengan laser, Anda mungkin juga menemukan kelegaan melalui pilihan perawatan alami yang tidak terlalu ekstrim ini.

Dilansir dari laman healthline.com oleh JawaPos.com, Kamis (26/9) berikut 4 bahan alami menghilangkan bekas jerawat di rumah menurut ADD:

1. Minyak jinten hitam

Dikenal juga sebagai Nigella sativa, minyak jintan hitam berasal dari Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah. Ini adalah tanaman obat yang relatif umum, dan minyaknya dapat ditemukan secara online.

Selain memiliki sifat antibakteri dan anti-virus, minyak ini bersifat anti-inflamasi. Namun, mengurangi peradangan bukanlah satu-satunya cara yang dapat membantu mengurangi bekas luka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ini dapat mempercepat dan meningkatkan penyembuhan luka. Minyak ini juga dapat meratakan pigmentasi atau bahkan mencegah jerawat sama sekali.

2. Minyak rosehip

Dipasarkan terutama sebagai solusi untuk penuaan, minyak biji rosehip tersedia secara luas dan aman untuk dioleskan langsung ke kulit.

Satu penelitian juga menunjukkan bahwa minyak ini dapat digunakan untuk mengatasi bekas luka.

Meskipun penelitian ini khusus untuk bekas luka operasi, minyak ini juga dapat berguna untuk mengurangi bekas luka jerawat.

Para peneliti menemukan bahwa mengoleskannya dua kali sehari dapat mengurangi munculnya bekas luka dan perubahan warna kulit.

3. Madu

Anda bahkan tidak perlu pergi ke apotek untuk mendapatkan obat bekas jerawat yang ampuh ini.

Madu digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan , termasuk luka bakar, luka, dan herpes. penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat mempercepat penyembuhan luka, mengurangi potensi timbulnya jaringan parut.

Para peneliti menemukan bahwa mengoleskan madu secara langsung dapat membantu membersihkan luka karena sifat antibakterinya.

Madu juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

4. Lidah buaya

madu, aloe vera merupakan obat rumahan yang umum . Dalam kasus jerawat, ia bekerja dengan cara yang sama untuk membantu proses penyembuhan.

Menurut sebuah penelitian di Catatan Bedah Plastik, mengoleskan lidah buaya langsung ke luka mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut.

Anda dapat menemukan gel dan produk aloe vera di toko obat, tetapi Anda juga dapat menanam tanaman itu sendiri. Potong daunnya dan oleskan gel yang lengket langsung ke kulit.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #bahan #alami #menghilangkan #bekas #jerawat #rumah #menurut #american #academy #dermatology #eksternal

KOMENTAR