Biaya Hidup Murah dan Suasananya Masih Asri, Inilah 6 Rekomendasi Kota yang Cocok untuk Menghabiskan Masa Pensiun
Potret menghabiskan masa pensiund di desa./ (Pixabay.com/pixabay)
11:12
25 September 2024

Biaya Hidup Murah dan Suasananya Masih Asri, Inilah 6 Rekomendasi Kota yang Cocok untuk Menghabiskan Masa Pensiun

Ketika tiba saatnya masa pensiun, seringkali ingin tinggal di suatu tempat yang sejuk, suasananya masih asri, dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Mengutip dari laman Dana Pensiun Antam, faktor kesehatan pada masa pensiun sangat berperan penting.

Itulah alasannya untuk memilih tempat tinggal yang jauh dari polusi dan udaranya segar agar tetap sehat meskipun sudah berusia senja.

Masa pensiun bukan semata-mata berdiam diri di rumah, tapi tetap produktif melakukan aktivitas yang membuatnya merasa tenang dan hal itu harus didukung oleh kualitas udara serta lingkungan sekitar.

Merangkum dari laman Traveloka, inilah 6 rekomendasi kota yang cocok untuk menghabiskan masa pensiun karena biaya hidup murah dan suasananya masih asri, diantaranya :

1. Malang

Banyak yang bilang bahwa tinggal di Kota Malang relatif lebih murah. Hal itu karena biaya sewa tempat tinggalnya hanya mulai dari Rp400 ribu, serta ada banyak makanan yang dijual dengan harga terjangkau.

Rendahnya biaya hidup di Malang sangat cocok juga untuk orang yang ingin menghabiskan masa pensiun dengan tenang dan nyaman. Keuntungan lain tinggal di KOta Apel ini adalah dekat wisata alam populer, seperti Bromo, Kota Batu, dan lainnya.

2. Banyuwangi

Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia selanjutnya adalah Banyuwangi. Kota yang terletak paling ujung timur Pulau Jawa ini juga terkenal dengan biaya hidupnya yang terjangkau dan suasannya masih sangat asri.

Untuk para orang tua yang ingin menghabiskan masa pensiun, biaya hidup per bulannya hanya sekitar Rp800 - 1,5 juta. Jika satu keluarga, pengeluarannya tidak akan sampai 3 juta per bulan.

3. Yogyakarta

Bukan hanya sekedar berwisata, tapi setiap orang ingin menetap di Yogyakarta. Kota dengan pesona wisata alam, budaya, dan kuliner ini ternyata memiliki tarif biaya hidup yang termasuk murah.

Selain tempat tinggal, harga per porsi makanan di kota ini juga masih terjangkau. Dalam sebulan, hidup di Yogyakarta masih cukup dengan mengandalkan uang 1 hingga 1,5 juta saja. Maka tak heran, banyak orang yang mulai membeli properti di untuk saat pensiun atau masa kini.

4. Singaraja

Kota yang berada di Pulau Bali ini selalu menjadi favorit setiap orang untuk menghabiskan masa pensiunnya, bahkan tak hanya warga lokal, turis asing pun ingin menetap di sini.

Selain lingkungannya yang masih asri, biaya hidup di Singaraja juga cukup terjangkau. Meskipun cukup jauh dari Kota Denpasar, tapi kota ini sudah sangat ramai dan berkembang, bahkan akan dibangun bandara internasional kedua di Bali tepatnya di Kota Singaraja ini.

5. Solo

Solo merupakan kota kecil di Jawa Tengah dengan biaya hidup yang cukup rendah. Biaya seperti makan, transportasi, hingga hiburan di Kota ini sangatlah terjangkau. Dengan uang 1 hingga 1,5 juta sudah bisa hidup nyaman selama satu bulan di kota ini.

Kamu bisa berburu kuliner murah dan lezat di area Pasar tradisional, seperti Pasar Gede atau Pasar Klewer. Meskipun berupa pasar tradisional, tapi lokasinya sudah sangat bersih dan tertata rapi.

6. Cirebon

Beralih ke Jawa Barat, Kota Cirebon juga memiliki biaya hidup terjangkau. Tinggal di kota ini hanya membutuhkan budget sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Tinggal di kota yang terkenal dengan penghasil terasi ini tentu sangat menyenangkan karena terdapat banyak tempat wisata alam dan budaya yang menarik, seperti Keraton Kasepuhan, Situ Sedong, dan masih banyak lagi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #biaya #hidup #murah #suasananya #masih #asri #inilah #rekomendasi #kota #yang #cocok #untuk #menghabiskan #masa #pensiun

KOMENTAR