Perempuan yang Awet Muda Meskipun Telah Menginjak Usia 70-an, Kerap Memiliki 7 Kebiasaan Ini, Apa Saja?
Ilustrasi perempuan awet muda di usia 70-an. (Unsplash.com/LuisMachado)
21:42
24 September 2024

Perempuan yang Awet Muda Meskipun Telah Menginjak Usia 70-an, Kerap Memiliki 7 Kebiasaan Ini, Apa Saja?

 

 - Menjadi awet muda adalah impian setiap orang, khususnya bagi para perempuan yang ingin tetap menjaga penampilan meskipun sudah menginjak lansia.

Mengutip dari laman Klik Dokter, bahwa perempuan yang menginjak lansia pasti akan mengalami menopause.

Sementara hal itu menyebabkan kadar estrogen yang rendah. Kurangnya hormon estrogen ini menyebabkan kulit cenderung mengalami penipisan, kendur, dan berkerut.

Oleh karenanya perempuan lebih sering menjaga penampilan wajahnya agar tetap awet muda meskipun telah menginjak lansia.

Melansir dari lama Ge Editing, jika kamu pernah melihat perempuan yang awet muda meskipun menginjak telah menginjak usia 70-an, mereka kerap memiliki 7 kebiasaan ini.

1. Memakai Perlindungan Sinar Matahari Setiap Harinya

Jika kamu masih mengabaikan pemakaian sunscreen di wajah, berarti kamu melewatkan hal berharga di hidupmu.

Pemakaian sunscreen sangat efektif karena akan melindungi kulit supaya tidak langsung terpapar sinar matahari. 

Para ahli secara luas mengakui bahwa paparan sinar matahari dapat membuat kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya karena menyebabkan sekitar 80 persen penuaan kulit.

Baik saat mendung atau cerah, musim dingin atau musim panas, sinar UV yang berbahaya dapat menembus kulit dan menyebabkan penuaan dini.

2. Tidur yang Cukup

Tidur adalah bagian penting dari rutinitas kita sehari-hari, tapi seringkali diabaikan dalam kehidupan kita yang sibuk.

Seperti yang dicatat oleh The American Academy Of Sleep Medicine, bahwa kurang tidur menyebabkan kulit lebih banyak kerutan, garis halus, dan sudut mulut lebih kendur.

Oleh karenanya, perhatikanlah jam tidurmu dengan baik. Jangan sampai begadang karena merasa diri masih kuat.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat memerangi kondisi kesehatan, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan energi.  Semuanya dapat berkontribusi baik pada penampilan awet muda. 

Baik itu jalan-jalan sehari-hari, yoga, atau olahraga favorit, kuncinya adalah konsistensi. Jangan sampai malas mengganggumu untuk berolahraga walaupun hanya 30 menit.

4. Efektif Mengelola Stres 

Stres adalah suatu hal yang tak bisa dihindari dalam hidup, tapi kita bisa mengelolanya secara efektif. 

Stres yang sudah kronis tidak hanya memengaruhi suasana hati, tetapi juga merusak kulit dan kesehatanmu secara keseluruhan.

Perempuan yang tampak awet muda di usia 70-an sudah memahami hal ini dan mampu mengendalikan stresnya sehingga kulitnya tampak lebih kencang dan segar.

Cara mengelola stres bagi mereka bisa dengan membaca buku, meditasi, yoga, atau menulis jurnal. Hal ini sering mereka sempatkan dalam kesehariannya.

5. Membatasi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Sebagaimana dikemukakan para ahli, alkohol dan kafein dapat membuat kulit dehidrasi sehingga membuatnya tampak kusam dan menua.

Para perempuan awet muda di usia 70-an ini memilih minuman yang sehat seperti air putih, teh herbal, atau jus buah segar untuk dapat nutrisi baik dalam tubuh.

6. Memelihara Hubungan Sosial yang Kuat

Perempuan yang terlihat awet muda di usia 70-an sering kali memiliki kehidupan sosial yang dinamis, baik saat menghabiskan waktu bersama keluarga, berkumpul dengan teman, atau berpartisipasi dalam aktivitas komunitas.

Percaya atau tidak, tetap terhubung secara sosial dapat memainkan peran besar dalam seberapa baik kita menua.

Menurut penelitian, orang yang memelihara hubungan yang bermakna dan tetap aktif secara sosial cenderung hidup lebih lama dan menikmati kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan.

7. Melakukan Pemeriksaan Tubuh secara Rutin

Pemeriksaan rutin ke penyedia layanan kesehatan membantu mereka mengetahui potensi masalah kesehatan sejak dini, yang dapat memberikan perbedaan seiring bertambahnya usia.

Mulai dari memantau kesehatan jantung hingga memastikan mereka mendapatkan vitamin dan nutrisi yang tepat, para perempuan yang awet muda di usia 70-an ini mengambil pendekatan proaktif terhadap kesejahteraan mereka.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perempuan #yang #awet #muda #meskipun #telah #menginjak #usia #kerap #memiliki #kebiasaan #saja

KOMENTAR