5 Gerakan Olahraga sebelum Memulai Pendakian Gunung! Cocok untuk Pemula Dijamin Mudah Dipraktikkan
Gerakan olah raga sebelum memulai pendakian gunung. (Sumber foto: Freepik/jcomp)
10:06
24 September 2024

5 Gerakan Olahraga sebelum Memulai Pendakian Gunung! Cocok untuk Pemula Dijamin Mudah Dipraktikkan

-- Beberapa gerakan olahraga satu ini cocok dilakukan pada saat hendak memulai pendakian gunung bagi pemula.

Akan tetapi bagi kaum profesional pun sejatinya juga perlu melakukan berbagai gerakan ini yang dapat melatih kekuatan otot paha, bokong, perut, dan lainnya yang juga mampu melatih sistem pernafasan sekalipun.

Berikut ini beberapa gerakan olahraga sebelum mendaki gunung. Simak selengkapnya!

1. Farmer Walks

Walau sepintas hanya berjalan kesana-kemari sembari membawa beban berat saja namun nyatanya gerakan ini dapat melatih sistem pernafasan hingga kekuatan bahu dan juga tangan.

Dilansir melalui channel Youtube Justin Agustin gerakan tersebut dapat dilakukan sebanyak 20 kali jalan kesana-kemari yang diulang sebanyak 3 kali repetisi.

2. Step Ups

Masih dilansir dalam channel Youtube yang sama, repetisi seperti ini menjadi gerakan untuk pemula yang cocok untuk melatih kekuatan paha, bokong, hingga lutut.

Caranya sama seperti sebelumnya namun gerakan kali ini serupa dengan aktivitas naik dan turun tangga namun pijakannya kali ini diberi jarak yang sedikit lebih tinggi.

3. Walking Lunges

Channel Youtube Justin Agustin sekali lagi memberikan saran untuk mempersiapkan fisik sebelum melakukan pendakian gunung.

Caranya adalah dengan menurunkan lutut secara bergantian antara kaki kanan dan kiri hingga ke dasar lantai yang dapat melatih kekuayan otot paha, bokong, bahkan bagian lutut.

4. Squad Jumps

Merupakan gabungan antara Squad dengan Jumps atau melompat sebagai cara efektif untuk melatih daya pernafasan hingga kekuatan otot kaki.

Dilansir melalui channel Youtube HikingFex gerakan olahraga ini baik dilakukan sebelum melakukan pendakian gunung untuk beradaptasi dengan beratnya medan nanti.

5. Mountain Climbers

Dikutip dari sumber yang sama, Mountain Climber dilakukan dengan cara tengkurap yang memiliki posisi menyerupai planx.

Namun berbedanya adalah jika lengan di posisi planx akan dilekukkan namun di posisi ini lengan justru diluruskan sembari kaki bergerak kedepan dan kebelakang secara bergantian seperti tengah menaiki anak tangga sembari tengkurap.

Itulah berbagai gerakan untuk pemula dalam cabang olahraga sebelum memutuskan untuk mendaki pegunungan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #gerakan #olahraga #sebelum #memulai #pendakian #gunung #cocok #untuk #pemula #dijamin #mudah #dipraktikkan

KOMENTAR