Anak yang Tumbuh Tanpa Figur Seorang Ayah Berisiko Mengalami 4 Dampak Psikologis Ini, Salah Satunya Rentan Depresi
Dampak Psikologis Tumbuh Tanpa Ayah (Freepik)
19:38
21 September 2024

Anak yang Tumbuh Tanpa Figur Seorang Ayah Berisiko Mengalami 4 Dampak Psikologis Ini, Salah Satunya Rentan Depresi

- Dampak psikologis dari pengalaman masa kecil kita dapat berdampak besar pada diri kita di kemudian hari. Dan dalam artikel ini, kita akan membahas tentang konsekuensi psikologis dari tumbuh tanpa ayah.

Yang paling mengkhawatirkan tentang hal ini adalah pernyataan bahwa, "Tumbuh tanpa ayah dapat mengubah struktur otak secara permanen." Perhatikan kata "permanen".

Faktanya, seseorang yang hidup dengan orang tua tunggal cenderung memiliki lebih banyak kesulitan dalam hidup. Inilah yang pada akhirnya bisa mengakibatkan dampak psikologis saat dewasa.

Dilansir dari fatherlessboysfoundation.org, Sabtu (21/9), berikut 4 efek psikologis anak-anak yang tumbuh tanpa figur seorang ayah.

1. Lebih Mungkin Menjadi Agresif

Studi psikologis menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh tanpa ayah cenderung lebih agresif dan cepat marah.

Kemarahan yang terpendam ini tidak memiliki katup pelepasan yang tepat, kemarahan itu hanya menumpuk seperti monster yang terus tumbuh dalam diri seseorang.

Kemarahan akan membuat Anda berpikir dan bertindak dengan bodoh, dan itu adalah cara yang buruk untuk melepaskan energi.

Selain itu, anak-anak ini juga memiliki peluang lebih besar untuk mewariskan agresifitas mereka kepada anak-anak mereka kelak.

2. Lebih Mungkin Terkena Depresi

Remaja yang tumbuh tanpa ayah lebih rentan terhadap tekanan emosional. Depresi ini tampaknya akan merasuki setiap aspek kehidupan mereka.

Sifat introvert mereka memperbesar perasaan bahwa mereka sendirian di dunia ini, dan bahwa tidak seorang pun mungkin dapat memahami apa yang mereka rasakan.

Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkam dukungan berkelanjutan dari teman-teman sebayanya untuk membantu mereka memulihkan keseimbangan dalam hidup.

Guru-guru sekolah dan profesor juga harus turut serta berusaha keras untuk mendorong mereka agar berusaha keras dan menjadi lebih baik.

Dalam banyak hal, hidup adalah olahraga tim. Jangan takut untuk bersandar pada rekan satu tim Anda untuk mendapatkan dukungan emosional dan kepastian.

3. Lebih Rentan terhadap Harga Diri Rendah

Dampak psikologis dari tumbuh besar tanpa seorang ayah dapat menyebabkan masalah harga diri. Anak-anak ini biasanya tertutup, dan tidak pernah benar-benar membuka diri kepada orang lain.

Mereka tidak pernah bisa menjadi diri sendiri dengan teman-temannya atau siapa pun dalam lingkaran sosial mereka.

Mereka selalu merasa bahwa mereka terluka atau tidak diinginkan. Oleh karenanya, penting untuk memiliki teman di masa-masa ini.

Efek psikologis yang terjadi secara bersamaan ini memiliki cara untuk saling melengkapi, kuncinya adalah menjadi lebih sadar diri dan melawan iblis Anda secara langsung.

4. Lebih Mungkin Berprestasi Buruk di Sekolah

Tumbuh tanpa ayah dapat memengaruhi pendidikan Anda. Selama SMA, anak-anak itu mungkin kebanyakan berhenti sekolah dan tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi karena kurangnya usaha dan motivasi.

Efek psikologis negatif dari dibesarkan dalam rumah tangga dengan satu orang tua dapat menghambat Anda dalam hidup, tetapi ingatlah bahwa Anda masih punya 2 pilihan, tenggelam atau berenang. Itu sepenuhnya terserah Anda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #anak #yang #tumbuh #tanpa #figur #seorang #ayah #berisiko #mengalami #dampak #psikologis #salah #satunya #rentan #depresi

KOMENTAR