Keluar dari Zona Nyaman: 10 Tanda Anda Sedang Berkembang Menjadi Versi Terbaik Secara Pribadi Menurut Psikologi
Ilustrasi orang yang berkembang menjadi versi terbaik secara pribadi. (Pexels)
09:44
21 September 2024

Keluar dari Zona Nyaman: 10 Tanda Anda Sedang Berkembang Menjadi Versi Terbaik Secara Pribadi Menurut Psikologi

 

Keluar dari zona nyaman berarti Anda sedang dalam proses transformasi menjadi pribadi yang lebih berkembang. Berkembang untuk menjadi versi terbaik secara pribadi adalah perjuangan yang berkelanjutan.

Ini merupakan proses menemukan jati diri, membuat pilihan yang membuat Anda tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Psikologi memberikan beberapa wawasan yang dapat berguna untuk membantu kita memahami apakah perubahan yang kita lalui berada di jalur yang benar.

Dilansir dari smallbusinessbonfire.com, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda di tengah proses berkembang menjadi versi terbaik diri Anda. Berikut Jawa Pos merangkumnya, terdapat sepuluh tanda bahwa Anda sedang berkembang menjadi versi terbaik, menurut psikologi.

  1. Menerima perubahan

Salah satu tanda paling signifikan bahwa Anda sedang berkembang menjadi diri terbaik adalah sikap Anda terhadap perubahan. Perubahan, baik kecil maupun besar adalah bagian dari kehidupan.

Cara Anda menanggapinya, dengan menunjukkan banyak hal tentang pertumbuhan pribadi Anda. Psikologi menjelaskan bahwa mereka yang sedang mengembangkan diri menjadi pribadi terbaik seringkali memandang perubahan sebagai peluang, bukan ancaman.

Mereka memahami bahwa perubahan tidak dapat dihindari dan merupakan kunci pertumbuhan dan perbaikan diri. Dibanding menolak atau takut terhadap pertumbuhan, mereka justru menerimanya.

Mereka melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar, berkembang, dan menjadi lebih baik. Jika Anda merasa semakin nyaman dengan perubahan dan bahkan bersemangat, itu menandakan bahwa Anda sedang dalam perjalanan untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

  1. Mengembangkan ketahanan

Ketahanan adalah tanda lain yang jelas dari pertumbuhan pribadi. Ini adalah kemampuan untuk bangkit kembali dari kegagalan dan terus maju, tidak peduli seberapa sulit keadaan. Beberapa orang pasti pernah merasakan masa hidup yang segalanya berantakan.

Masa itu bisa saja seperti kehilangan pekerjaan, hubungan yang tidak baik dengan orang sekitar, dan berjuang melawan perasaan ragu-ragu. Namun, dibanding membiarkan kesulitan mengalir begitu saja, cobalah untuk bangkit dan melangkah maju.

Hadapilah kesulitan itu dengan mencari peluang baru, memperbaiki hubungan, dan berusaha meningkatkan value dalam diri. Meskipun itu bukan hal mudah, tetapi pengalaman sebelumnya dapat mengajarkan arti sebenarnya ketahanan.

  1. Memperbaiki diri

Perlu Anda ketahui bahwa keinginan untuk memperbaiki diri merupakan sifat alami manusia, menurut psikologi. Otak kita secara alami memprogram untuk mencari pertumbuhan dan perkembangan.

Mereka yang berusaha menjadi diri mereka yang terbaik seringkali memiliki keinginan kuat untuk belajar dan berkembang. Mereka tidak puas dengan keadaan yang sama. Sebaliknya, mereka secara aktif mencari pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman baru.

Mereka menyadari bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan dan mereka berkomitmen untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Komitmen untuk terus belajar dan memperbaiki diri adalah tanda bahwa Anda di jalur yang benar menjadi versi terbaik secara pribadi.

  1. Mengikuti intuisi

Intuisi adalah suara hati yang menuntun kita saat logika saja tidak mampu. Intuisi adalah perasaan naluri yang memberi tahu kita apa yang harus dilakukan atau bagaimana merasakan suatu situasi.

Saat Anda berkembang menjadi versi terbaik secara pribadi, Anda akan merasakan semakin selaras dengan intuisi Anda. Akan ada saat mulai merasakan lebih mempercayainya, menggunakannya sebagai panduan saat membuat Keputusan.

Ini tidak berarti Anda akan selalu membuat pilihan yang tepat. Namun, ini berarti Anda belajar untuk menjadi lebih peka dan mempercayai diri sendiri. Mendengarkan suara hati Anda akan lebih baik daripada terus meragukannya.

Jika Anda merasa intuisi memainkan peran yang lebih besar dalam hidup, itu pertanda Anda sedang berkembang menjadi pribadi terbaik. Percayalah pada insting Anda, karena insting seringkali lebih akurat daripada yang Anda kira.

  1. Mengungkapkan rasa syukur

Rasa syukur adalah kekuatan yang dahsyat karena lebih dari sekedar mengucapkan “terima kasih”. Rasa syukur adalah tentang mengenali hal-hal baik dalam hidup Anda dan menghargainya.

Saat Anda tumbuh menjadi versi terbaik dari diri Anda, akan muncul perasaan bersyukur. Anda akan mulai menghargai hal-hal kecil dalam hidup, mulai dari secangkir kopi hangat di pagi hari hingga matahari terbenam yang indah di sore hari.

Anda juga akan mulai lebih menghargai orang-orang yang hadir dalam hidup Anda. Menyadari nilai mereka dan mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran mereka yang terus memberikan dukungan dan semangat.

Jika Anda merasa lebih sering bersyukur, itu pertanda baik. Berarti Anda berfokus pada hal-hal positif dalam hidup, dan itu merupakan langkah besar untuk menjadi versi terbaik dalam diri Anda.

  1. Rasa cinta pada diri sendiri

Salah satu tanda paling nyata bahwa Anda sedang berkembang menjadi versi terbaik adalah menumbuhkan cinta pada diri sendiri. Mencintai diri sendiri berarti menerima apa adanya, dengan segala kekurangannya.

Mencintai diri sendiri berarti mengakui harga diri dan memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan dan rasa hormat. Anda mungkin mengalami hari yang keras pada diri sendiri, ketika Anda putus asa karena kesalahan dan ketidaksempurnaan.

Namun, seiring berAnda semakin mencintai diri sendiri, Anda akan menyadari bahwa hari-hari seperti itu akan semakin jarang terjadi. Sebaliknya, Anda akan mulai menghargai kekuatan Anda, merayakan keberhasilan Anda, dan memaafkan diri sendiri karena kesalahan.

Menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri tidak selalu mudah. Butuh waktu dan kesabaran. Namun, hasilnya akan sepadan karena saat Anda mencintai diri sendiri, itu akan terlihat dalam segala hal yang Anda lakukan.

Jika Anda belajar untuk lebih mencintai dan menghargai diri sendiri setiap hari, jangan patah semangat. Itu adalah proses untuk tumbuh di jalur yang tepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Melepaskan masa lalu

Melepaskan masa lalu adalah tanda utama bahwa Anda tengah berkembang menjadi pribadi yang terbaik. Ini menunjukkan bahwa Anda siap untuk melangkah maju, belajar dari pengalaman, dan menggunakannya untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih bijaksana.

Dalam proses menjadi versi terbaik, teruslah bergerak maju dan tidak terpaku pada kesalahan dan penyesalan masa lalu. Hal itu akan membuat perjalanan Anda terasa semakin sulit untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika Anda merasa lebih mudah melupakan masa lalu, itu berarti Anda membuat langkah yang besar dalam proses menuju pribadi yang lebih baik.

  1. Menerima kegagalan

Menerima kegagalan membuat Anda memandang itu sebagai Pelajaran untuk meraih kesuksesan. Anda akan memahami bahwa kesalahan adalah bagian dari perjalanan dan hal itu memberikan Pelajaran yang berharga.

Jika kebanyakan orang menganggap kegagalan adalah hal negatif. Namun, untuk menjadi versi terbaik secara pribadi, Anda mungkin mulai menyambut kegagalan karena Anda tahu bahwa setiap kegagalan membawa selangkah lebih dekat ke tujuan Anda.

Jika Anda merasa tidak takut gagal dan berani mengambil resiko, itu pertanda jelas bahwa Anda sedang berkembang menjadi pribadi terbaik.

  1. Prioritaskan perawatan diri

Perawatan diri adalah tentang menjaga Kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Ini dapat mengenali kebutuhan Anda dan mengambil langkah-langkah untuk memenuhinya. Jika Anda sedang dalam proses berkembang menjadi versi terbaik Anda, perawatan diri menjadi hal penting.

Baik itu tidur yang cukup, makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, atau meluangkan waktu untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Hal itu menjadi prioritas Anda untuk merawat diri, menunjukkan bahwa Anda menghargai diri sendiri.

  1. Hidup menjadi diri sendiri

Inti dari hidup menjadi versi terbaik adalah menjadi diri sendiri. Ini tentang bagaimana Anda menjalani hidup dengan berusaha menerima diri Anda sebenarnya. Hal ini dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, dan keyakinan Anda secara terbuka dan jujur.

Bila hidup menjadi diri sendiri, Anda tidak berusaha menyesuaikan diri dengan standar orang lain. Keaslian adalah kunci menuju pertumbuhan dan kebahagiaan secara pribadi. Mampu membimbing Anda menjadi Versi terbaik dalam diri.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #keluar #dari #zona #nyaman #tanda #anda #sedang #berkembang #menjadi #versi #terbaik #secara #pribadi #menurut #psikologi

KOMENTAR