Kok Bisa KPK Hitung Harga Tiket Private Jet Kaesang Cuma Rp90 Juta, Padahal di Website Capai 3 Kali Lipatnya
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono - ilustrasi jet pribadi (Instagram/X)
16:59
20 September 2024

Kok Bisa KPK Hitung Harga Tiket Private Jet Kaesang Cuma Rp90 Juta, Padahal di Website Capai 3 Kali Lipatnya

Polemik terkait dugaan gratifikasi jet pribadi putra bungsu Jokowi terus bergulir setelah publik menyoroti berbagai kejanggalan yang terjadi. 

Seperti diketahui, pada Selasa, 17 September 2024, Kaesang ditemani kuasa hukum Nasrullah datang ke KPK untuk berkonsultasi terkait masalah yang dialaminya.

Setelah kedatangan Kaesang, pihak KPK pun mendapat berbagai informasi yang dapat digunakan untuk mendalami dugaan gratifikasi ini.

Hanya saja, informasi yang disampaikan oleh KPK kepada publik dianggap banyak kejanggalan, termasuk perihal harga sewa jet pribadi. Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebutkan jika perkiraan harga sewa jet pribadi senilai Rp90 juta.

Baca Juga: Cara Flexing Dinilai Mirip OKB, Seberapa Kaya Keluarga Erina Gudono?

Sementara Kaesang pergi bersama tiga orang, diantaranya sang istri, kakak ipar, dan seorang staf. Sehingga harga sewa jet pribadi untuk mereka berempat adalah sebesar Rp360 juta.

"Jadi kira-kira Rp 90 juta, kalau berempat, kira-kira Rp 360 juta kalau ditetapkan milik negara," ujar Pahala.

Dari informasi yang disampaikan KPK tersebut, publik menilai tak masuk akal karena harganya cenderung sepadan dengan harga pesawat komersil.

"Kalo ke US cuma 90 juta/orang gue besok naik private jet aja kali soalnya masih lebih murah dari business class Jakarta-Los Angeles pake Singapore Airlines," komentar salah seorang warganet.

Lantas, dari rasa penasaran tersebut, publik mencoba untuk menelusuri harga sewa jet pribadi ke situs resmi.

Baca Juga: Sebulan Hilang dari Medsos, Kaesang Diejek Oza Rangkuti: HP Ketinggalan di Bea Cukai?

Berdasarkan informasi yang beredar, Kaesang dan Erina diduga kuat menggunakan jet pribadi tipe Gulfstream G650.

Sementara itu, dilansir informasi dari laman Air Charter Advisors, biaya untuk menyewa Gulfstream G650 bisa berkisar US$ 11.000-17.000 atau setara dengan Rp 169,67-262,22 juta per jamnya.

Sementara perjalanan Kaesang ke Amerika membutuhkan waktu kurang lebih 20 jam tanpa transit. Maka, biaya sewa jet pribadi tersebut seharusnya berkisar antara Rp 3,39-5,24 miliar.

Jika membandingkan harga sewa yang disampaikan oleh KPK, harusnya Kaesang dan rombongan hanya dapat mengudara kurang dari 2 jam saja.
Perbedaan harga pesawat tersebut kembali menjadi bahan obrolan warganet di media sosial.

Bahkan, ada yang mencoba untuk booking perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Los Angeles muncul perkiraan harga untuk Ultra Long Range (6-18 penumpang) sebesar US$ 216.670 atau setara dengan Rp3,38 miliar.

Kemudian, untuk layanan Heavy Jet (5-16 penumpang), biaya sewa jet pribadi dikenakan tarif sekitar US$ 190.540 atau setara dengan Rp2,97 miliar.

Dari laman resmi tersebut juga memberi informasi seputar fasilitas yang disediakan, seperti WiFi, digital audio, kabin yang lebar, AC, hingga televisi 26 inch.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #bisa #hitung #harga #tiket #private #kaesang #cuma #rp90 #juta #padahal #website #capai #kali #lipatnya

KOMENTAR