7 Tanda Anda Memberi Terlalu Banyak dan Menerima Terlalu Sedikit Balasan, Salah Satunya Merasa Tidak Dihargai
Merasa tidak dihargai adalah salah satu tanda hubungan yang tidak seimbang (freepik)
13:22
20 September 2024

7 Tanda Anda Memberi Terlalu Banyak dan Menerima Terlalu Sedikit Balasan, Salah Satunya Merasa Tidak Dihargai

– Apakah Anda mulai merasa telah mengerahkan seluruh upaya dalam hubungan Anda tetapi tidak mendapat banyak imbalan?

Pada dasarnya hubungan adalah tentang kompromi dan memberi dan menerima tetapi ketika keseimbangan terlalu condong ke satu arah. Artinya Anda merasa bahwa Anda adalah satu-satunya yang memikul beban.

Lantas apa saja tanda-tanda kalau Anda adalah sosok orang yang memikul beban sendirian dalam hubungan ?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda memberi terlalu banyak dan menerima terlalu sedikit balasan sebagaimana dilansir dari laman Hack Spirit, Jumat (20/9) sebagai berikut :

1. Anda selalu menjadi orang yang harus dihubungi

Salah satu tanda bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang memikul beban sendiri dalam hubungan adalah selalu memulai kontak dan menjadi orang yang harus dihubungi.

Entah itu mengirim pesan teks terlebih dahulu, menyarankan rencana atau menanyakan kabar mereka. Meskipun wajar untuk terkadang memimpin, jika Anda mendapati diri Anda terus-menerus menjadi orang yang mengulurkan tangan maka menunjukkan hubungan Anda tidak seimbang.

Pada dasarnya hubungan yang sehat mengharuskan kedua pasangan untuk hadir, berkomunikasi dan berinvestasi satu sama lain secara setara.

2. Anda terus-menerus mencari persetujuan mereka

Dalam menjalin hubungan tentunya Anda tidak harus mengubah diri sendiri agar dicintai atau dihargai. Artinya pasangan Anda harus menghargai Anda apa adanya bukan apa yang mereka inginkan.

Intinya Anda sudah lebih dari cukup apa adanya. Dan jika mereka tidak dapat melihatnya maka itu pertanda Anda memberi terlalu banyak dan menerima sedikit balasan.

3. Anda mengabaikan kebutuhan Anda sendiri

Tanda lain Anda memberi terlalu banyak dan menerima sedikit balasan adalah Anda mengabaikan kebutuhan Anda sendiri. Artinya Anda begitu fokus memenuhi kebutuhan pasangan hingga mengabaikan kebutuhan Anda sendiri.

Mungkin Anda melewatkan makan untuk mengurus keperluan mereka atau Anda mengorbankan waktu tidur untuk menghibur mereka saat mengobrol larut malam.

Para ahli seperti Choosing Therapy telah menyoroti pentingnya perawatan diri dengan mencatat bahwa mengutamakan kebutuhan Anda sendiri dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur dan yang terpenting adalah hubungan yang lebih bahagia.

4. Anda terus-menerus merasa terkuras secara emosional

Merasa terkuras adalah cara tubuh memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Pasalnya Anda memang berhak berada dalam hubungan yang memberi Anda nutrisi dan energi bukan hubungan yang membuat Anda merasa terkuras.

Tak hanya itu, jika emosional Anda semakin terkuras pada membuat Anda terganggu dari segi kesehatan fisik ataupun mental. Misalnya Anda menjadi lebih rentan stres atau berpikir berlebihan.

5. Anda merasa tidak dihargai

Merasa tidak dihargai adalah salah satu tanda paling jelas bahwa Anda memberi terlalu banyak dan menerima terlalu sedikit balasan.

Bila usaha Anda terus-menerus diabaikan maka hal itu dapat mengikis harga diri Anda dan membuat Anda mempertanyakan nilai Anda dalam hubungan tersebut.

Pada dasarnya setiap orang berhak merasa dihargai dan jika Anda tidak memperoleh pengakuan itu maka pertanda Anda adalah satu-satunya orang yang berjuang dalam hubungan.

6. Anda merasa bersalah ketika Anda mengutamakan diri sendiri

Tanda lain Anda terlalu banyak memberi namun sedikit menerima balasan adalah merasa bersalah ketika Anda mengutamakan diri sendiri. Pasalnya tidak masalah meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Mulai dari mengambil waktu istirahat malam untuk menikmati hobi atau berkata “tidak” pada permintaan karena Anda sudah kewalahan. Intinya Anda berhak untuk mengutamakan kebutuhan Anda.

7. Anda telah kehilangan rasa percaya diri Anda

Hal terpenting lainnya pada hubungan yang tidak seimbang adalah mudah untuk melupakan identitas Anda sendiri karena fokus Anda lebih bergeser ke arah kebutuhan dan keinginan pasangan Anda.

Anda mulai meninggalkan hobi, mengabaikan persahabatan, atau bahkan mengubah pendapat Anda hanya untuk menyesuaikan diri dengan pendapat mereka. Ini bukan hanya tentang membuat kompromi tetapi lebih kepada mengorbankan jati diri Anda. ***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tanda #anda #memberi #terlalu #banyak #menerima #terlalu #sedikit #balasan #salah #satunya #merasa #tidak #dihargai

KOMENTAR