Deretan Herbal Alami yang Bisa Lawan Asam Urat, Mulai Dari Seledri, Jahe hingga Kopi
Ilustrasi Herbal sebagai obat alami bagi penderita asam urat. (Pixabay.com/ka_re)
14:44
19 September 2024

Deretan Herbal Alami yang Bisa Lawan Asam Urat, Mulai Dari Seledri, Jahe hingga Kopi

Asam urat adalah salah satu penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab terjadinya asam urat pada tubuh manusia adalah tingginya kadar asam urat sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat. Jika penumpukan kristal asam urat sudah tinggi, maka ia akan memicu peradangan pada sendi-sendi.

Peradangan sendi akibat dari tingginya kadar asam urat kerap muncul di jari-jari kaki, pergelangan kaki, jari-jari tangan, dan lutut.

Bentuknya biasa panas, rasa nyeri, hingga pembengkakkan. Pemicu dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah karena pola hidup yang tak sehat seperti, jarang berolahraga, tidak menjaga pola makan, dan tidak menjaga berat badan ideal.

Oleh sebab itu, salah satu solusi mudah dan baik untuk lepas dari kungkungan asam urat selain mengkonsumsi obat kimia rujukkan dokter, melainkan gaya hidup sehat seperti olahraga rutin dan menjaga pola makan, khususnya hindari asupan makan yang memicu peradangan dan asam urat.

Disamping itu, kita dapat mengasup sejumlah herbal alami sebagai upaya pengobatan atau menekan kadar asam urat dalam tubuh.

Berikut deretan herbal alami untuk mengobati dan mencegah asam urat dalam tubuh, dikutip dari healthline.com, pada kamis, (19/9):

Seledri atau biji seledri

Secara tradisional, seledri adalah makanan yang kerap digunakan untuk mengobati masalah kemih. Ekstrak atau biji sayuran ini telah menjadi obat rumahan yang populer untuk mengatasi asam urat. Meski penelitian secara ilmiah tentang seledri dan bijinya masih minim, tetapi eksperimen terhadap sayuran ini sudah terdokumentasi dengan baik. Menurut riset, seledri dapat mengurangi peradangan. Jumlah seledri yang memadai untuk mengobati asam urat belum dicatat. Sebaiknya, coba makan seledri beberapa kali sehari, terutama batang seledri yang mentah, jus, ekstrak atau bijinya atau suplemen sesuai dengan anjuran medisnya.

Jahe

Jahe adalah bahan kuliner dan ramuan yang acap diresepkan untuk kondisi peradangan. Manfaat jahe untuk mengobati dan memitigasi asam urat telah teruji secara ilmiah dan terdokumentasi. Salah satu riset menemukan bahwa jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan asam urat. Riset lain menunjukkan bahwa salah satu subyek dengan kadar asam urat yang tinggi, serum asam uratnya berkurang karena jahe. Oleh sebab itu, baik mengkonsumsi jahe untuk mengobati masalah asm urat. Minum secara intens dengan merebus air dan menyeduh 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Selama sehari minum 3 cangkir per hari. Selain itu, jahe juga dapat dijadikan obat oles atau kompres di area nyeri. Oles atau waslap setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. Rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar.

Kembang Sepatu

Meski bunga taman, tetapi kembang sepatu termasuk dalam rumpun makanan dan obat herbal tradisional. Kembang sepatu adalah obat tradisional yang digunakan untuk mengatasi asam urat. Sebuah riset menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun riset ini ditujukan kepada tikus. Kita dapat mengasup kembang sepatu dalam bentuk suplemen, teh atau ekstrak, dan perhatikan petunjuknya medis dengan seksama.

Secang

Secang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Kayu secang mengandung etanol yang dapat menghambat enzim oksidae, meski senyawa ini tidak lebih efektif dari allopurinol.

Cabai Jawa

Cabai Jawa adalah salah satu herbal alami untuk menurunkan gejala asam urat, karena memiliki dampak analgesik. Herbal ini kerap digunakan untuk meredakan nyeri yang dipicu oleh penumpukan kristal asam urat. Selain itu, cabai jawa juga mengandung anti-inflamasi sehingga bermanfaat bagi orang dengan hyperuricemia.

Kopi

Percaya atau tidak, kopi adalah salah satu obat herbal asam urat. Pasalnya, kopi diperkaya dengan kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan melancarkan pembuangan asam urat lewat purin. Kopi dapat mencegah endapan asam urat yang berisiko merusak tulang dan sendi. Sebagai catatan, anda harus mengkonsumsi kopi tanpa gula. Catatan lainnya, kopi tidak disarankan kalau anda menderita GERD karena dapat memicu kenaikan asam lambung dan memicu kambuhnya GERD.

Kunyit

Kunyit lebih dari sekadar rempah kuliner, ia dapat menjadi herbal alami mengatasi asam urat. Kunyit mengandung senyawa kimia anti radang bernama curcumin. Namun, kunyit memiliki beberapa efek samping seperti meningkatkan asam lambung, diare, batu ginjal, sakit kepala, dan lain-lain. Oleh sebab itu, penderita asam urat perlu mengonsumsi kunyit secara dosis yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter atau membaca artikel kesehatan tentang dosis kunyit.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #deretan #herbal #alami #yang #bisa #lawan #asam #urat #mulai #dari #seledri #jahe #hingga #kopi

KOMENTAR