Nggak Cuma Olahraga: Intip Kebiasaan Baik di Pagi Hari untuk Turunkan Berat Badan, Konsisten adalah Kuncinya!
Ilustrasi minum air putih jadi salah satu dari 5 kebiasaan baik pagi hari turunkan berat badan (Pexels)
14:26
19 September 2024

Nggak Cuma Olahraga: Intip Kebiasaan Baik di Pagi Hari untuk Turunkan Berat Badan, Konsisten adalah Kuncinya!

- Proses menurunkan berat badan bukan hal yang mudah. Untuk beberapa orang prosesnya terasa mustahil, terutama orang-orang dengan badan yang overweight. Prosesnya yang memakan waktu lama membuat mental ikut terganggu dan kekacauan sering terjadi akibat angka penurunan yang tidak sesuai dengan harapan.

Nyatanya, orang-orang terlalu fokus pada tujuan saja hingga lupa akan proses yang perlu mereka lalui. Banyak yang terus menjalani diet ketat dan menghukum diri sendiri dengan makan yang lebih sedikit dari apa yang dibutuhkan. Hasilnya malah tidak tampak, yang terlihat hanya perasaan yang semakin sensitif akibat target tidak terpenuhi.

Nggak perlu risau. Untungnya, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat membantu untuk mencapai berat badan yang ideal. Penyesuaian kecil pada rutinitas pagi bisa menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal yang sudah susah payah digapai.

Dilansir dari thehealthcareinsights, ada 5 kebiasaan baik pagi hari turunkan berat badan, sebagai berikut.

1. Penuhi asupan cairan

Memulai pagi dengan minum segelas air putih dapat menjadi cara termudah untuk menurunkan berat badan. Minum air putih setelah bangun tidur akan membantu meningkatkan pembakaran jumlah kalori dalam tubuh.

Sebuah studi menemukan bahwa 500 ml air dapat meningkatkan laju metabolism hingga 30 persen. Tak hanya itu, studi lain menemukan bahwa wanita dengan kondisi kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan cairan hingga satu liter perhari berhasil menurunkan 2 kg dalam setahun tanpa mengubah pola makan atau rutinitas olahraga mereka.

Untuk sebagian orang, minum air putih di pagi hari dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan dalam sehari. Fakta lain menunjukkan bahwa minum 1 hingga 2 liter air perhari dapat membantu menurunkan berat badan.

Memulai pagi dengan air akan membuat tubuh terasa terhidrasi sepanjang hari. Hal ini tentu jadi langkah yang bagus untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan usaha yang minimal.

2. Lakukan mindfulness

Mindfulness adalah praktik yang sering dilakukan dalam sesi meditasi. Latihan ini melibatkan pemusatan organ tubuh pada kondisi dan keadaan saat ini yang dapat menyadarkan pikiran dan perasaan. Latihan mindfulness ini dapat membantu penurunan berat badan dengan mendorong praktik makan sehat.

Menurut sebuah penelitian, intervensi yang dilakukan dengan membawa kesadaran ini dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi kebiasaan makan yang tidak sehat. Latihan kesadaran ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Lakukan Latihan ini di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Luangkan setidaknya lima menit pertama setiap pagi untuk bersantai di tempat nyaman yang ada di rumah. Tutup mata lalu latih pernapasan hingga terhubungan dengan anggota tubuh.

3. Dapatkan sinar matahari pagi

Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan sinar matahari pagi dapat memengaruhi berat badan. Hal ini karena sinar matahari mengandung vitamin D yang bisa mendorong tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Bukalah pintu rumah dan biarkan tubuh merasakan sinar matahari langsung selama beberapa menit.

Jumlah paparan sinar matahari yang dibutuhkan tubuh tergantung pada jenis kulit, musim, dan lokasi. Namun, membiarkan sinar matahari menyentuh tubuh selama kurang lebih 15 menit setiap pagi akan memberikan efek yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Melacak asupan makanan

Jumlah makanan yang dimakan tentu akan berkaitan dengan tingkat efektivitas proses penurunan berat badan. Membuat catatan harian tentang apa yang dikonsumsi sepanjang hari dapat membuat tubuh lebih terjaga dan lebih bertanggung jawab terhadap asupan makanan yang akan dimakan.

Mencatat asupan makanan dan minuman akan membuat tubuh menjadi lebih termotivasi. Hal ini akan meningkatkan tubuh untuk terus menjaga pola makan yang sehat dan memilih makanan apa yang akan mereka konsumsi. Terutama ketika sudah menetapkan dan menghitung jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh.

Cobalah gunakan aplikasi yang dapat mencatat jumlah kalori sesuai dengan makanan yang dimakan. Dengan begitu setiap hari kamu dapat menghitung kelebihan atau kekurangan kalori yang masuk dalam tubuh.

5. Tidur yang cukup

Kekurangan waktu tidur dapat membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Hal ini terjadi ketika tidur larut malam. Kondisi tubuh yang seharusnya sudah tidur pulas tapi malah terganggu dengan rasa lapar yang datang saat tengah malam.

Gangguan tidur ini dapat meningkatkan keinginan tubuh untuk mengonsumsi makanan olahan atau makanan tinggi karbohidrat. Untuk itu, tidur yang cukup dengan waktu yang lebih awal akan mencegah keinginan makan berlebihan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #nggak #cuma #olahraga #intip #kebiasaan #baik #pagi #hari #untuk #turunkan #berat #badan #konsisten #adalah #kuncinya

KOMENTAR