6 Cara yang Dilakukan untuk Mempunyai Sikap Humble di Tempat Kerja, Salah Satunya Menerima Kritik
Ilustrasi orang humble di tempat kerja. (Sumber foto: The Statesman)
07:20
19 September 2024

6 Cara yang Dilakukan untuk Mempunyai Sikap Humble di Tempat Kerja, Salah Satunya Menerima Kritik

   Mempunyai sikap humble atau rendah hati itu berarti tidak menganggap diri sendiri lebih baik daripada orang lain. Rendah hati juga menandakan bahwa Anda sama berharganya dengan orang lain yang juga bisa membuat kesalahan.    Sikap humble dapat diterapkan dimana saja termasuk di tempat kerja. Dalam artikel ini akan memberikan enam cara untuk menjadi rendah hati di lingkungan pekerjaan yang dilansir Indeed.    1. Menerima kritik yang membangun   Pertimbangkan untuk meminta saran dari rekan kerja atau manajer tentang kinerja Anda. Selalu ingat bahwa saran yang diberikan tidak bersifat pribadi dan akan bermanfaat bagi karier Anda. Justru, manajer akan menghargai Anda tentang keterbukaan terhadap kritik yang membangun.   

  2. Terbuka untuk mempelajari sesuatu yang baru   Sebagai orang yang ingin bersikap humble di tempat kerja, Anda perlu untuk belajar sesuatu yang baru. Anda akan mencari cara yang lebih efisien dan menghemat biaya daripada sistem yang sudah ketinggalan zaman. Hal tersebut menandakan bahwa Anda lebih mengutamakan keberhasilan perusahaan di atas harga diri Anda.    3. Mengakui kesalahan   Ada kalanya Anda melakukan kesalahan yang melibatkan rekan kerja. Jika memang bersalah, Anda disarankan untuk mengakuinya dan mengambil langkah untuk memperbaikinya. Mengakui kesalahan, sebenarnya dapat membantu mengembangkan kejujuran dan integritas di tempat kerja.    4. Mendengarkan orang lain   Menjadi orang yang humble juga perlu untuk mendengarkan pendapat orang lain. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan perspektif baru dari rekan kerja sebelum mengambil keputusan.    5. Mengucapkan terima kasih  

  Menghargai kontribusi rekan kerja merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh orang-orang yang humble. Selalu ucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah membantu Anda dalam proyek besar.    Rekan kerja yang mengetahui sikap Anda akan selalu memberikan nasihat. Hal itu akan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda dan menciptakan suasana kerja yang ramah dan mendukung di kantor.    6. Perlakukan semua orang dengan adil   Orang yang humble, berarti Anda memandang semua orang sama. Dengan bersikap rendah hati, itu berarti Anda mengurangi ketidakadilan di tempat kerja. Memiliki sikap rendah hati akan membuat Anda mengetahui bahwa setiap bagian dari organisasi Anda sangat berharga. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #cara #yang #dilakukan #untuk #mempunyai #sikap #humble #tempat #kerja #salah #satunya #menerima #kritik

KOMENTAR