5 Fakta Jam Tangan Kayu Gibran Rakabuming di Debat Keempat Pilpres, Ternyata Produk Lokal Bandung
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pemaparan saat Debat Capres-Cawapres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
16:29
22 Januari 2024

5 Fakta Jam Tangan Kayu Gibran Rakabuming di Debat Keempat Pilpres, Ternyata Produk Lokal Bandung

Jam tangan Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu (21/1/2024) malam kembali menarik perhatian. Sebab Gibran Rakabuming terlihat memakai jam tangan kayu dengan model yang ciamik.

Menurut penelusuran, jam tangan kayu yang dipakai Gibran Rakabuming merupakan produk lokal karya anak bangsa. Jam tersebut pun memiliki filosofi menarik di balik desainnya yang menawan.

Penasaran dengan detail jam tangan Gibran Rakabuming? Simak selengkapnya melalui fakta jam tangan kayu Gibran Rakabuming yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Produk Lokal

Seperti disebutkan sebelumnya, jam tangan kayu Gibran Rakabuming merupakan merek jam tangan lokal. Suami Selvi Ananda itu memilih koleksi jam tangan dari merek asal Bandung, Jawa Barat bernama PALA Nusantara.

Menurut website Pemerintah Kota Bandung, PALA Nusantara didirikan oleh Ilham Pinastiko pada tahun 2017. CEO PALA Nusantara itu mendapatkan inspirasi dari perjalanannya ke beberapa pulau di Indonesia pada 2015.

Nama PALA sendiri diambil dari nama buah pala di Maluku. Di mana buah ini sangat diburu oleh bangsa Eropa pada ratusan tahun lalu.

2. Terinspirasi dari Ikan Arwana

Menurut penelusuran Suara.com, jam tangan PALA Nusantara yang dipakai Gibran adalah PALA Arwana. Sesuai namanya, jam tangan seri ini terinspirasi dari ikan arwana.

"Bentuknya yang beraneka ragam menjadi daya tarik untuk mengoleksi ikan Arwana sebagai simbol kemakmuran. PALA mengadopsi semua keunikan fauna ini ke dalam produk kami, PALA Arwana," bunyi keterangan PALA Nusantara dalam website reseminya.

3. Dibuat dari Bahan Kayu Maple dan Kulit Kerbau

Salah satu keunggulan produk PALA Nusantara terletak pada perpaduan material yang digunakan untuk jam tangan mereka. Ada yang terbuat dari kuningan, kayu, tembaga, serta produk upcycle dari limbah.

"Inovasi produk yang jadi sorotan di tahun ini adalah produk yang dari limbah karena kita menciptakan produk dari puntung rokok, ampas kopi, dan dari bioresin," kata Ilham Pinastiko dikutip dari website Pemerintah Kota Bandung.

Jam tangan PALA Arwana yang dipakai oleh Gibran Rakabuming sendiri terbuat dari kayu maple. Bahan ini digunakan untuk membuat body jam tangan. Sementara strap-nya dibuat dari bahan kulit kerbau.

4. Ada Garansi Resminya

Jam tangan PALA Nusantara juga dilindungi garansi selama satu tahun. Pembeli jam tangan ini juga akan mendapat garansi perawatan selama enam bulan dengan syarat tertentu, salah satunya kerusakaan terjadi karena kecacatan produksi, bukan kesalahan pengguna.

5. Harganya Terjangkau

Jam tangan PALA Arwana seperti yang dipakai Gibran Rakabuming dijual dengan harga normal Rp899 ribu. Tapi sekarang PALA sedang menawarkan diskon, jadi harganya turun menjadi Rp674 ribuan.

Harga jam tangan PALA Nusantara sendiri cukup terjangkau. Menurut website resminya, harga jam tangan PALA Nusantara berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp2,4 jutaan.

Demikian beberapa fakta tentang jam tangan yang dipakai Gibran Rakabuming saat debat kedua cawapres. Bagaimana pendapatmu?

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #fakta #tangan #kayu #gibran #rakabuming #debat #keempat #pilpres #ternyata #produk #lokal #bandung

KOMENTAR