8 Perilaku yang Menunjukkan Bahwa Kamu Orang Baik Tapi Mulai Lelah karena Sering Dianggap Remeh, Apa Saja Itu?
Ilustrasi orang baik yang merasa lelah. (Foto : Unsplash.com)
12:40
17 September 2024

8 Perilaku yang Menunjukkan Bahwa Kamu Orang Baik Tapi Mulai Lelah karena Sering Dianggap Remeh, Apa Saja Itu?

- Menjadi orang baik tentunya dapat memberikan kebahagiaan pada lingkungan sekitarnya dan menjadi kepuasan tersendiri ketika melakukan hal itu.

Namun, mengutip dari laman Klik Dokter, pakar kejiwaan menyebutkan bahwa orang yang bertingkah baik tak selalu bahagia sepanjang waktu. Mereka sering merasa terbebani, menahan perasaan, serta emosi yang tidak stabil.

Melansir dari laman Expert Editor, terdapat 8 perilaku yang menunjukkan bahwa kamu orang baik tapi mulai lelah karena sering dianggap remeh, diantaranya :

1. Sering Merasa Terkuras secara Emosional

Psikolog menyebut ini kelelahan emosional yang terjadi karena terlalu banyak memberi kepada orang lain dan tidak cukup untuk diri sendiri. Kamu memang memiliki hati yang baik dan itu tidak diragukan lagi, tetapi kamu juga perlu menjaga diri sendiri.

2. Mengatakan 'tidak' Menjadi Tantangan Besar

Itu seperti refleks terjadi ketika seseorang meminta bantuan, maka langsung menjawab ‘ya’ bahkan sebelum sempat memikirkannya. Tapi perlu diketahui bahwa tak apa-apa untuk mengatakan ‘tidak’.

Bahkan terkadang hal itu perlu dilakukan dan bukan berarti kamu adalah orang jahat atau tidak peduli, itu hanya berarti kamu menjaga diri sendiri.

3. Merasa Tidak Dihargai

Semua orang pasti ingin merasa dihargai untuk mengetahui bahwa usaha mereka tidak luput dari perhatian. Jika terus-menerus merasa tidak dihargai, itu jelas merupakan tanda bahwa kamu memiliki hati yang baik tetapi mulai lelah karena dianggap remeh.

4. Meminta Maaf secara Berlebihan

Meminta maaf secara berlebihan terkadang bisa menjadi tanda bahwa kamu terbiasa mendahulukan kebutuhan orang lain daripada kebutuhan diri sendiri. Kamu terbiasa memberi pada orang lain, tapi ketika tidak bisa melakukan itu akan merasa bersalah.

5. Sering Merasa Dimanfaatkan

Perasaan ini sulit dihilangkan, mereka hanya hadir saat membutuhkan bantuanmu dan kamu tidak bisa menolak itu. Tapi ketika kamu sedang membutuhkan pertolongan, mereka tidak ada.

Itu pertanda jelas bahwa kamu memiliki hati yang baik tetapi lelah karena dianggap remeh, kini saatnya untuk mulai menetapkan batasan dan menjaga diri sendiri.

6. Mulai Merasa Kesal

Rasa kesal adalah api yang membara perlahan, awalnya hanya percikan kecil, dan mungkin hampir tak terlihat. Tapi jika tidak segera diatasi, rasa kesal itu dapat membesar menjadi kobaran api yang membara.

Semakin kebaikanmu dianggap remeh, semakin besar pula rasa kesal yang muncul. Saatnya untuk mengatasi masalah ini secara langsung, demi kesejahteraan diri sendiri.

7. Orang yang Tepat untuk Diajak Bicara

Jika kamu sering menjadi orang yang dituju untuk diskusi masalah tapi mereka tidak berbuat hal yang sama, itu adalah indikasi jelas bahwa kamu memiliki hati yang baik tetapi lelah karena dianggap remeh.

8. Memiliki Naluri Pemberi

Saat orang lain meminta bantuan, naluri hatimu selalu langsung ingin memberinya tanpa berpikir matang. Sadarilah bahwa menjadi pemberi itu tak selamanya indah dan menyenangkan apalagi jika tidak dihargai, dan itu sangat melelahkan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perilaku #yang #menunjukkan #bahwa #kamu #orang #baik #tapi #mulai #lelah #karena #sering #dianggap #remeh #saja

KOMENTAR