Mengenal Tipe Kepribadian Beta Male: Laki-Laki Loveable yang Rendah Hati dan Anti Egois
Ilustrasi beta male. (Youtube/TopThink)
22:26
16 September 2024

Mengenal Tipe Kepribadian Beta Male: Laki-Laki Loveable yang Rendah Hati dan Anti Egois

–Dalam 7 tipe kepribadian laki-laki, beta male dianggap berada di peringkat kedua setelah alpha male. Beta male tak menonjol seperti tipe laki-laki alpha atau sigma istilah untuk seseorang berkarisma, mandiri, dan terkesan dingin, yang acap menjadi idaman banyak orang. 

Pernah membaca series Sherlock Holmes? Sosok Dr Watson menjadi contoh paling terkenal dalam penggambaran sosok beta male. Alih-alih berusaha ingin menjadi yang terbaik, Dr Watson justru berusaha mengantarkan rekannya, Sherlock, menjadi detektif terbaik. Inilah beta male si nomor dua yang tidak terlalu peduli jika dia tak mendapat sorotan.

Beta Male Diam-Diam Menghanyutkan

Beta male cenderung sederhana, nggak suka bersaing dan biasanya nggak minat jadi leader. Sebab, lebih nyaman berada di belakang layar dan menjadi support dari belakang.

Dilansir VeryWell Mind, Tatiana Rivera Cruz seorang terapis spesialis anxiety, depresi, dan berbagai kondisi mental, mengungkapkan, laki-laki beta cenderung ogah memimpin karena itu bukan merupakan keahliannya. Mereka biasanya memiliki sifat pasif, tapi seorang pengamat yang baik. Sifat-sifat seperti kesetiaan dan suportif melekat pada laki-laki beta sehingga cenderung menghindari konflik.

Meskipun berada di bawah bayang alpha dan sigma, beta male adalah orang yang diandalkan, kemampuannya sering kali tak diperlihatkan, tapi mampu saat diminta.

Dalam bekerja dalam tim, laki-laki beta sangat baik karena pandai berkolaborasi dengan orang-orang lain untuk mengambil suatu keputusan.

Beta Male yang Loveable

Penulis buku A Brutally Honest Dating Guide, Kathrine Chan dalam artikelnya di VeryWell Mind menuliskan jika laki-laki beta memiliki sifat-sifat yang loveable. Memiliki hubungan dengan beta male berarti memiliki pasangan yang dapat diandalkan dan kerap memiliki love language bertipe quality time, sepenuhnya ada untuk pasangan secara emosional, mental, dan fisik.

Mereka tak akan menjadi seseorang yang toxic masculinity. Perempuan juga tak perlu khawatir mengenai ego karena mereka tidak egois.

Sementara dalam pertemanan, beta male adalah orang yang hangat, tahu batasan setia, dapat dipercaya dan diandalkan.

Kekurangan Beta Male

Beta male memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya mereka sangat sulit untuk mengatakan tidak yang dapat menjerumuskannya menjadi people pleaser. Tidak kompetitif, meskipun terkesan baik untuk menghindari konflik di lain sisi, sifat ini dapat membuat sulit berkembang.

Selain itu, menurut Psikolog klinis Sabrina Romanoff beta male tak mampu menjadi seorang pemimpin. Mereka lebih memilih untuk menjadi seorang pengikut. Bagi perempuan yang butuh laki-laki pemimpin dan pelindung, beta male bukanlah pasangan yang tepat.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #mengenal #tipe #kepribadian #beta #male #laki #laki #loveable #yang #rendah #hati #anti #egois

KOMENTAR