Benarkah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Punya Paspor Ganda? PSSI Bilang Begini
Timnas Indonesia (Instagram/0ratmangoen)
17:25
13 September 2024

Benarkah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Punya Paspor Ganda? PSSI Bilang Begini

Curhatan mantan Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F Gontha berhasil memancing perhatian warganet. Peter Gontha mengunggah sebuah postingan yang berisi curhatan tentang kegalauannya akan pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Isi curhatan Peter Gontha ini menyinggung beberapa poin, termasuk pembahasan tentang pemain naturalisasi yang isunya mempunyai dua paspor.

Saya sungguh galau, saya akan posting status yang akan membuat follower saya marah, tapi tidak apa saya ambil risiko ini, karena saya mau menjaga martabat bangsa saya,” tulis Peter Gontha pada bagian awal postingannya itu.

Lebih lanjut, dalam poin kelima curhatannya, mantan Duta Besar RI ini menuliskan tentang pemain naturalisasi yang memiliki dua paspor.

Baca Juga: Senang Lihat Marselino Ferdinan Perkuat Timnas Indonesia, Pelatih Oxford United Beri Isyarat Debut?

Apakah Anda tahu bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (Saya tahu),” tulis Peter Gontha.

Peter Gontha juga menuliskan harapannya terhadap para pemain Timnas Indonesia agar berasal dari Indonesia yang telah dididik sejak dini.

Apakah menurut Anda tidak lebih baik membina pemain kita dari muda (SD sampai dengan dewasa)? (Saya rasa demikian),” ujarnya.

Semoga saya mendapat tanggapan yang baik, tidak emosional, marilah kita tidak dibohongi atau membohongi diri kita sendiri dengan keadaan persepakbolaan kita yang palsu,” imbuhnya kemudian.

Tanggapan PSSI

Baca Juga: Firman Utina Puji Taktik Shin Tae-yong: Semoga Lolos Piala Dunia 2026

Curhatan Peter Gontha ini pun memicu reaksi yang ramai dari para warganet. Banyak yang mempertanyakan apakah benar bahwa pemain naturalisasi memang memiliki paspor ganda? Isu ini pun direspon langsung oleh PSSI.

Melalui Anggota Komite Eksekutif atau EXCO PSSI, Arya Sinulingga, pihak PSSI memberikan penjelasan tentang makna paspor ganda ini. Paspor ganda yang dimaksud adalah untuk para pemain seperti Marteen Paes dan Jay Idzes yang memiliki paspor Indonesia, tetapi tidak melepas paspor Belanda milik mereka.

“Yang pasti ketika masuk Indonesia dia (para pemain naturalisasi) pakai paspornya Indonesia dan ketika keluar dari Indonesia juga pakai paspornya Indonesia. Sudahlah tidak usah buat kontroversi yang enggak benar gitu,” ujar Arya.

Kontributor : Rizky Melinda

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #benarkah #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #punya #paspor #ganda #pssi #bilang #begini

KOMENTAR