5 Makanan Pengganti Nasi yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat, Salah Satunya Kembang Kol
Ganti nasi dengan kentang (Getty Images)
20:20
12 September 2024

5 Makanan Pengganti Nasi yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat, Salah Satunya Kembang Kol

-- Nasi dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung sumber karbohidrat utama, nasi juga biasanya dikonsumsi dengan makanan lainnya.

Selain sebagai sumber energi, kandungan karbohidrat pada nasi juga perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan menaikkan berat badan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Beberapa pilihan makanan pengganti nasi dapat ditemukan dengan mudah. Berikut ini merupakan lima makanan pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Kamis (12/9).

1. Jagung

Makanan pertama yang dapat mengganti nasi, yaitu jagung karena mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B9 atau folat yang sudah dapat memenuhi 10 – 19 persen nilai harian untuk dikonsumsi.

Tak hanya itu saja, jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting untuk tubuh.

2. Kentang

Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang mungkin sudah banyak diketahui. Kentang memiliki lebih banyak nutrisi penting, seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan zat besi.

Kulit kentang juga mengandung sekitar 4 gram serat yang bisa memenuhi sekitar 15 persen kebutuhan serat harian.

Namun perlu diingat kentang sebaiknya jangan digoreng karena hanya akan menambah asupan lemak yang ada di tubuh. Kamu bisa memasak kentang dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus

3. Singkong

Makanan selanjutnya yang dapat mengganti nasi, yaitu singkong. Makan ini paling mudah ditemukan di Indonesia dan singkong dipercaya dapat mengobati dehidrasi dan kelelahan.

Singkong memiliki kandungan zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida di dalam tubuh.

Oleh karena itu, singkong harus kamu bersihkan dengan benar sebelum dikonsumsi. Hal ini agar dapat mencegah keracunan sianida.

4. Ubi

Ubi bisa menjadi alternatif yang sehat dibandingkan dengan konsumsi nasi putih. Perlu diketahui bahwa ubi yang sudah diolah mengandung sekitar 18 – 21 persen karbohidrat.

Kandungan karbohidrat pada ubi mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit gula. Ubi jalar termasuk ke dalam makanan yang kaya akan beta karoten.

Tak hanya itu saja, ubi jalar juga mengandung vitamin B6, vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat yang tinggi.

5. Kembang Kol

Makanan lain yang dapat mengganti nasi, yaitu kembang kol. Untuk mengkonsumsinya, kamu dapat memotong kembang kol menjadi kecil-kecil dan menghaluskannya di blender tanpa air, sampai bentuknya menyerupai nasi.

Nasi dari kembang kol ini hanya mengandung 25 kalori dan 5 gram karbohidrat. Selain itu, kembang kol termasuk salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan.

Itu dia informasi mengenai lima jenis makanan yang dapat mengganti nasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #makanan #pengganti #nasi #yang #dapat #memenuhi #kebutuhan #karbohidrat #salah #satunya #kembang

KOMENTAR