7 Kebiasaan Kecil yang Menunjukkan Bahwa Anda Tidak Cukup Mencintai Diri Sendiri, Apa Saja?
Ilustrasi kebiasaan yang menunjukkan tidak mencintai diri sendiri (Freepik/rawpixel.com)
11:06
10 September 2024

7 Kebiasaan Kecil yang Menunjukkan Bahwa Anda Tidak Cukup Mencintai Diri Sendiri, Apa Saja?

Sangat mudah untuk terjebak dalam kesibukan sehari-hari, berfokus pada pekerjaan, hubungan, dan daftar tugas yang tak ada habisnya.

Tanda kita tidak cukup mencintai diri sendiri begitu halus, sehingga luput dari perhatian. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang hampir tidak kita sadari, ternyata dapat mengungkapkan bagaimana perasaan kita sebenarnya terhadap diri sendiri.

Dilansir JawaPos.com dari laman Ideapod pada Selasa (10/9), berikut tujuh perilaku kecil namun nyata yang dapat menunjukkan bahwa Anda tidak cukup mencintai diri Anda sendiri.

1. Anda selalu mengutamakan kebutuhan orang lain dibandingkan kebutuhan Anda sendiri

Kita tahu pentingnya berada di dekat orang lain dan mengulurkan tangan untuk menolong.

Namun, jika ini menjadi kebiasaan terus-menerus dan Anda mendapati diri Anda selalu memprioritaskan orang lain daripada diri sendiri, ini merupakan tanda pengabaian diri.

2. Anda selalu berusaha untuk mencapai kesempurnaan

Dalam dunia yang sering menghargai kesempurnaan, hal ini mungkin tampak seperti sifat yang positif.

Namun, pengejaran kesempurnaan yang tak kenal lelah sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak cukup mencintai diri sendiri.

3. Anda terlalu bergantung pada orang lain untuk validasi

Kita semua mencari validasi dan persetujuan dari orang-orang di sekitar kita. Namun, bila Anda mendapati diri Anda terus-menerus membutuhkan orang lain untuk memvalidasi harga diri Anda, ini merupakan tanda bahwa Anda tidak cukup mencintai diri sendiri.

4. Anda mengabaikan perasaan Anda

Perasaan adalah cara tubuh kita berkomunikasi dengan kita. Perasaan adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam diri kita dan di sekitar kita.

Bila Anda terus-menerus mengabaikan atau menekan perasaan Anda, pada dasarnya Anda mengatakan kepada diri sendiri bahwa pengalaman Anda tidak penting.

5. Anda terus-menerus mengkritik diri sendiri

Kita semua punya kritikus batin, ini adalah suara kecil di kepala kita yang menunjukkan kelemahan dan kesalahan kita.

Namun ketika suara ini menjadi teman setia Anda, ini pertanda Anda tidak cukup mencintai diri sendiri.

6. Anda tidak menetapkan batasan

Batasan merupakan bagian penting dari perawatan diri dan cinta diri. Batasan mengomunikasikan kepada orang lain, dan kepada diri kita sendiri, apa yang akan kita terima dan apa yang tidak.

Menetapkan batasan berarti menghargai diri sendiri. Ini tentang memahami bahwa waktu, energi, dan perasaan Anda berharga dan harus diperlakukan seperti itu.

7. Anda tidak menjaga kesehatan fisik Anda

Mencintai diri sendiri bukan hanya tentang kesejahteraan emosional Anda, tetapi juga tentang menjaga kesehatan fisik Anda.

Bila Anda mengabaikan tubuh Anda, entah karena pola makan yang buruk, kurang olahraga, atau kurang tidur, itu tandanya Anda tidak cukup mencintai diri sendiri.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #kecil #yang #menunjukkan #bahwa #anda #tidak #cukup #mencintai #diri #sendiri #saja

KOMENTAR