Meskipun Cukup Santai dan Menyenangkan, Inilah 4 Cara Menjaga Batasan antara Rumah dan Pekerjaan Saat Kamu WFH Agar Tetap Produktif
Ilustrasi orang yang sedang wfh./(freepik.com/freepik)
09:36
9 September 2024

Meskipun Cukup Santai dan Menyenangkan, Inilah 4 Cara Menjaga Batasan antara Rumah dan Pekerjaan Saat Kamu WFH Agar Tetap Produktif

Dampak dari pandemi covid-19 di 2019 silam, kini beberapa perusahaan terus meenerapkan sistem kerja WFH (Work From Home).

Dampak positif dari sistem kerja WFH ini dapat mengurangi tingkat polusi kendaraan di kota-kota besar, hemat biaya transportasi, cenderung lebih nyaman karena bisa bekerja dari rumah, dan sebagainya.

Namun, selain dari keuntungan WFH tersebut, akan memengaruhi tingkat produktivitas seseorang sebab dinilai bisa merasa bebas karena tidak langsung dipantau oleh atasan, sehingga mampu melakukan hal apapun di rumah.

Agar tetap produktif, melansir dari laman Psychology Today, ada 4 cara menjaga batasan antara rumah dan pekerjaan saar kamu WFH, diantaranya adalah :

1. Physical Tactics

Menggunakan ruang kerja khusus di rumah, menggunakan perangkat terpisah (seperti ponsel, tablet, atau laptop) antara kepentingan untuk bekerja dan aktivitas pribadi.

Cara ini mampu mengurangi distraksi dari orang rumah lainnya yang sama-sama sedang bekerja, atau anak yang sedang bermain.

Sehingga saat kamu meeting online dengan client atau rekan kerja lainnya bisa lebih fokus.

2. Behavioral Tactics

Hindarilah memeriksa email, pesan, atau panggilan terkait pekerjaan selama waktu pribadi, serta pisahkan antara nomor pribadi dan pekerjaan agar tidak mudah terganggu oleh rekan kerja untuk mendiskusikan masalah terkait pekerjaan.

3. Temporal Tactics

Menetapkan waktu di kalendermu mengenai target harus memulai dan target untuk menyelesaikan pekerjaan, menggunakan sistem pencatatan ini mampu memantau waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan.

Kemudian agar memberikan trigger dalam penyelesaiannya, jadi tidak ada waktu untuk bersantai selagi belum selesai.

4. Comunicative Tactics

Berbagi jadwal kerjamu dengan anggota tim, bawahan, atau supervisor sehingga mereka tahu kapan kamu tidak bekerja, mengomunikasikan pandanganmu tentang cara menangani keadaan darurat selama cuti atau sakit.

Menerapkan taktik batasan ini dapat membantu pekerja mempertahankan manfaat kerja jarak jauh sekaligus meningkatkan produktivitas dan keseimbangan kehidupan kerja atau yang sering disebut work-life balance.

Mengutip dari laman Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, kedisiplinan diri saat WFH untuk mengontrol aktivitas baru di rumah dan bekerja penting untuk dilakukan agar diri kita tetap sehat secara mental.

Setiap orang dapat merubah kehidupannya menjadi lebih baik dengan adanya disiplin diri atau kontrol diri yang bersumber dari willpower.

Willpower atau tekad adalah energi untuk disiplin diri, membantu kita menahan hal-hal yang bisa menggoda untuk mencapai tujuan.

Menilai bahwa bekerja dari rumah banyak mengalami godaan seperti ingin tidur, menonton film, atau makan-makan. Karena jika langsung kerja di kantor kita tidak bisa bebas melakukan itu semua.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #meskipun #cukup #santai #menyenangkan #inilah #cara #menjaga #batasan #antara #rumah #pekerjaan #saat #kamu #agar #tetap #produktif

KOMENTAR