Ini yang Bakal Terjadi Jika Nana Mirdad Langsung Asuh Bayi Terlantar dan Tak Serahkan ke Pihak Terkait
Nana Mirdad temukan bayi baru lahir di dekat rumahnya (Instagram)
11:49
21 Januari 2024

Ini yang Bakal Terjadi Jika Nana Mirdad Langsung Asuh Bayi Terlantar dan Tak Serahkan ke Pihak Terkait

Tindakan Nana Mirdad dan Andre White untuk menyerahkan bayi yang dia temukan di semak-semak dekat rumah ke Dinas Sosial memang telah tepat. Meski sempat terenyuh dengan nasib malang sang bayi, pasangan suami istri itu tidak boleh langsung mengasuh anak tersebut. 

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dian Sasmita mengatakan, apabila bayi temuan langsung diasuh begitu saja, justru Nana Mirdad dan Andrew White bisa jadi melajukan tindakan adopsi ilegal.

"Saya rasa tindakan dari Nana Mirdad sudah sangat tepat sekali dan kita perlu apresiasinya. Karena di luar sana masih banyak juga orang-orang yang tidak paham kemudian langsung mengasuh, ini nanti terindikasi dengan proses adopsi ilegal," kata Dian saat dihubungi suara.com, Minggu (21/1/2024).

Nana Mirdad temukan bayi yang dibuang di dekat rumahnya (Instagram/nanamirdad_)Nana Mirdad temukan bayi yang dibuang di dekat rumahnya (Instagram/nanamirdad_)

Menyerahkan bayi ke Dinas Sosial juga untuk kepentingan anak temuan tersebut, lanjut Dian. Sebab, bayi yang ditemukan Nana Mirdad dan Andrew White kondisinya benar-benar nampak baru lahir, sehingga tidak ada identitas apa pun yang melekat.

Oleh sebab itu, masih perlu tindakan Dinas Sosial bersama polisi untuk melacak identitas dari orang tua kandung sang bayi. Selain itu, ada mekanisme khusus bila ingin adopsi anak tanpa identitas tersebut. 

"Jika ada orang tua yang menginginkan untuk adopsi, Dinas Sosial sudah punya prosedurnya. Ada proses assesment dari pekerja sosial terkait dengan kemampuan calon adopter," ujarnya.

Berbagai proses itu yang harus dilalui oleh Nana Mirdad dan Andrew White bila memang ingin menjadi orang tua asuh dari bayi temuan mereka. 

"Kalau mau adopsi legal, ikuti proses Dinas Sosial kemudian kita tunggu juga proses di kepolisian. Namun, selama berada di Dinas Sosial, bila calon adopter ingin tetap berinteraksi pastinya dipersilakan," pungkas Dian.

Sebelumnya, Nana Mirdad membagikan lewat postingannya di Instagram story mengenai temuan bayi baru lahir itu. Bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh asisten rumah tangganya (ART). Kakak artis Naysila Mirdad itu menduga bayi tersebut baru lahir karena tali pusarnya masih menempel di perut.

Kondisi bayi sangat memprihatinkan ketika ditemukan karena dalam kondisi tak memakai baju maupun alas. Padahal di sekitar rumahnya banyak hewan liar berkeliaran, seperti anjing dan ular piton. Begitu diberi tahu oleh ART, Nana Mirdad langsung membawanya ke rumah sakit untuk diselamatkan.

"Bayi ini beruntung sekali masih selamat. Saat bayi ini dibawa ke rumah, kulitnya mulai membiru," tulis istri Andrew White itu pada Sabtu (20/1/2024).

Perempuan 38 tahun itu juga mengatakan bahwa bayi tersebut sudah diperiksa di UGD. Dia bersyukur, bayi tersebut mampu bertahan dan dalam kondisi sehat setelah mendapat perawatan di rumah sakit. Nana Mirdad berharap ibu kandung dari bayi tersebut membaca Instagram Story miliknya. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #yang #bakal #terjadi #jika #nana #mirdad #langsung #asuh #bayi #terlantar #serahkan #pihak #terkait

KOMENTAR