Prancis dan Negara-negara Arab Kecam Provokasi Ben-Gvir yang Menyerbu ke Kompleks Masjid Al-Aqsa
Kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada hari Minggu (21/5/2023). 
13:10
14 Agustus 2024

Prancis dan Negara-negara Arab Kecam Provokasi Ben-Gvir yang Menyerbu ke Kompleks Masjid Al-Aqsa

Pemerintah Prancis mengecam kunjungan Menteri Keamanan Israel Itamar Ben-Gvir ke kompleks masjid Al-Aqsa pada hari Selasa, dengan mengatakan tindakan itu melanggar status quo bersejarah tempat-tempat suci di Yerusalem.

"Provokasi baru ini tidak dapat diterima. Prancis meminta pemerintah Israel untuk mengambil semua langkah yang diperlukan guna memastikan penghormatan terhadap status quo bersejarah tempat-tempat suci di Yerusalem," kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan.

Ben-Gvir mengatakan pada hari Selasa bahwa orang Yahudi harus diizinkan untuk berdoa di kompleks masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount, meluncurkan tantangan baru terhadap aturan yang mencakup salah satu situs paling sensitif di Timur Tengah.

Negara-negara Arab Mengutuk Ben Gvir

Kecaman mengalir dari seluruh dunia Arab menyusul serangan oleh menteri Israel dan pemukim ilegal ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang Diduduki, Anadolu Agency melaporkan.

Lebih dari 2.200 pemukim ilegal memaksa masuk ke lokasi titik api pada hari Selasa untuk memperingati Tisha B'Av, hari puasa tahunan Yahudi yang menandai terjadinya beberapa bencana dalam sejarah Yahudi.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, dan Menteri Negev, Galilea, dan Ketahanan Nasional, Yitzhak Wasserlauf, termasuk di antara para penyusup.

Yordania mengecam serangan pemukim tersebut sebagai “pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional dan status historis dan hukum Yerusalem”.

Kementerian Luar Negeri menegaskan kembali bahwa Masjid Al-Aqsa adalah “tempat ibadah Muslim murni,” dan menyerukan tindakan internasional yang tegas “untuk mengutuk pelanggaran dan penyimpangan ini, dan memberikan perlindungan yang diperlukan bagi rakyat Palestina mengingat agresi berkelanjutan pemerintah Israel terhadap Jalur Gaza dan Tepi Barat.”

Kementerian Luar Negeri Mesir meminta masyarakat internasional untuk campur tangan guna menghentikan pelanggaran Israel terhadap Masjid Al-Aqsa.

"Tindakan yang tidak bertanggung jawab dan provokatif ini merupakan pelanggaran hukum internasional dan status quo historis dan hukum di Yerusalem, yang mengharuskan upaya untuk segera menghentikan tindakan ini dan berkomitmen untuk menjaga status quo hukum (di Al-Aqsa)," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengecam serangan pemukim ilegal tersebut sebagai “pelanggaran terang-terangan” dan menekankan pentingnya menghormati kesucian agama.

Ia menyerukan kepada dunia untuk bertanggung jawab dalam menghentikan “pelanggaran terus-menerus Israel terhadap hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan”, menekankan bahwa provokasi ini “mengancam akan memperburuk ketegangan dan menyinggung jutaan Muslim di seluruh dunia.”

Demikian pula, Kementerian Luar Negeri Qatar mengutuk keras serangan yang dilakukan oleh menteri Israel dan pemukim ilegal sebagai “tindakan provokatif dan pelanggaran berat terhadap hukum internasional”.

"Upaya berulang-ulang untuk merusak status keagamaan dan sejarah Masjid Al-Aqsa tidak hanya merupakan serangan terhadap warga Palestina, tetapi juga terhadap jutaan umat Muslim di seluruh dunia," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut serangan pemukim tersebut sebagai contoh terkini penargetan Israel terhadap Yerusalem dan tempat-tempat suci Islam dan Kristen di dalamnya.

Kelompok Perlawanan Palestina, Hamas, menyebut serangan pemukim ke Masjid Al-Aqsa sebagai “provokasi sentimen Muslim”.

“Pembantaian Israel di Gaza, pembunuhan di Tepi Barat, pelanggaran sistematis di Yerusalem dan Al-Aqsa, dan upaya untuk melakukan Yahudisasi telah menambah panasnya api di wilayah tersebut dan menimbulkan ancaman langsung terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional,” tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam. Umat Yahudi menyebut area tersebut sebagai Temple Mount, yang diyakini sebagai lokasi dua kuil Yahudi kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel tahun 1967. Pada tahun 1980, Israel mencaplok seluruh kota, sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Tentara Israel telah menewaskan hampir 40.000 orang dalam serangan mematikan di Jalur Gaza sejak 7 Oktober lalu, menyusul serangan Hamas meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Menlu AS Antony Blinken Desak Netanyahu Cegah Tindakan Provokatif Menteri Ben Gvir di Masjid Al-Aqsa

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Selasa mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mencegah "tindakan provokatif" lebih lanjut setelah seorang menteri sayap kanan memimpin salat di kompleks masjid Al-Aqsa.

Dalam pernyataan tegasnya setelah juru bicaranya menyampaikan kritik, Blinken mengatakan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir menunjukkan “pengabaian yang mencolok” terhadap status quo di situs suci bagi umat Yahudi dan Muslim tersebut.

"Kantor Perdana Menteri Netanyahu telah menjelaskan bahwa tindakan Menteri Ben Gvir tidak sejalan dengan kebijakan Israel. Kami akan meminta pemerintah Israel untuk mencegah insiden serupa di masa mendatang," kata Blinken.

"Tindakan provokatif ini hanya memperburuk ketegangan di saat yang krusial ketika semua fokus seharusnya tertuju pada upaya diplomatik yang sedang berlangsung untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan mengamankan pembebasan semua sandera serta menciptakan kondisi untuk stabilitas regional yang lebih luas," katanya.

Pernyataannya itu muncul beberapa hari setelah Gedung Putih menggunakan bahasa kasar untuk mengecam anggota kabinet Netanyahu dari sayap kanan lainnya, Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, yang mengkritik dorongan Presiden Joe Biden untuk gencatan senjata di Gaza.


Arab Saudi Kecam Penyerbuan Al-Aqsa oleh Ben Gvir

Arab Saudi mengutuk penyerbuan Masjid Al-Aqsa dan menegaskan kembali seruannya untuk menghormati status quo historis Yerusalem.

“Kerajaan mengutuk dengan kata-kata yang paling keras penyerbuan yang mencolok dan terus-menerus terhadap Masjid Al-Aqsa oleh pejabat pendudukan dan pemukim Israel,” kata kementerian luar negeri Arab Saudi pada Selasa (13/8/2024).

Ia juga menekankan pentingnya menghormati kesucian agama dan memperingatkan terhadap konsekuensi dari “pelanggaran berkelanjutan terhadap hukum internasional dan status quo historis Yerusalem serta provokasi jutaan Muslim di seluruh dunia.”

Kementerian tersebut menegaskan kembali seruannya kepada masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dalam mengakhiri “pelanggaran berkelanjutan Israel ini.”

Sebelumnya pada hari Selasa, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir memimpin ratusan orang Israel ke kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur yang dianeksasi dan melakukan salat untuk memperingati hari raya Yahudi.

Kompleks tersebut merupakan situs tersuci ketiga bagi umat Islam dan simbol identitas nasional Palestina, tetapi juga merupakan tempat tersuci bagi umat Yahudi, yang dihormati sebagai situs kuil kuno yang dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 M.

Sementara orang Yahudi dan non-Muslim lainnya diizinkan untuk mengunjungi kompleks masjid di Yerusalem timur yang dianeksasi Israel selama jam-jam tertentu, mereka tidak diizinkan untuk berdoa atau memperlihatkan simbol-simbol keagamaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pembatasan tersebut semakin dilanggar oleh kaum nasionalis garis keras seperti Ben-Gvir, yang terkadang memicu reaksi keras dari warga Palestina.

Kementerian luar negeri Yordania juga mengutuk "penyerbuan" masjid tersebut, menyebutnya sebagai "pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional."

"Pelanggaran terus-menerus terhadap status quo historis dan hukum di Yerusalem dan kesuciannya memerlukan posisi internasional yang jelas dan tegas yang mengutuk pelanggaran ini," kata juru bicara kementerian Sufyan al-Qudah dalam sebuah pernyataan.

Masuknya ke kompleks Al-Aqsa pada hari Selasa bertepatan dengan hari berkabung Yahudi Tisha Be'Av yang memperingati penghancuran kuil kuno tersebut.

Bulan lalu, Ben-Gvir, yang dikenal dengan gerakan provokatifnya, mengatakan bahwa ia telah berdoa di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa, menentang aturan lama yang mengizinkan kunjungan orang Yahudi tetapi melarang doa.


AS Juga Turut Kecam Ben Gvir

AS turut mengecam Itamar Ben Gvir karena memimpin doa orang-orang Yahudi di Masjid Al-Aqsa, upaya Ben Gvir itu dianggap merusak upaya perundingan menuju Gencatan Senjata.

Amerika Serikat pada hari Selasa mengecam menteri keamanan nasional sayap kanan Israel Itamar Ben Gvir karena memimpin doa di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Dan Amerika Serikat juga mengatakan Ben Gvir telah merusak upaya perundingan menuju gencatan senjata di Gaza.

"Amerika Serikat berdiri teguh dalam upaya mempertahankan status quo bersejarah terkait situs-situs suci Yerusalem dan tindakan sepihak apa pun, yang membahayakan status quo tersebut, tidak dapat diterima," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel kepada wartawan.

"Hal ini tidak hanya tidak dapat diterima, tetapi juga mengalihkan perhatian dari apa yang kami anggap sebagai waktu penting, saat kita tengah berupaya untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata ini," katanya, mengacu pada dorongan yang dipimpin AS untuk mengadakan pembicaraan pada hari Kamis guna menghentikan perang Israel-Hamas.

Itamar Ben Gvir, salah satu menteri sayap kanan dalam koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, memimpin ratusan warga Israel ke kompleks Masjid Al-Aqsa pada hari Selasa untuk memperingati hari libur Yahudi.

Kunjungan tersebut melanggar aturan di Yerusalem timur yang dianeksasi Israel yang mengizinkan orang Yahudi dan non-Muslim lainnya untuk mengunjungi kompleks masjid tetapi tidak untuk berdoa atau menampilkan simbol-simbol keagamaan.

Masjid ini merupakan tempat tersuci ketiga bagi umat Islam, tetapi kompleks ini juga merupakan tempat tersuci bagi umat Yahudi, dihormati sebagai situs kuil kuno yang dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 M.

Pimpin Ratusan Pemukim Israel Menyerbu ke Masjid Al-Aqsa

Menteri Israel, Itamar Ben Gvir memimpin ratusan pemukim Yahudi menyerbu masuk ke Masjid Al-Aqsa dengan perlindungan polisi.

Sedangkan Jamaah Palestina dilarang memasuki kompleks tersebut ketika Ben Gvir dan menteri pemerintah lainnya menyerbu tempat suci tersebut di bawah perlindungan polisi.

Ratusan pemukim Israel, termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir, menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki pada 13 Agustus, ditemani oleh pasukan pelindung polisi Israel.

Menteri Israel Urusan Negev dan Galilea Yitzhak Wasserlauf dan sekelompok besar pemukim juga menemani Ben Gvir.

"Ben Gvir dan Wasserlauf menyerbu Masjid Al-Aqsa dari Gerbang Maghribi, dan berkeliling di halaman timur, ditemani oleh sejumlah besar polisi pendudukan," sumber lokal mengatakan kepada kantor berita Palestina WAFA, seraya menambahkan bahwa polisi membatasi masuknya jamaah saat kedua menteri Israel tersebut memasuki tempat suci tersebut.

Ini adalah serangan keenam Ben Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa sejak pemerintahan Benjamin Netanyahu berkuasa pada tahun 2022.

Serangannya yang berulang kali ke tempat suci tersebut sangat provokatif dan berkontribusi terhadap meningkatnya ketegangan di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki selama dua tahun terakhir.

“Kita berada di Tisha B'Av, Temple Mount, untuk memperingati penghancuran Bait Suci. Namun, perlu dikatakan dengan tulus: ada kemajuan yang sangat signifikan di sini dalam tata kelola, dalam kedaulatan. Seperti yang telah saya katakan, kebijakan kita adalah memungkinkan doa,” kata Ben Gvir dari dalam kompleks, yang diserbunya untuk memperingati hari raya Tisha B'Av.

Beberapa pejabat Israel, termasuk pemimpin oposisi dan Netanyahu sendiri, mengkritik penyerbuan Ben Gvir.

Netanyahu mengatakan bahwa menteri keamanan nasionalnya tidak berwenang untuk "menetapkan kebijakan di Temple Mount," seraya menambahkan bahwa penyerbuannya melanggar status quo situs tersebut.

Yang lain, termasuk pemimpin oposisi Yair Lapid, mengatakan penyerbuan situs tersebut membahayakan keamanan Israel.

Penggalian Israel di bawah Masjid Al-Aqsa yang berlatar belakang agama dan sejarah – yang ilegal dan berbahaya – telah meningkat secara signifikan sejak Ben Gvir menjabat di bawah pemerintahan Netanyahu pada tahun 2022.

Hampir 2.000 pemukim menyerbu lokasi tersebut pada hari Selasa dan melakukan ritual Talmud, menurut Kementerian Wakaf Islam.

“Pasukan pendudukan menghalangi masuknya jamaah ke halaman Masjid Al-Aqsa dan mengerahkan pasukan besar di gerbangnya untuk memudahkan penjajah menyerbu tempat suci itu … Bersamaan dengan penyerbuan itu, polisi Israel mengubah Kota Tua Yerusalem menjadi zona militer yang dijaga ketat,” lapor WAFA.

Pemukim Israel juga mencabut puluhan pohon zaitun di sebelah timur Tulkarem, di Tepi Barat yang diduduki, pada 13 Agustus.

Kekerasan oleh pasukan dan pemukim Israel di Tepi Barat telah meningkat secara signifikan sejak 7 Oktober.

Minggu lalu, lebih dari 10 warga Palestina dibunuh oleh pasukan Israel di Tepi Barat dan Yerusalem dalam waktu 24 jam.

Lebih dari 600 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat sejak dimulainya perang Israel di Gaza.

Ben Gvir Memicu Kemarahan

Desakan Itamar Ben Gvir agar arang Yahudi berdoa di Masjid Al-Aqsa telah memicu kemarahan tidak hanya di Israel tapi juga dari luar Israel.

Tokoh garis keras Israel Itamar Ben-Gvir mengatakan pada hari Selasa bahwa orang Yahudi harus diizinkan untuk berdoa di kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount, yang memicu tantangan baru terhadap peraturan yang mencakup salah satu situs paling sensitif di Timur Tengah.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan cepat membantah akan ada perubahan pada peraturan yang melarang orang Yahudi untuk berdoa di situs tersebut, yang merupakan tempat suci bagi umat Muslim dan Yahudi, dan menegur Ben-Gvir, menteri keamanan nasional.

"Tidak ada kebijakan pribadi dari menteri mana pun di Temple Mount - baik Menteri Keamanan Nasional maupun menteri lainnya," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan, yang dikeluarkan sehari setelah perdana menteri mengeluarkan teguran terpisah kepada Menteri Pertahanan Yoav Gallant atas perbedaan kebijakan.

Pernyataan tersebut, selama kunjungan ke kompleks tersebut untuk menandai hari berkabung bagi orang Yahudi atas penghancuran kuil-kuil kuno, muncul pada saat yang sangat sensitif, dengan perang di Gaza yang berisiko meningkat menjadi konflik yang lebih luas, yang berpotensi melibatkan Iran dan proksi regionalnya.

Kompleks Al-Aqsa, yang dihormati oleh orang Yahudi sebagai peninggalan dari dua kuil kuno mereka, dikelola oleh yayasan keagamaan Yordania dan berdasarkan peraturan yang berlaku selama beberapa dekade, orang Yahudi diizinkan untuk berkunjung, tetapi tidak boleh berdoa di sana.

“Kebijakan kami adalah mengizinkan doa,” kata Ben-Gvir saat ia melewati barisan pengunjung Yahudi yang bersujud di tanah, sementara yang lain bernyanyi dan bertepuk tangan untuk merayakannya. Waqf, yayasan yang mengelola situs tersebut, mengatakan sekitar 2.250 orang Yahudi memasuki situs tersebut pada hari Selasa.

Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam kunjungan Ben-Gvir sebagai “provokasi” dan meminta Amerika Serikat untuk campur tangan “jika ingin mencegah wilayah tersebut meledak dengan cara yang tidak terkendali.”

Ben-Gvir, kepala salah satu partai nasionalis-religius dalam koalisi sayap kanan Netanyahu, telah berulang kali berselisih dengan menteri lain atas seruannya untuk mengizinkan doa di kompleks tersebut, yang telah menjadi pemicu konflik berulang dengan Palestina selama bertahun-tahun.

Moshe Gafni, kepala United Torah Judaism, salah satu partai agama dalam pemerintahan, mengkritik kunjungan Ben-Gvir ke kompleks tersebut, yang menurut banyak orang Yahudi Ortodoks merupakan tempat yang terlalu sakral untuk dimasuki orang Yahudi.

"Kerusakan yang ditimbulkannya pada orang-orang Yahudi tidak tertahankan, dan itu juga menimbulkan kebencian yang tidak berdasar pada hari penghancuran Bait Suci," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pertengkaran Antarmenteri Israel

Pertengkaran antara para menteri itu sekali lagi menyingkapkan perpecahan yang telah menjadi ciri koalisi Netanyahu sejak berkuasa pada akhir tahun 2022.

Pada hari Senin, Benjamin Netanyahu menegur Yoav Gallant setelah menteri itu dikutip dalam pers Israel yang menolak sebagai "omong kosong" tujuan Netanyahu yang sering diulang-ulang untuk "kemenangan total" dalam perang dengan gerakan Hamas di Gaza, yang sekarang memasuki bulan ke-11.

Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, kepala partai nasionalis-religius lainnya, telah berulang kali berselisih dengan Gallant atas berbagai masalah mulai dari pelaksanaan perang di Gaza hingga kebijakan mengenai Tepi Barat yang diduduki dan langkah-langkah untuk mengekang kekuasaan pengadilan.

Namun, sejauh ini, kalkulasi elektoral telah menjaga koalisi tetap bersatu, sementara Gallant telah bertekad untuk tetap berada di pemerintahan untuk bertindak sebagai penyeimbang bagi blok agama nasionalis.

Pada hari Selasa, Ben-Gvir mengulangi seruannya untuk kemenangan akhir di Gaza, dengan mengatakan bahwa tujuan perang harus mengalahkan Hamas, dan “menundukkan mereka.”

SUMBER: Al Arabiya, MIDDLE EAST MONITOR, THE CRADLE

Tag:  #prancis #negara #negara #arab #kecam #provokasi #gvir #yang #menyerbu #kompleks #masjid #aqsa

KOMENTAR