Fakta Baru Penembakan Donald Trump, Pelaku Sempat Cari Informasi Detail Pembunuhan John F Kennedy
Thomas Matthew Crooks (youtube)
16:52
25 Juli 2024

Fakta Baru Penembakan Donald Trump, Pelaku Sempat Cari Informasi Detail Pembunuhan John F Kennedy

Ada fakta baru dalam kasus penembakan Donald Trump saat mantan Presiden Amerika Serikat itu melakukan kampanye terbuka beberapa waktu lalu.

Ternyata pria bersenjata yang berusaha membuhun Donald Trump pada rapat umum kampanye sempat mencari informasi detail terkait pembunuhan atau penembakan presiden AS John F. Kennedy pada November 1963 lalu.

Informasi itu disampaikan kepada media NDTV dikutip Kamis (25/7/2024), oleh direktur FBI. Menurutnya, fakta itu terungkap setelah dicari beberapa hari sebelum serangan.

Kepala FBI Christopher Wray, memberikan kesaksian di depan komite kongres, mengatakan pria bersenjata itu menerbangkan drone di atas tempat di mana mantan presiden tersebut dijadwalkan untuk berbicara sekitar dua jam sebelum dia tampil di Butler, Pennsylvania, pada 13 Juli.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pria Jepang yang Hidup Hemat Gara-gara Tekanan dari Pekerjaan

Wray mengatakan kepada anggota Komite Kehakiman DPR bahwa para penyelidik belum mengetahui motif penembakan tersebut.

"Kami sedang menggali lebih dalam karena ini adalah salah satu pertanyaan utama bagi kami," katanya.

Trump selamat dari upaya pembunuhan tersebut, menderita luka di telinga kanannya, dan seorang penembak jitu Dinas Rahasia menembak mati tersangka pria bersenjata bernama Thomas Matthew Crooks yang berusia 20 tahun kurang dari 30 detik setelah dia melepaskan delapan tembakan.

“Sehubungan dengan mantan presiden Trump, ada beberapa pertanyaan apakah peluru atau pecahan peluru yang mengenai telinganya atau tidak,” kata kepala FBI Wray.

Dua peserta rapat umum terluka parah dan seorang petugas pemadam kebakaran Pennsylvania berusia 50 tahun ditembak mati.

Baca Juga: Tlaib: Pidato Netanyahu di Kongres AS Gambarkan Penjahat Perang Yang Sadis

Donald Trump ditembak saat berpidato di Pennsylvania, Sabtu (13/07/2024) (Twitter/DonaldTNews)Donald Trump ditembak saat berpidato di Pennsylvania, Sabtu (13/07/2024) (Twitter/DonaldTNews)

Wray mengatakan Crooks tampaknya telah melakukan banyak penelusuran terhadap tokoh masyarakat secara umum, tetapi tidak ada pola yang jelas dalam penelitian tersebut.

“Banyak penyimpanan informasi yang biasa tidak menghasilkan sesuatu yang penting dalam hal motif atau ideologi,” katanya.

“Mulai sekitar tanggal 6 Juli atau lebih, dia menjadi sangat fokus pada mantan presiden Trump dan rapat umum ini,” kata kepala FBI tersebut, dan dia mendaftar pada hari yang sama untuk menghadiri acara kampanye di Butler, Pennsylvania.

"Pada tanggal 6 Juli, dia melakukan penelusuran Google dengan kutipan, 'Seberapa jauh Oswald dari Kennedy?'" katanya, mengacu pada pembunuhan Kennedy oleh Lee Harvey Oswald.

"Itu jelas penting dalam kaitannya dengan pola pikirnya."

Direktur FBI mengatakan sejauh ini tidak ada bukti yang muncul bahwa Crooks mempunyai kaki tangan atau rekan konspirator dan dia tampaknya adalah seorang penyendiri.

Crooks bertengger di atap gedung di dekatnya dan menembaki Trump dengan senapan serbu bergaya AR tak lama setelah pukul 18.00, ketika kandidat Partai Republik untuk Gedung Putih sedang berpidato di rapat umum di Butler.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #fakta #baru #penembakan #donald #trump #pelaku #sempat #cari #informasi #detail #pembunuhan #john #kennedy

KOMENTAR