Alasan Netanyahu Batal Kirim Delegasi Israel ke AS: Ini Pesan untuk Hamas
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat Kabinet di Kirya, Tel Aviv pada tanggal 31 Desember 2023. -- Netanyahu ungkap alasan batal kirim delegasi Israel ke AS. 
08:40
28 Maret 2024

Alasan Netanyahu Batal Kirim Delegasi Israel ke AS: Ini Pesan untuk Hamas

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan keputusannya untuk batal mengirimkan delegasi Israel ke Washington adalah pesan yang jelas untuk Hamas.

Pekan lalu, Netanyahu setuju untuk mengirim delegasi Israel ke Washington pada pekan ini dan membahas rencana invasi Israel ke Rafah, Jalur Gaza selatan yang disebutnya sebagai benteng terakhir Hamas.

"Israel membatalkan rencana kunjungan delegasi tingkat tinggi ke AS sebagai pesan kepada Hamas," kata Netanyahu pada Rabu (27/3/2024).

Israel kecewa karena AS yang merupakan sekutu utamanya, memilih abstain saat voting untuk resolusi gencatan senjata Israel-Hamas selama Ramadhan dalam rapat Dewan Keamanan PBB pada Senin (25/3/2024).

Netanyahu berpendapat, keputusan AS adalah bukti kemunduran dukungan untuk negaranya dalam rencana menghancurkan Hamas di Jalur Gaza.

Setelah merilis pernyataan resmi, Netanyahu bertemu dengan Senator AS, Rick Scott, di Yerusalem dan menjelaskan alasannya.

“Saya pikir keputusan AS di Dewan Keamanan adalah langkah yang sangat, sangat buruk,” kata Netanyahu.

“Bagian terburuknya… adalah hal ini mendorong Hamas untuk mengambil tindakan keras dan percaya bahwa tekanan internasional akan mencegah Israel membebaskan para sandera dan menghancurkan Hamas," lanjutnya.

Keputusan tidak mengirimkan delegasi ke Washington merupakan pesan kepada Hamas, jelasnya.

"Keputusan yang saya ambil untuk tidak mengirim delegasi ke Washington sebagai akibat dari resolusi Dewan Keamanan adalah pesan kepada Hamas: 'Jangan bertaruh pada tekanan ini, ini tidak akan berhasil'. Saya berharap mereka mendapat pesannya,” kata Netanyahu.

Kantor Netanyahu juga mengunggah video ucapannya di media sosial, dikutip dari Anadolu.

Netanyahu Batal Kirim Delegasi ke Washington, AS Kecewa

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS menyebut keputusan Netanyahu mengejutkan dan disayangkan.

Sementara Gedung Putih menggambarkannya sebagai keputusan yang mengecewakan.

"AS bingung dengan penolakan tersebut karena sikap abstain di Dewan Keamanan PBB tidak mewakili perubahan dalam kebijakan kami,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, kepada wartawan, Selasa, dikutip dari Al Jazeera.

Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Axios bahwa tindakan Netanyahu merugikan diri sendiri dan dia seharusnya menelepon Presiden Joe Biden.

Jumlah Korban

Agresi Israel masih berlanjut di Jalur Gaza, tercatat ada 32.490 kematian warga Palestina dan 74.889 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Kamis (28/3/2024), dan 1.147 kematian di wilayah Israel, dikutip dari Xinhua News.

Sebelumnya, Israel mulai membombardir Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023).

Israel memperkirakan, ada kurang lebih 136 sandera yang masih ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

Sementara itu, ada lebih dari 8.000 warga Palestina yang berada di penjara-penjara Israel, menurut laporan The Guardian pada Desember 2023 lalu.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #alasan #netanyahu #batal #kirim #delegasi #israel #pesan #untuk #hamas

KOMENTAR