Arab Saudi, Rusia, dan UEA Memimpin Penurunan Produksi Minyak OPEC+ untuk Stabilitas Pasar Minyak
Minyak mentah naik di sesi perdagangan awal pekan ini saat OPEC+ mempertimbangkan pemangkasan pasokan. 
00:20
5 Maret 2024

Arab Saudi, Rusia, dan UEA Memimpin Penurunan Produksi Minyak OPEC+ untuk Stabilitas Pasar Minyak

Arab Saudi, Rusia, dan UEA memimpin penurunan jumlah produksi Anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan kelompok sekutunya (OPEC+).

Pemotongan produksi OPEC+ akan berjumlah sekitar 2,2 juta barel per hari pada akhir kuartal kedua.

Anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan kelompok sekutunya (OPEC+), termasuk Arab Saudi, UEA, dan Kuwait, akan memperpanjang pengurangan produksi minyak dalam upaya berkelanjutan untuk mendukung keseimbangan dan stabilitas pasar, menurut pernyataan yang dibuat. oleh sekretariat OPEC pada 3 Maret.

Pernyataan itu menambahkan bahwa anggota OPEC+ memperpanjang pengurangan sukarela tambahan sebesar 2,2 juta barel per hari hingga akhir kuartal kedua.

“Pemotongan sukarela ini dihitung dari tingkat produksi yang disyaratkan pada tahun 2024 sesuai dengan Pertemuan Tingkat Menteri OPEC ke-35 yang diadakan pada tanggal 4 Juni 2023, dan merupakan tambahan dari pemotongan sukarela yang sebelumnya diumumkan pada bulan April 2023 dan kemudian diperpanjang hingga akhir tahun 2024,” demikian siaran pers organisasi antar pemerintah.

Pengurangan tambahan diumumkan oleh Arab Saudi sebesar 1 juta barel per hari, Irak sebesar 220.000 barel, UEA sebesar 163.000 barel, Kuwait sebesar 135.000 barel per hari, dan pengurangan gabungan sebesar 175.000 barel per hari dari Kazakhstan, Aljazair, dan Oman untuk kuartal kedua tahun 2024 ini

“Untuk mendukung stabilitas pasar, pemotongan sukarela ini akan dilakukan kembali secara bertahap tergantung kondisi pasar,” lanjut pernyataan itu.

Pemotongan ini merupakan tambahan dari pemotongan sukarela Rusia sebesar 471.000 barel per hari dari produksi dan ekspor minyak mentah pada periode yang sama.

Pemotongan yang dilakukan Rusia ini merupakan tambahan dari pemotongan sukarela sebesar 500.000 barel per hari yang diumumkan pada bulan April tahun lalu, yang diperpanjang hingga akhir Desember 2024.

Edward Bell, kepala ekonomi pasar di Emirates NBD, bank milik pemerintah Dubai, mengatakan bahwa "perpanjangan pemotongan OPEC+ adalah skenario dasar kami untuk keseimbangan pasar minyak tahun ini karena mengembalikan sejumlah besar barel ke pasar untuk Q2 kemungkinan besar akan semakin membebani permintaan dan menyebabkan peningkatan inventaris dalam jumlah besar."

Senin pagi, Brent berjangka turun 14 sen menjadi $83,41 per barel setelah melonjak 2,4 persen minggu lalu. West Texas Intermediate (WTI) AS turun 23 sen menjadi $79,74 per barel, menyusul kenaikan 4,6% minggu lalu.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #arab #saudi #rusia #memimpin #penurunan #produksi #minyak #opec #untuk #stabilitas #pasar #minyak

KOMENTAR