'Pemasok Ukraina' yang Kirim Racun ke 130 Warga Inggris Bunuh Diri Terkuak, Siapkan Layanan Eskspres
Ilustrasi botol racun. 
13:10
3 Maret 2024

'Pemasok Ukraina' yang Kirim Racun ke 130 Warga Inggris Bunuh Diri Terkuak, Siapkan Layanan Eskspres

Setelah beberapa tahun menjadi misteri, sosok 'Pemasok Ukraina'yang menjadi salah satu orang paling dicari terkait kasus bunuh diri di Inggris mulai terkuak.

Seorang pria dari Ukraina dituding menjadi pemasok racun untuk kepentingan bunuh diri.

Warga Kiev bernama Leonid Zakutenko diduga keras terkait dengan terjadinya 130 warga Iggris yang bunuh diri.

Ia juga menjadi pendukung komunitas online aktif di platform online pro-bunuh diri.

Media asal Inggris BBC melaporkan, sejumlah jurnalis menemukan jejak pertama dari aktivitas Zakutenko ketika mereka sering melihat penyebutan “pemasok Ukraina” di forum online terkenal yang mempromosikan bunuh diri, yang memiliki puluhan ribu pengguna dari seluruh dunia.

Sejumlah jurnalis tersebut kemudian menelusuri apa yang mereka klaim sebagai toko online, alamat email, dan akun PayPal miliknya, untuk mendapatkan data identitasnya.

Di awal 2022, wartawan BBC menghubungi pria tersebut secara online, menyamar sebagai calon pembeli, dan dia dengan cepat mengonfirmasi bahwa dia dapat memasok bahan kimia yang sering digunakan oleh mereka yang ingin bunuh diri.

Akan tetapi, ketika permusuhan antara Ukraina dan Rusia dimulai pada Februari 2022, mereka berasumsi Zakutenko tidak lagi mampu menjalankan bisnisnya.

Pada Mei 2023, mereka memutuskan untuk menghubunginya lagi ketika pengedar racun lainnya ditangkap di Kanada.

Pada saat itu, Zakutenko membual bahwa bisnisnya telah berkembang di tengah konflik, dan dia mengirim “lima paket seminggu” ke Inggris saja, dan kini menawarkan layanan “ekspres” kepada mereka yang bersedia membayar ekstra.

Pada bulan Januari 2024, para jurnalis berusaha untuk bertemu langsung dengan pria tersebut melalui seorang pemecah masalah asal Ukraina.

Di Ukraina, Zakutenko adalah “host super” AirBnB dan pada awalnya setuju untuk bertemu dengan calon “pembeli racun” dengan dalih menunjukkan kepada mereka sebuah apartemen untuk disewa, menurut stasiun penyiaran tersebut.

Namun, Zakutenko mengubah rencananya pada saat-saat terakhir, dan pertemuan tersebut tidak pernah terjadi.

Wartawan BBC masih berhasil melacaknya dengan memesan pengiriman racun secara online dan mencegatnya saat keluar dari kantor pos Kiev, tempat dia mengirimkan paket yang telah disepakati bersama dengan setidaknya 14 paket lainnya ke berbagai alamat di seluruh dunia.

Ketika dikonfrontasi langsung oleh BBC, Zakutenko membantah keterlibatannya dalam aktivitas penjualan racun, dan menyebut tuduhan tersebut sebagai “kebohongan.”

Penyiar tersebut kemudian memberi tahu pihak berwenang Inggris dan Ukraina tentang dugaan aktivitas pria tersebut dan forum tempat dia aktif.

Forum tersebut masih berlangsung hingga hari Sabtu, kata BBC. Masih belum jelas apakah ada tindakan yang diambil oleh pihak berwenang Inggris atau Ukraina terhadap tersangka.

Menurut BBC, Undang-Undang Keamanan Online yang baru mengizinkan regulator Inggris, Ofcom, untuk menghapus situs web pro-bunuh diri tersebut, namun pengawas tersebut dilaporkan masih berupaya menerapkan undang-undang tersebut, dan tindakan penegakan hukum apa pun kemungkinan tidak akan terjadi selama berbulan-bulan.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #pemasok #ukraina #yang #kirim #racun #warga #inggris #bunuh #diri #terkuak #siapkan #layanan #eskspres

KOMENTAR