Bangkai Tank Merkava Israel Berserakan di Jalanan, Kota Al-Zaytoun Kini Berubah bak Kuburan Tank
TANK DITARIK MUNDUR- Kendaraan militer Israel ditarik mundur. Perlawanan Palestina memaksa tentara Israel mundur dari berbagai wilayah di Gaza. 
01:40
1 Maret 2024

Bangkai Tank Merkava Israel Berserakan di Jalanan, Kota Al-Zaytoun Kini Berubah bak Kuburan Tank

Pukulan keras yang diberikan militan Hamas asal Palestina kepada militer Israel membuat pasukan Zionis kehilangan banyak senjata, termasuk tank supercanggih yang dinamai Merkava.

Menurut laporan yang diungkap berbagai faksi Perlawanan Palestina sejumlah tank Merkava hancur dirudal sayap militer Al-Quds.

Banyaknya tank Merkava yang hancur dalam pertempuran tersebut bahkan membuat Kota Al-Zaytoun yang berada di Selatan Gaza kini berubah bak kuburan tank.

Pernyataan itu muncul setelah berbagai faksi Palestina terlibat pertempuran sengit dengan Israel di Al-Zaytoun selama 10 hari terakhir.

“Di Kota al-Zaytoun tepatnya di persimpangan Dawlah dan Jalan al-Sikka kini diubah menjadi kuburan bagi tank Merkava Israel,” ujar seorang pemimpin perlawanan Palestina pada Almayadeen

Tak hanya menyerang tank, dalam pertempuran sengit itu pasukan pro-Palestina Al-Quds juga turut menargetkan serangan ke jet tempur tentara Israel.

Akibatnya, kendaraan militer Israel itu hangus terbakar.

Beberapa tentara Israel dilaporkan tewas sementara puluhan lainnya mengalami luka parah.

Hal ini diakui pihak Israel. Juru bicara pasukan penjajahan Israel (IDF) menjelaskan terjadi pertempuran sengit yang mengakibatkan terbunuhnya dua perwira militer.

“Pesawat-pesawat tempur Israel melakukan intervensi sebanyak tiga kali untuk menutupi operasi evakuasi, melakukan serangan terkonsentrasi di beberapa sumbu,” kata pemimpin perlawanan Palestina

“Kebingungan mendominasi pergerakan tentara pendudukan [di lingkungan al-Zaytoun],” imbuhnya.

Tank Merkava Jadi Senjata Tempur Paling Berharga Milik IDF

Sebagai informasi tank Merkava telah menjadi salah satu senjata tempur paling berharga milik militer IDF Israel.

Kecanggihan yang dimiliki tank ini bahkan membuat perusahaan Engineerine menobatkan tank Merkava sebagai tank nomor tiga tercanggih di dunia, di bawah tank tercanggih M1A2 SEP Abrams (AS) dan T-14 Armata (Rusia).

Alasannya adalah karena tank Merkava Mark 4 Israel ini disebut tank yang paling terlindungi dengan sistem keamanan aktif.

Namun, karena tidak dilengkapi dengan perlindungan yang kuat di bagian bawahnya, ratusan tank canggih milik tentara Israel ini banyak yang hancur karena ranjau darat yang dipasang militan Hamas dan Al–Quds.

Israel Rugi Besar

Imbas pertempuran itu, Israel mengalami kerugian besar lantaran kehilangan tank termahalnya yang dibanderol mencapai 10 juta dolar AS atau sekitar Rp158 miliar.

Bahkan, akibat kekalahan militer Israel di Kota Al-Zaytoun, kini pengeluaran pemerintah Israel dilaporkan mengalami pembengkakan yang tajam.

Hal itu yang membuat kondisi ekonomi Tel Aviv kini goyah hingga utang Israel makin membengkak mendekati 8 miliar dolar AS.

Belum diketahui sampai kapan pembengkakan utang akan dialami Israel.

Namun, melihat situasi perang yang semakin memanas, Moody’s Investors Service memperkirakan utang Israel akan terus bertambah hingga defisit anggaran membengkak di level 5 persen pada 2024.

“Israel mungkin akan mengeluarkan lebih banyak, bukan lebih sedikit, untuk pertahanan di masa depan. Hal itu akan membalikkan tren multi-tahun yang menyebabkan belanja militer Israel dari sekitar 9 persen PDB pada tahun 1990-an menjadi 4,5 persen pada tahun lalu," ujar Ziad Daoud, kepala ekonom pasar negara berkembang Bloomberg.

(Tribunnews.com/ Namira Yunia)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #bangkai #tank #merkava #israel #berserakan #jalanan #kota #zaytoun #kini #berubah #kuburan #tank

KOMENTAR