Israel Makin Dijauhi Sahabatnya, AS Minta Tel Aviv Batalkan Rencana Serangan Darat di Rafah
SATUKAN TIGA UNIT - Tentara Israel (IDF) dari satuan infanteri, menyatukan tiga unit tempur didukung peralatan tempur seperti Tank Merkava, untuk merangsek ke dalam Khan Yunis, Gaza Selatan, Kamis (27/12/2023). Amerika Serikat (AS), yang merupakan sahabat dekat Israel, meminta Tel Aviv untuk membatalkan rencana serangan darat di Rafah, Gaza selatan. 
14:40
20 Februari 2024

Israel Makin Dijauhi Sahabatnya, AS Minta Tel Aviv Batalkan Rencana Serangan Darat di Rafah

Amerika Serikat (AS) meminta sahabatnya, Israel, untuk menghentikan rencana serangan darat di Rafah, Gaza selatan.

Hal ini merupakan pertama kalinya AS secara eksplisit mendukung rencana gencatan senjata dalam konflik Israel-Hamas.

AS juga mendorong PBB untuk mendukung resolusi gencatan senjata antara Israel dengan Hamas.

Seruan AS atas Rafah, menggemakan komentar yang dibuat oleh Presiden Joe Biden dalam beberapa hari terakhir.

Namun, pentingnya rancangan resolusi tersebut adalah sebagai sinyal bahwa Washington bersedia melalui PBB untuk memberikan tekanan pada Israel dan tidak hanya mengandalkan pesan bilateral.

Dikutip dari The Guardian, menurut teks yang telah dibuat, rancangan resolusi AS menyebutkan:

"Dewan keamanan menetapakan bahwa dalam kondisi saat ini serangan darat besar-besaran ke Rafah akan mengakibatkan kerugian lebih lanjut terhadap warga sipil dan pengungsian lebih lanjut termasuk kemungkinan ke negara-negara tetangga, yang akan berdampak serius implikasinya terhadap perdamaian dan keamanan regional, dan oleh karena itu menggarisbawahi bahwa serangan darat besar-besaran seperti itu tidak boleh dilakukan dalam kondisi saat ini".

"Saya menduga Israel akan lebih khawatir tentang rancangan resolusi dari (misi AS untuk PBB) daripada tuntutan yang lebih keras atau lebih kuat dari anggota PBB lainnya," kata Direktur PBB untuk International Crisis Group, Richard Gowan.

Tidak jelas apakah rancangan tersebut akan disahkan atau bahkan diajukan melalui pemungutan suara.

Sebuah resolusi memerlukan setidaknya sembilan suara setuju dan tidak ada veto dari lima anggota tetap – AS, Perancis, Inggris, Rusia atau Tiongkok – agar dapat diadopsi.

Namun, hal ini bisa menjadi dasar negosiasi dengan anggota dewan lainnya dalam beberapa hari mendatang.

Washington secara tradisional melindungi Israel dari tindakan PBB dan telah dua kali memveto resolusi dewan sejak serangan 7 Oktober terhadap Israel oleh militan Hamas.

Namun, mereka juga abstain sebanyak dua kali, sehingga memungkinkan dewan untuk mengadopsi resolusi yang bertujuan untuk meningkatkan bantuan ke Gaza dan menyerukan jeda yang lebih lama dalam pertempuran.

Peringatan untuk Netanyahu

Ini adalah kedua kalinya sejak 7 Oktober Washington mengusulkan resolusi Dewan Keamanan mengenai Gaza. Rusia dan Tiongkok memveto upaya pertamanya pada akhir Oktober.

Sementara AS siap melindungi Israel dengan memveto rancangan resolusi Aljazair pada hari Selasa, Direktur International Crisis Group PBB Richard Gowan mengatakan Israel akan lebih khawatir dengan teks yang dirancang Washington.

"Fakta sederhana bahwa AS mengajukan usulan ini adalah peringatan bagi Netanyahu," kata Gowan, dikutip dari Reuters.

"Ini adalah sinyal terkuat yang dikirimkan AS di PBB sejauh ini bahwa Israel tidak dapat bergantung pada perlindungan diplomatik Amerika tanpa batas waktu," lanjutnya.

Misi Israel untuk PBB di New York tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai rancangan AS tersebut.

Pejabat senior kedua di pemerintahan AS, yang tak mau menyebutkan namanya, mengatakan rancangan undang-undang AS tidak menyarankan apapun tentang dinamika hubungan tertentu, baik dengan Israel atau mitra lain yang mereka miliki.

Rancangan undang-undang AS tersebut akan mengutuk seruan beberapa menteri Israel agar pemukim Yahudi pindah ke Gaza dan menolak segala upaya perubahan demografis atau teritorial di Gaza yang akan melanggar hukum internasional.

Resolusi tersebut juga akan menolak "tindakan apa pun yang dilakukan pihak mana pun yang mengurangi wilayah Gaza, baik sementara maupun permanen, termasuk melalui pembentukan zona penyangga secara resmi atau tidak resmi, serta penghancuran infrastruktur sipil secara luas dan sistematis".

Reuters melaporkan pada bulan Desember bahwa Israel mengatakan kepada beberapa negara Arab bahwa mereka ingin membuat zona penyangga di dalam perbatasan Gaza untuk mencegah serangan setelah perang berakhir.

Perang dimulai ketika para pejuang dari kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang, menurut penghitungan Israel.

Sebagai pembalasan, Israel melancarkan serangan militer ke Gaza yang menurut otoritas kesehatan telah menewaskan hampir 29.000 warga Palestina dan ribuan mayat lainnya dikhawatirkan hilang di tengah reruntuhan.

Pada bulan Desember, lebih dari tiga perempat dari 193 anggota Majelis Umum PBB memilih untuk menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera.

Resolusi-resolusi Majelis Umum tidak bersifat mengikat namun mempunyai bobot politik, mencerminkan pandangan global mengenai perang.

(Tribunnews.com/Whiesa)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #israel #makin #dijauhi #sahabatnya #minta #aviv #batalkan #rencana #serangan #darat #rafah

KOMENTAR