IDF Temukan Jaringan Terowongan Pusat Komando Hamas di Bawah Markas UNRWA
Militer Israel menemukan sebuah jaringan terowongan yang diduga sebagai pusat komando Hamas di bawah markas UNRWA. 
13:10
11 Februari 2024

IDF Temukan Jaringan Terowongan Pusat Komando Hamas di Bawah Markas UNRWA

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dikabarkan telah menemukan jaringan terowongan sepanjang ratusan meter dan sebagian berada di bawah markas besar Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza.

Penemuan itu sekaligus menjadi bukti baru terkait eksploitasi kelompok militan Hamas terhadap lembaga bantuan utama bagi warga Palestina.

“Ini adalah salah satu komando pusat intelijen. Tempat ini adalah salah satu unit intelijen Hamas, tempat mereka memimpin sebagian besar pertempuran,” ujar letnan kolonel, yang hanya menyebutkan nama depannya, Ido.

Meski begitu, Ido mengatakan bahwa Hamas tampaknya telah melakukan evakuasi ketika menghadapi serbuan Israel, dengan terlebih dahulu memutus kabel komunikasi di sepanjang terowongan tersebut.

"Kami tahu bahwa mereka (Hamas) punya orang-orang yang bekerja di UNRWA. Kami ingin setiap organisasi internasional bekerja di Gaza. Itu tidak menjadi masalah. Masalah kami adalah Hamas," kata Ido.

Sementara itu, UNRWA menyatakan pihaknya telah mengosongkan markas besarnya pada 12 Oktober 2023, lima hari setelah perang dimulai, dan oleh karena itu “tidak dapat mengonfirmasi atau mengomentari” temuan Israel tersebut.

“Kami tidak memiliki keahlian militer dan keamanan maupun kapasitas untuk melakukan inspeksi militer terhadap apa yang ada atau mungkin berada di wilayahnya,” kata UNRWA dalam sebuah pernyataan, Sabtu (10/2/2024).

“Di masa lalu, setiap kali (sebuah) lubang yang mencurigakan ditemukan di dekat atau di bawah lokasi UNRWA, surat protes segera diajukan kepada pihak-pihak yang berkonflik, termasuk otoritas de facto di Gaza (Hamas) dan otoritas Israel,” sambungnya.

Sebelumnya, beberapa negara telah menghentikan pendanaan bagi UNRWA atas tuduhan Israel bahwa sejumlah staf dari badan tersebut terlibat dalam serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Otoritas Palestina langsung membantah tuduhan Israel tersebut, dan meminta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk membantu memulihkan kepercayaan terhadap para donatur untuk UNRWA.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #temukan #jaringan #terowongan #pusat #komando #hamas #bawah #markas #unrwa

KOMENTAR