Tak Tanggung-tanggung Beri Dukungan ke Palestina, Afrika Selatan Siap Jamin Gencatan Senjata di Gaza
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. 
11:00
11 Februari 2024

Tak Tanggung-tanggung Beri Dukungan ke Palestina, Afrika Selatan Siap Jamin Gencatan Senjata di Gaza

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menegaskan kembali komitmen dukungan negaranya kepada Palestina atas aksi genosida Israel di Gaza.

Cyril mengatakan, negaranya akan membantu penuh demi menjamin gencatan senjata Gaza dan memperjuangkan solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

“Dipandu oleh prinsip dasar hak asasi manusia dan kebebasan, Afrika Selatan mendukung perjuangan Palestina untuk mencegah kematian dan kehancuran lebih lanjut di Gaza,” kata Ramaphosa ketika berbicara di hadapan anggota parlemen di Balai Kota Cape Town, Kamis (8/2/2024).

Sebelumnya, Afrika Selatan telah mengajukan kasus ke Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda dengan tuduhan Israel melakukan genosida di Gaza.

Bulan lalu, pengadilan mengeluarkan keputusan sementara, yang mengatakan bahwa mereka memiliki yurisdiksi untuk mengadili kasus tersebut dan memerintahkan Israel untuk mengambil semua tindakan untuk mencegah genosida.

“Kami menyambut baik keputusan Mahkamah Internasional yang menyatakan bahwa Israel harus mengambil semua tindakan sesuai kewenangannya untuk mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina,” kata Ramaphosa.

“Kami mengutuk pembunuhan warga sipil di Gaza dan menyerukan semua pihak yang terlibat dalam konflik untuk berkomitmen pada proses perdamaian yang akan menghasilkan solusi dua negara,” tambahnya.

Sementara itu, Fahmida Miller dari Al Jazeera mengatakan Afrika Selatan sejauh ini menganggap kasusnya di ICJ “sukses”.

“Ramaphosa pernah mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada konflik di belahan dunia mana pun yang tidak dapat diselesaikan dan tidak dapat diselesaikan melalui negosiasi, dan itulah yang dia katakan ketika menangani masalah perang di Gaza,” kata Miller.

“Afrika Selatan dengan tegas mendukung rakyat Palestina dan mereka akan menggunakan semua metode diplomatik dan hukum untuk melanjutkan perjuangan tersebut dan mewujudkan gencatan senjata serta solusi dua negara di wilayah tersebut,” pungkasnya.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #tanggung #tanggung #beri #dukungan #palestina #afrika #selatan #siap #jamin #gencatan #senjata #gaza

KOMENTAR