Badai Salju di Tiongkok Mengganggu Perjalanan Masyarakat Rayakan Tahun Baru Imlek
Para pekerja yang sedang membersihkan salju dari rel dekat stasiun Lianyungang Timur, Provinsi Jiangsu. (China daily/via Reuters)
11:30
7 Februari 2024

Badai Salju di Tiongkok Mengganggu Perjalanan Masyarakat Rayakan Tahun Baru Imlek

– Masyarakat Tiongkok yang melakukan perjalanan untuk merayakan Tahun Baru Imlek harus terganggu karena badai salju yang mengakibatkan penundaan atau pembatalan transportasi.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan bagaimana orang-orang yang menerobos lapisan salju tebal yang membuat arus jalan terhenti.

Mengutip The Guardian, ratusan penerbangan terpaksa dibatalkan akibat cuaca buruk tersebut. Sementara, lebih dari 120 ruas jalan utama ditutup karena hujan salju yang lebat.

Suhu di Tiongkok tengah dan timur turun hingga di bawah titik beku, dan ribuan pekerja dikerahkan untuk membersihkan jalan dan memulihkan layanan kereta api.

Seorang wanita mengunggah di akun Weibo miliknya yang menunjukkan bahwa ia terjebak di jalan raya Hunan selama tiga hari karena salju.

Penduduk desa datang untuk menjual nasi panas di pinggir jalan seharga 40 yuan atau sekitar Rp88 ribu per mangkuk. Hal itu pun memicu perdebatan pro dan kontra.

Beberapa orang berpendapat bahwa hal itu maklum mengingat upaya pembuatan dan pengangkutan nasi dalam kondisi tersebut. Sementara yang lain melihatnya sebagai pemerasan.

Cuaca tersebut digambarkan sebagai kondisi Festival Musim Semi terburuk sejak tahun 2008. Lebih dari 20 orang tewas dalam badai salju tahun 2008 silam.

Tahun ini, setidaknya dua orang tewas, satu di Hubei dan satu lagi di Hunan, setelah hujan salju menyebabkan tenda toko dan atap pasar runtuh.

Kementerian Keuangan dan Transportasi mengatakan bahwa 141 juta yuan atau sekitar Rp311 miliar dikeluarkan untuk mendukung pemerintah daerah dalam membersihkan jalan raya.

Badai salju melanda provinsi Anhui, Hubei, dan Hunan. Pada Minggu (4/2), Pusat Meteorologi Nasional mengeluarkan peringatan oranye untuk hujan salju lebat di beberapa wilayah Tiongkok.

Menurut ahli meteorologi, lebih banyak hujan salju diperkirakan turun pada hari Rabu (7/2) dan mereda pada Kamis (8/2).

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #badai #salju #tiongkok #mengganggu #perjalanan #masyarakat #rayakan #tahun #baru #imlek

KOMENTAR