Daftar Negara-Negara yang Akan Menghentikan Pendanaan untuk Lembaga Bantuan PBB UNRWA
Israel berencana menutup sekolah-sekolah yang didirikan oleh Badan Pengungsi PBB untuk Palestina atau UNRWA di Yerusalem Timur yang diduduki./Istimewa
18:15
29 Januari 2024

Daftar Negara-Negara yang Akan Menghentikan Pendanaan untuk Lembaga Bantuan PBB UNRWA

Beberapa negara yang biasanya memberikan suntikan dana ke lembaga bantuan PBB, United Nations Relief and Works Agency (UNRWA) di Palestina, akan menangguhkan pendanaannya. 

Pernyataan dari beberapa negara tersebut, terjadi setelah Israel menuduh beberapa pegawai badan bantuan dan pekerjaan PBB (UNRWA). 

Israel menuduh bahwa, beberapa pekerja UNRWA ikut berpartisipasi dalam serangan 7 Oktober 2023 yang dipimpin oleh Hamas.

Pada Jumat (26/1) lalu, PBB menyatakan bahwa pihaknya telah memecat para pekerja yang dituduh dan menyelidikinya lebih lanjut. 

Dilansir dari nytimes.com, Senin (29/1), berikut negara-negara yang mengatakan bahwa akan menghentikan pendanaan untuk badan bantuan PBB. 

  1. Amerika Serikat sebagai pendonor terbesar ke lembaga bantuan UNRWA telah menyatakan bahwa mereka akan menangguhkan pendaana.

  2. Jerman mengumumkan pada Sabtu (27/1) bahwa mereka akan menghentikan sementara, semua pendanaan untuk UNRWA, sembari menunggu hasil penyelidikan atas tuduhan Israel tersebut. 

  3. Pada hari Minggu (28/1), Jepang menyatakan bahwa mereka akan menangguhkan bantuan untuk sementara waktu terhadap UNRWA. 

  4. Kanada menyambut baik berita penyelidikan terhadap UNRWA atas tuduhan Israel. Jumat (26/1) Kanada memutuskan untuk menghentikan sementara pendanaan kepada badan tersebut. 

  5. Pada hari Minggu (28/1) Belanda telah menyatakan bahwa UNRWA tidak akan menerima pendanaan dari Belanda, hingga penyelidikan selesai. 

  6. Inggris pada hari Sabtu (27/1) yang terkejut mendengar tuduhan terhadap lembaga bantuan PBB tersebut, dalam sebuah pernyataan, pihaknya mengumumkan untuk menghentikan pendanaan di masa depan. 

  7. Australia memberikan tanggapan atas tuduhan Israel terhadap UNRWA dan akan menunda sementara pencairan dana ke badan bantuan tersebut.

  8. Hari Sabtu (27/1) telah menyampaikan keputusannya untuk menghentikan pendanaan untuk UNRWA.

Dari beberapa negara pendonor tersebut, Amerika Serikat dan Jerman merupakan pendonor terbesar bagi UNRWA.     

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #daftar #negara #negara #yang #akan #menghentikan #pendanaan #untuk #lembaga #bantuan #unrwa

KOMENTAR