24 Tentara IDF Tewas, Israel Balas Dendam ke Warga Khan Yunis, Serangan Langsung Rumah Sakit Nasser
Gambar yang diambil dari Rafah pada 23 Januari 2024 menunjukkan asap mengepul di atas Khan Yunis di Jalur Gaza selatan selama pemboman Israel, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. 
15:10
24 Januari 2024

24 Tentara IDF Tewas, Israel Balas Dendam ke Warga Khan Yunis, Serangan Langsung Rumah Sakit Nasser

Daerah Khan Yunis yang ada di Gaza berada di bawah penyerangan besar-besaran yang dilakukan oleh pasukan Israel, penyerangan dilakukan semakin intens.

Serangan yang sedang berlangsung di kota selatan Gaza terjadi setelah operasi perlawanan Palestina yang menyebabkan kematian lebih dari 20 tentara Israel.

Israel meningkatkan agresinya terhadap Khan Yunis di Gaza Selatan pada tanggal 23 Januari sehari setelah puluhan tentara Israel terbunuh oleh serangan perlawanan.

Rumah Sakit Nasser, rumah sakit terakhir yang berfungsi penuh di Gaza, berada di bawah pengepungan militer yang intens ketika ribuan warga sipil mencari perlindungan di dalam dan di luar fasilitas medis.

Al-Jazeera, mengutip Kementerian Kesehatan di Gaza, mengatakan gedung-gedung rumah sakit terkena “pecahan peluru, yang membahayakan nyawa pasien, staf medis, dan pengungsi Palestina.”

“Kementerian menyerukan intervensi mendesak untuk melindungi rumah sakit di Nasser dan El Amal City serta pergerakan ambulans, dan memperingatkan bahwa fasilitas medis menghadapi ‘bahaya ekstrem’,” lapor outlet berita yang berbasis di Qatar.

Laporan mengatakan tentara Israel menembaki langsung kompleks medis Nasser.

Kementerian Kesehatan telah menyebutkan secara terpisah bahwa "Pasukan Israel telah mengisolasi Kompleks Medis Nasser, menimbulkan ancaman serius terhadap kehidupan staf medis, pasien, dan pengungsi yang mencari perlindungan di rumah sakit."

Setelah pertempuran sengit di malam hari, tentara Israel mengumumkan bahwa mereka mengepung kota tersebut, mencegah warganya untuk melarikan diri.

“Selama beberapa hari terakhir, pasukan [Israel] melakukan operasi besar-besaran di mana mereka mengepung Khan Younis dan memperdalam operasi di daerah tersebut,” kata militer Israel.

“Pasukan darat terlibat dalam pertempuran jarak dekat, mengarahkan serangan, dan menggunakan intelijen untuk mengoordinasikan tembakan.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan perjuangan kemarin melawan perlawanan Palestina sebagai salah satu hari tersulit sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Pada hari Senin, pejuang Palestina menembakkan proyektil bertenaga roket ke arah pasukan penyerang, mengenai tank dan meledakkan ranjau yang dipasang oleh tentara Israel untuk menghancurkan setidaknya dua bangunan.

Setidaknya 24 tentara tewas akibat operasi ini, menurut Tel Aviv. Namun, juru bicara Jihad Islam Palestina Musab al-Breim mengatakan kepada Al-Mayadeen bahwa "jumlah kematian yang diumumkan oleh pendudukan pada hari Selasa adalah setengah dari jumlah sebenarnya yang tewas di antara tentaranya."

Menyusul serangan ini, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan Israel punya hak untuk membela diri.

“Kami berharap mereka melakukan hal tersebut sesuai hukum internasional dan sebisa mungkin melindungi orang-orang yang tidak bersalah di rumah sakit, staf medis, dan pasien,” tambahnya.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #tentara #tewas #israel #balas #dendam #warga #khan #yunis #serangan #langsung #rumah #sakit #nasser

KOMENTAR